DEVELOPING 360 DEGREE FEEDBACK TO EVALUATE THE EFFECTIVENESS OF AUDIT TEAM

Andian Ari Istiningrum, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


360 Degree Feedback atau juga dikenal sebagai ‘multi-rater feedback’,‘multisource feedback’, atau ‘multisource assessment’ adalah suatu metode yang dimanasetiap orang yang bekerja dalam suatu perusahaan akan menerima masukan dari seluruhpihak, baik itu atasan, rekan kerja, bawahannya maupun dari pihak luar perusahaan, sepertipelanggan dan klien. Tujuan dari metode ini adalah agar setiap orang mengetahui kelebihandan kelemahannya sehingga suatu program pengembangan diri akan diciptakan untukmengakomodasi kelemahan tersebut.Metode ini dapat juga digunakan oleh Kantor Akuntan Publik (KAP) untukmengevaluasi keefektivan tim auditnya. Keefektifan di sini diartikan sebagai kemampuansemua anggota tim untuk bekerja sama selama penugasan audit berlangsung.Kerja samaakan berjalan dengan baik jika setiap anggota tim mau menerima umpan balik mengenaikompetensi yang dimilikinya dari berbagai sumber.Ada lima tahap yang dilakukan dalam mengimplemantasikan 360 DegreeFeedback, yaitu 1) memilih instrumen, 2) memilih orang yang akan memberikan masukan,3) menggunakan instrumen umpan balik, 4) mengevaluasi hasil, dan 5) memperluaspenggunaan umpan balik untuk mengevaluasi hasil audit.Metode 360 Degree Feedback akan memperoleh manfaat baik itu bagi pemilikKAP, manajer, auditor senior dan junior apabila dalam penggunaannya terlebih dahuludirencanakan dengan sebaik-baiknya sehingga implementasi metode ini tidak melencengdari tujuan aslinya.Keywords : 360 degree feedback, strengths, weaknesses

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v6i2.929

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index sitasi:

                                  


Creative Commons License
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.