EVALUASI SISTEM AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN PROGRAM DIPLOMA III WATES FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Sukirno Sukirno,

Abstract


EVALUASI SISTEM AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN PROGRAM DIPLOMA III WATES FAKULTAS ILMU SOSIAL

UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Sejalan dengan gencarnya sorotan pertanggungjwaban pengelolaan keuangan negara kepada stake holder dan terbentuknya good corporate governance, maka penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsi dan mengevaluasi implementasi sistem akuntansi pertanggungjawaban pada Program Diploma III Wates UNY. Melalui evaluasi ini diharapkan diperoleh potret praktik sistem akuntansi pertanggungjawaban pada Program Dilpoma III Wates UNY.  Penelitian ini dibatasi pada pertanggungjawaban finansial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi sistem akuntansi pertanggungjawaban pada Program Dilpoma III Wates UNY.

Penelitian ini menggunakan pendekatan ex post facto, karena penelitian ini hanya mengungkapkan fakta saja tanpa ada manipulasi variabel atau menciptakan kondisi tertentu. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan teknik dokumentasi, wawancara, dan observasi. Subjek penelitian adalah para ketua program studi, pengelola harian Program Diploma III Wates, Ketua Laboratorium, Kasubbag Dana Masyarakat, dan Kasubbag Hukum. Untuk menganalis data yang dikumpulkan digunakan metode analisis deskriptif.

Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan menjadi lima yaitu 1) Pengelola Program D III Wates sudah menyusun rencana kerja dan anggaran setiap tahun sesuai dengan peraturan yang berlaku secara koordinatif, namun dalam praktiknya baru melibatkan pihak-pihak yang sangat terbatas. 2) Pengelola Program Diploma III Wates UNY sudah melaksanakan anggaran, walaupun masih dalam bentuk kepanitiaan yang sangat sederhana dan tidak baku. 3) Pengelola D III Wates masih belum memberikan laporan pertanggungjawaban kepada para stake holder selain atasan. 4) Akuntabilitas, profesionalitas, proporsional, keterbukaan dalam pengelolaan keuangan D III Wates, dan ada tim pemeriksa internal maupun eksternal masih belum dipraktikan secara totalitas yang dapat berdampak tidak baik bagi kontinuitas kehidupan lembaga. 5) Manajemen  D III Wates belum memiliki struktur organisasi yang memisahkan tanggungjawab fungsional dan deskripsi jabatan masing-masing unit secara tegas.

 

Kata kunci : Akuntansi Pertanggungjawaban, Program D III Wates

 


Full Text:

Untitled


DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v4i2.858

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index sitasi:

                                  


Creative Commons License
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.