Hubungan penggunaan gadget dengan kemampuan berempati anak

Lutfia Nurafifah, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
Tuti Hayati, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
Heri Hidayat, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan gadget pada anak usia 4-5 tahun di Rw 10 Desa Cileunyi Kulon Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung, kemampuan empati anak usia 4-5 tahun di Rw 10 Desa Cileunyi Kulon Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung dan hubungan penggunaan gadget dengan kemampuan empati anak usia 4-5 tahun di Rw 10 Desa Cileunyi Kulon Kecamatan Cileunyi. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasioner. Subjek penelitian ini berjumlah 10 anak. Penentuan sampel menggunakan teknik sampling acak sistematis, artinya penentuan sampel berdasarkan urutan dari anggota populasi yang telah diberi nomor urut. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi dan bercakap-cakap terstruktur kepada anak usia dini umur 4-5 di RW 10 Desa Cileunyi Kulon Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Hasil analisis data disimpulkan bahwa penggunaan gadget anak usia dini diperoleh nilai rata-rata sebesar 4,30 yang termasuk ke dalam kategori tinggi, karena berada pada interval 3,5 - 4,5. Kemampuan berempati anak usia dini diperoleh nilai rata-rata sebesar 4,35 yang termasuk kategori tinggi, karena berada pada interval 3,5-4,5. Ada korelasi yang searah sangat kuat antara penggunaan gadget dan kemampuan berempati anak usia dini dengan koefisien korelasi sebesar 0,872. Berdasarkan interpretasi nilai r product moment diketahui rhitung 0,872 > rtabel 0,632 yang berarti hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Penggunaan gadget juga memiliki pengaruh sebesar 76% terhadap kemampuan berempati anak usia dini dan sisanya 24% lagi dipengaruhi oleh faktor lain di luar penggunaan gadget.

Keywords


Gadget, empathy, early childhood

Full Text:

PDF

References


Anggara, S. (2015). Metode Penelitian Administrasi (Vol. 1(1)). Bandung: CV Pustaka Setia.

Arum, A. P. (2018). Hubungan antara empati dan religiusitas dengan altruisme pada remaja (Doctoral dissertation). Yogyakarta: Universitas Mercu Buana.

Budhijanto, D. (2010). Hukum Telekomunikasi. Penyiaran, dan Teknologi Informasi Regulasi dan Konvergensi, Resfika Aditamma. Bandung.

Emzir. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Howe, D. (2015). Empati: Makna dan Pentingnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Insight, T. A. (2014). Mobile Device Usage Among Young Kids: A Southeast Asia Study. Singapore: The Asian parent.

Nurhaeda. (2018). Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini Dalam Pandangan Islam Di PAUD Terpadu Mutiara Hati Palu. Early Childhood Education Indonesian Journal, 2 (1), 71.

Pratiwi, A. G. (2017). Hubungan Antara Sikap Terhadap Tayangan Upin Ipin dan Empati Pada Anak (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).

Putra, C. A. (2017). Pemanfaatan Teknologi Gadget Sebagai Media Pembelajaran. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2), 1-10.

Silalahi, U. (2012). Metode Penelitian Sosial (Ke-3 ed.). Bandung: Refika Aditama.

Tamburaka, A. (2013). Literasi Media: Cerdas Bermedia Khalayak Media Massa. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Widiawati. (2014). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Daya Kembang Anak. Jakarta: Universitas Budi Luhur.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v12i2.46932

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Anak

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our Journal indexed by:

     

Supervised by:

RJI Main logo



Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa.

Jurnal Pendidikan Anak Stats