PENDIDIKAN BERBASIS ENTREPRENEUR

Tejo Nurseto, Dosen Jurusan Pendidikan Ekonomi – Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Kemiskinan menjadi jalan masuknya penjajahan abad baru karena bangsa yang miskin akanmudah dikendalikan dan dikuasai negara lain. Generasi masa kini dan yang akan datang harusdapat memperjuangkan dan mengelola sumber daya yang melimpah, dan pendidikanentrepreneurship adalah salah satu jalan untuk keluar dari kemiskinan menuju kejayaan.Pendidikan entrepreneur adalah satu konsep pendidikan yang memberikan semangat padapeserta didik untuk kreatif dan inovatif dalam mengerjakan sesuatu hal. Pola pendidikansedemikian ini menuntut peserta didik untuk bisa produktif. Pendidikan entrepreneur adalahsebuah pendidikan yang mengarahkan dan membekali peserta didik untuk bisa cepat dalammerespon perubahan dan memahami kebutuhan sosial ekonomi masyarakat.Pemerintah seyogyanya mau memberikan perhatian lebih dan menyediakan dana yangmemadai supaya proses pendidikan entrepreneurship bisa berjalan dan dijalankan secaraefektif. Orang tua harus membekali pendidikan entrepreneur sejak dini untuk anak-anaknya,Guru harus mengajarkan spirit entrepreneur pada murid-muridnya, masyarakatpun haruslebih aktif dan intensif dalam memantau perkembangan pendidikan entrepreneur kalau inginbangsanya maju, tidak hanya menjadi bangsa kuli dengan mengirim TKI ke luar negeri yangsebagian besar sebagai pembantu. Negara yang kaya raya akan sumber daya alam ini biladidukung sumber daya yang memiliki spirit entrepreneur yang tinggi akan menjadi Negarayang makmur sehingga dengan sendirinya kemiskinan akan berkurang bahkan menjadisejarah dan tinggal kenangan yang hanya ada di museum.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.954

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index sitasi:

                                  


Creative Commons License
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.