ACTIVITY BASED COSTING SEBAGAI METODE ALTERNATIF MERAIH KEUNGGULAN KOMPETITIF

SISWANTO SISWANTO,

Abstract


Diera saat ini persaingan produk sudah tidak dapat duhindari lagi, yang menuntut bagi seluruh pengelola perusahaan untuk dapat memenangkan kopetisi yang terjadi di pasar. Perusahaan yang dapat memproduksi produk yang dapat memenuhi keinginan konsumenlah yang dapat memenangkan kompetisi ini. Konsumen cenderung menginginkan produk dengan kualitas yang bagus dengan harga yang relatif terjangkau. Hal ini yang menjadi bahan pertimbangan bagi Manajer untuk dapat melakukan inovasi pada produknya untuk dapat menciptakan produk dengan kualitas yang bagus dengan harga yang terjanagkau oleh konsumen.

Dengan tututan itu maka Manajer memerlukan informasi mengenai biaya produksi yang digunakan dalam rangka memproduksi produk yang akan dilempar ke pasaran. Dengan mempelajari biaya produksi maka harapan manajer adalah merekan akan dapat melakukan penghematan dan pengendalian biaya produksi dalam rangka untuk dapat menciptakan harga jual yang kompetitif

Activity Based Costing merupakan salahsatu alternatif yang dapat digunakan oleh pengelola perusahaan untuk mengetahui biaya produksi secara detail sesuai aktivitas  produksi. Sistem ABC menekankan pada pemahaman overhead dan profitabilitas produk dan konsumen.

 

Kata Kunci : Kompetisi, Biaya Produksi, Activity Based Costing, Overhead


Full Text:

Untitled


DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v3i1.837

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index sitasi:

                                  


Creative Commons License
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.