ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Isroah Isroah, Staf Pengajar Jurusan P. Akuntansi Fakultas Ekononi Universitas Negeri Yogyakarta
Sumarsih Sumarsih, Staf Pengajar Jurusan P. Akuntansi Fakultas Ekononi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kemandirian  belajar mahasiswa program studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta semester genap tahun akademik 2009/2010  sebanyak 567 mahasiswa yang terdiri dari mahasiswa reguler, non reguler dan program kelanjutan studi.  Sampel penelitian  sebesar 226 diambil secara proportional random sampling. Instrumen untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisis datanya dilakukan dengan  menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan persentase, untuk mengetahui tingkat kemandirian belajar  mahasiswa digunakan teknik analisis deskriptif dengan kriteria ideal yaitu mean ideal dan standar deviasi ideal.

Hasil penelitian menunjukkan (1) Tingkat kemandirian  mahasiswa program studi Pendidikan Akuntansi FISE UNY  ditinjau pengelolaan waktu menunjukkan 7,52 % memiliki tingkat kemandirian belajarnya sangat tinggi, 71,68 % tinggi, 19,03% cukup dan 1,77% rendah. (2) Tingkat  kemandirian belajar mahasiswa program studi Pendidikan Akuntansi FISE UNY  ditinjau dari keinginan untuk belajar menunjukkan 51,33% mahasiswa tingkat kemandirian belajarnya sangat tinggi dan sisanya sebesar 48,67 % tinggi. (3) Tingkat  kemandirian belajar mahasiswa program studi Pendidikan Akuntansi FISE UNY  ditinjau dari pengendalian diri menunjukkan 61,06  %memiliki tingkat kemandirian belajar sangat tinggi, 31,42 % tinggi, 7,52% cukup dan tidak ada yang termasuk  rendah. (4) Tingkat  kemandirian belajar mahasiswa program studi Pendidikan Akuntansi FISE UNY  menunjukkan 53,53% memiliki tingkat  kemandirian belajar tinggi, 46,02% sangat tinggi dan 0,44% mahasiswa yang termasuk cukup, dan tidak ada yang tingkat kemandiriannya rendah.

 

Kata Kunci: Pengelolaan waktu, Keinginan belajar, Pengendalian diri


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v11i1.1676

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index sitasi:

                                  


Creative Commons License
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.