PENGEMBANGAN KOMIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI PADA MATERI AKUN-AKUN PERUSAHAAN DAGANG

Fidya Rizka Anggraeni, Alumni Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Sumarsih Sumarsih, Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan komik Akuntansi sebagai media pembelajaran pada materi akun-akun perusahaan dagang untuk siswa SMA kelas XII. 2) Mengetahui kelayakan komik Akuntansi pada materi akun-akun perusahaan dagang sebagai media pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan ahli materi, ahli media, dan uji coba pada siswa SMA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) model pengembangan 4D. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket. Hasil penelitian adalah: 1) Pengembangan media pembelajaran Akuntansi berbentuk komik sebagai media pembelajaran dapat digunakan 2) Komik Akuntansi sebagai media pembelajaran diperoleh penilaian kelayakan oleh ahli materi dengan rata-rata skor 4,55 dari rentan skor 1-5 termasuk dalam kategori sangat layak dijadikan sebagai media pembelajaran, penilaian kelayakan oleh ahli media dengan rata-rata skor 4,4 dari rentan skor 1-5 termasuk dalam kategori sangat layak dijadikan sebagai media pembelajaran. Penilaian siswa terhadap penilaian media pembelajaran Akuntansi yang telah dikembangkan pada saat uji coba lapangan diperoleh rata-rata skor 4,32 dari rentan skor 1-5 termasuk dalam kategori sangat layak dijadikan media pembelajaran.

Kata Kunci: penelitian dan pengembangan, media pembelajaran, komik Akuntansi


Full Text:

(14 - 22)


DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v13i2.10305

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index sitasi:

                                  


Creative Commons License
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.