Manajemen Peserta Didik dalam Meningkatkan Prestasi Siswa di Sekolah Menengah Pertama

Vicky Rizki Febrian, UIN Mahmud Yunus Batusangkar, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan manajemen peserta didik dalam meningkatkan prestasi siswa di SMP N 5 Batusangkar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yang dilaksanakan di di SMP N 5 Batusangkar. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, dan pembina ekstrakurikuler. Data dikumpulkan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan model interaktif Miles, Huberman, & Saldana (2014). Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen peserta didik dalam meningkatkan prestasi siswa di SMP N 5 Batusangkar dilakukan melalui kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler.

Keywords


manajemen peserta didik, prestasi siswa, Sekolah Menengah Pertama

Full Text:

PDF

References


Alhuda. 2020. Manajemen Kesiswaan dalam Upaya Meningkatkan Prestasi dan Membentuk Karakter Siswa. Jurnal Media Manajemen Pendidikan, 3(2), 208-219.

Asiah, N. 2017. Analisis Kemampuan Praktik Strategi Pembelajaran Aktif (Active Learning) Mahasiswa PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Raden Lintang Intan Lampung. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 4(1):22.

Astuti. 2021. Manajemen Peserta Didik. Jurnal Manajemen Pendidikan, 11(2), 113-144.

Badrudin. 2014. Manajemen Peserta Didik. Jakarta: PT Indeks.

Gunawan, I., & Benty, D. D. N. 2017. Manajemen Pendidikan: Suatu Pengantar Praktik. Bandung: Alfabeta.

Hadiyanto. 2013. Manajemen Peserta Didik Bernuansa Pendidikan Karakter. Jakarta: Al-Wasath.

Hamidah. 2018. Manajemen Peserta Didik. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan. 6(2). 1-10

Mardianis. 2018. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dengan Peserapan Metode Pembelajaran Problem terhadap Pembelajaran IPA Siswa Kelas VI SD Negeri 020 Tembilahan Hilir. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 1(1), 11-18.

Rifa’i, M. 2018. Manajemen Peserta Didik. Medan: Widya Puspita.

Muspawi, M. 2020. Memahami Konsep Dasar Manajemen Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(3), 744-750.

Nugrahani, F. 2014. Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan Bahasa. Solo: Cakra Books.

Retnowati, D. R., Fatchan, A., & Astina, I. K. 2016. Prestasi Akademik dan Motivasi Berprestasi Mahasiswa S1 Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang. Jurnal Pendidikan, 1(3), 521-525.

Rohiat. 2010. Manajemen Sekolah: Teori dan Praktik. Bandung: Refika Aditama.

Rosyid, M. Z. 2019. Prestasi Belajar. Malang: Literasi Nusantara.

Shalahudin. 2021. Manajemen Peserta Didik. Yogyakarta: Garudhawaca.

Selvia, B., Lian, B., & Sari, A. P. 2020. Penerapan Pembinaan Ekstrakurikuler dalam Kegiatan Pembelajaran Full Day School. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 5(2), 152-167. https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i2.3763

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriatna & Mulyadi. 2009. Konsep Dasar Desain Pembelajaran. Jakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

Syafi'i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. 2018. Studi tentang Prestasi Belajar Siswa dalam Berbagai Aspek dan Faktor yang Memengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115-123.

Yazidi, A. 2013. Memahami Model-model Pembelajaran Kurikulum 2013 (The Understanding of Model of Teaching in Curriculum 2013). Bogor: Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Pakuan.




DOI: https://doi.org/10.21831/jump.v5i1.60747

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan



Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats