ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN DI EL-RAHMA EDUCATION CENTRE YOGYAKARTA

ZUMAROH N.H,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Situasi internal dan eksternal yang dihadapi El-Rahma, 2) Kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dihadapi oleh El-Rahma dalam menjalankan strategi pemasarannya, 3) Peranan pelaksanaan strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan di El-Rahma.

Variabel dalam penelitian ini adalah Strategi Pemasaran yaitu marketing mix dan volume penjualan. Sumber data diperoleh secara langsung dari manajer cabang dan manajer operasional El-Rahma dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang berpengaruh, kemudian dicari kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dalam pelaksanaan strategi pemasaran yang dijalankan El-Rahma saat ini dengan menggunakan analisis SWOT.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil analisis SWOT, dapat diketahui bahwa El-Rahma memiliki peluang sebanyak 5, ancaman sebanyak 5, kekuatan sebanyak 5 dan kelemahan sebanyak 5. Reaksi terhadap faktor-faktor strategis eksternal sebesar 2,7 dan reaksi terhadap faktor-faktor strategi internal sebesar 3,0. Dari hasil analisis tersebut dapat dikatakan bahwa El-Rahma dapat memaksimalkan kekuatan dan peluang yang dapat mendorong peningkatan volume penjualan serta meminimalkan kelemahan dan ancaman. Peluang serta ancaman dapat disesuaikan dengan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki dengan menyusun 4 alternatif strategi yaitu : SO, ST, WO, dan WT. Ditinjau dari hasil analisis volume penjualan, dapat diketahui bahwa volume penjualan pada tahun 1995 sebanyak 250 peserta, pada tahun 1996 mengalami penurunan yang drastis sebesar 316,6% dimana hanya memperoleh 60 peserta pendidikan. Pada tahun 1997, peserta mengalami peningkatan sebanyak 150 peserta. Pada tahun 1998 hingga tahun 2000, mengalami kenaikan rata-rata 41,57%.


Full Text:

Untitled


DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v3i1.835

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index sitasi:

                                  


Creative Commons License
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.