BALANCED SCORECARD: IMPLEMENTASI INTERAKSIONAL AGENCY THEORY DAN STAKEHOLDER THEORY DALAM MANAJEMEN PERGURUAN TINGGI

Sukirno Sukirno, Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Lemahnya kualitas pengelolaan sumber daya yang dimiliki perguruan tinggi di Indonesia dapat berakibat terhadap munculnya persoalan rendahnya daya saing sumber daya bangsa. Rendahnya ranking perguruan tinggi dibandingkan perguruan tinggi lain di dunia, rendahnya kualitas sumber daya manusia dibandingkan dengan negara lain, dan tingginya angka pengangguran di Indonesia dapat menjadi indikator masih diperlukannya pendekatan jitu dalam manajemen sumber daya perguruan tinggi.

BSC adalah sebuah pendekatan yang dapat dipilih perguruan tinggi untuk mengelola sumber daya dalam mewujudkan visi dan misinya. Implementasi BSC di perguruan tinggi dapat menjadi sebuah pendekatan strategis dan operasional yang efektif dan efisien apabila  diimplementasikan dengan prosedur yang benar dengan melibatkan shareholer dan stakeholer. BSC menawarkan sebuah cara bagi perguruan tinggi untuk mencapai tujuan secara komprehensif, berimbang, dan terintegrasi antara kinerja keuangan dan non-keuangan, kinerja jangka pendek dan jangka panjang, serta kinerja internal dan kinerja eksternal.

 

Kata kunci: Balance Score Card, Agency Theory, Stakeholder Theory, Perguruan Tinggi


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v15i2.17218

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index sitasi:

                                  


Creative Commons License
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.