IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN STAD BERBANTU PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI

Hindun Fatmawati, Prodi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Akuntansi Ranah Kognitif serta mengetahui respon siswa kelas XI Akuntansi 3 SMK Negeri 1 Godean Tahun Ajaran 2013/2014 melalui penerapan Pembelajaran STAD Berbantu Permainan Ular Tangga. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan kolaborasi yang dilakukan selama dua siklus. Materi yang disampaikan yaitu Kompetensi Dasar Pengelolaan Kartu dan Data Mutasi Aktiva Tetap. Teknik pengumpulan data melalui observasi partisipatif, tes dan angket. Instrumen penelitian yaitu dokumentasi, catatan lapangan, lembar observasi, tes dan angket. Analisis data menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian dapat meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Akuntansi Ranah Kognitif siswa. Rata-rata persentase Aktivitas Belajar Akuntansi sebesar 82,74% pada siklus I meningkat 13,70% menjadi 94,08% pada siklus II. Prestasi Belajar Akuntansi Ranah Kognitif siklus I rata-rata 82,47 meningkat 10,54% menjadi 91,17 pada siklus II. Sementara itu respon siswa terhadap tindakan termasuk pada kategori setuju dengan skor klasikal sebesar 88,83%.

 

Kata kunci: Pembelajaran STAD Berbantu Permainan Ular Tangga, Aktivitas Belajar Akuntansi, Prestasi Belajar Akuntansi Ranah Kognitif


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v12i2.2709

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index sitasi:

                                  


Creative Commons License
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.