ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA GENERASI Z: STUDI KASUS PADA SISWA KEAHLIAN KOMPETENSI AKUNTANSI SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA

Widya Lupita, Universitas Islam Indonesia
Drajat Armono, Universitas Islam Indonesia

Abstract


Latar belakang penelitian ini yaitu lahirnya generasi Z yang berdampak pada budaya, kebiasaan, gaya hidup siswa. Generasi Z telah dan akan terus mempengaruhi pendidikan. Siswa pada generasi Z saat ini tidak terlepas dari gadget. Siswa generasi Z diharapkan dapat secara mandiri dalam mencari materi pembelajaran. Dengan kondisi tersebut siswa dapat diarahkan untuk memiliki kemandirian belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemandirian belajar siswa generasi Z pada siswa keahlian kompetensi akuntansi SMK Negeri 7 Yogyakarta dan kondisi yang diharapkan pada siswa generasi Z terkait dengan kemandirian belajarnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode studi kasus. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah sampling purposive. Data dikumpulkan dengan teknik observasi dan wawancara semi terstruktur. Data yang terkumpul, lalu dianalisis dengan cara data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Berdasarkan hasil penelitian dapat kesimpulan bahwa siswa keahlian kompetensi akuntansi SMK Negeri 7 Yogyakarta sudah mempunyai kemandirian belajar. Selanjutnya saran terkait kemandirian belajar siswa generasi Z ialah siswa perlu meningkatkan kemandirian belajar dengan cara melakukan aktivitas tanpa diminta orang lain, orang tua hendaknya selalu memberikan dukungan kepada anak, Guru hendaknya menjalin kerjasama dengan orang tua dalam rangka meningkatkan kemandirian belajar siswa karena kemandirian belajar penting dimiliki oleh setiap siswa.

Kata kunci : Generasi Z, Kemandirian Belajar, Siswa


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v21i2.66303

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index sitasi:

                                  


Creative Commons License
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.