PEMBELAJARAN MEDIA YOUTUBE PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

Mahdalena Mahdalena, Universitas Tanjungpura, Indonesia
Bambang Genjik Sumartono, Universitas Tanjungpura, Indonesia
Syamsuri Syamsuri, Universitas Tanjungpura, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan, faktor pendukung dan penghambat pembelajaran media youtube pada mata pelajaran akuntansi keuangan dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI di SMKN 1 Pontianak. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian sebanyak 10 orang, 2 guru yaitu wali kelas dan guru mata pelajaran, 8 peserta didik yaitu 4 rangking tertinggi dikelas dan 4 rangking terendah dikelas. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan 3 tahap yaitu reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian (1) pelaksanaan pembelajaran media youtube pada mata pelajaran akuntansi keuangan dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI di SMKN 1 Pontianak sebagai berikut: membuka pembelajaran, menyampaikan materi pembelajaran, menutup pembelajaran. (2) faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran media youtube pada mata pelajaran akuntansi keuangan dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI di SMKN 1 Pontianak sebagai berikut: faktor pendukungnya media visual sederhana, bervariasi dan waktu dan daya liput luas serta faktor penghambatnya kemampuan guru dalam memanfaatkan media pembelajaran, keterbatasan fasilitas sekolah dan terbatas ruang waktu.

Kata kunci: Media Pembelajaran, Youtube, Akuntansi Keuangan


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v22i1.58609

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index sitasi:

                                  


Creative Commons License
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.