PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMK NEGERI 1 PENGASIH

Arlin Nosa Sefrian Sari, Alumni Prodi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta
Abdullah Taman, Staf Pengajar Jurusan P. Akuntansi Fakultas Ekononi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Motivasi Berprestasi terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan; (2) Pengaruh Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan; (3) Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Pengaruh Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan siswa Kelas XI Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Pengasih Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 64 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk variabel Motivasi Berprestasi dan Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru, sedangkan dokumentasi untuk variabel Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan. Kedua data tersebut telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Uji prasyarat analisis menggunakan uji linearitas, dan uji multikolinearitas. Pengujian hipotesis pertama dan kedua menggunakan regresi sederhana, sedangkan pengujian hipotesis ketiga menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Berprestasi terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan dibuktikan rx1y 0,634, r2x1y 0,401 dan thitung 6,447 > ttabel1,671; (2)terdapat pengaruh positif dan signifikan Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan ditunjukkan, dibuktikan rx2y 0,696, r2x2y 0,484 dan thitung7,632 > ttabel1,671; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Berprestasi dan Pengaruh Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan, dibuktikan Ry(1,2) = 0,759, R2y(1,2) = 0,576 dan Fhitung41,403 > Ftabel 3,140. Penelitian ini menunjukkan besarnya sumbangan relatif dari variabel Motivasi Berprestasi sebesar 39,73%, variabel Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru 60,27%, sedangkan sumbangan efektif variabel Motivasi Berprestasi sebesar 22,89%, variabel Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru sebesar 34,71%.

 

Kata Kunci : Motivasi Berprestasi, Metode Mengajar, Prestasi Belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v11i1.1683

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index sitasi:

                                  


Creative Commons License
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.