Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Sekolah Menengah Atas

Ahmad Hidayat, SMK Negeri 3 Kota Jambi, Indonesia
Mohamad Muspawi, Universitas Jambi, Indonesia
K. A. Rahman, Universitas Jambi, Indonesia
Muhammad Fajar Ronansyah, Universitas Jambi, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bermaksud melihat peran kepemimpinan di sekolah terhadap kinerja guru di sekolah. Sampel didapat dari semua guru SMA Attaufiq di Kota Jambi sebanyak 16 dari sebanyak koresponden didapat 80 point, snowball sampling dan purposive sampling, didapat sampel sebanyak. Pengumpulan data diambil dengan cara wawancara langsung kepada guru menggunakan skala Likert 5 poin, dari penelitian memperlihatkan gaya kepemimpinan kepala sekolah sudah mengimplementasikan strategi tepat, mudah diaplikasikan, dan akuntable. Pada penelitian ini guru yang memiliki motivasi kerja yang baik, dilihat dari capaian kebutuhan baik bersifat sosial, rasa aman, penghargaan, dan aktualisasi diri. Selain itu melihat guru yang memiliki motivasi kerja yang baik dilihat pada kinerja, kualitas kerja, ketepatan waktu, dan taat aturan. Diperjelas dari hasil penelitian betapa berpengaruhnya gaya kepemimpinan kepala sekolah dapat meningkatkan kinerja guru, gaya kepemimpinan kepala sekolah mampu memotivasi kerja guru akan berdampak pada implementasi strategi pada masa yang akan datang.

Keywords


gaya kepemimpinan, kinerja guru, kepala sekolah

Full Text:

PDF

References


Elly, Y., & Soraya, J. . (2020). Kepemimpinan kepala sekolah dan lingkungan sekolah terhadap kinerja guru. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS, 14(2), 55-61. https://doi.org/10.21067/jppi.v14i2.4856

Farin, S. E. (2021). Peran perempuan dalam pendidikan di Indonesia pada zaman modern. Seri Publikasi Pembelajaran, 1(2), 1-6. DOI: 10.31219/osf.io/jvesy

Gaol, N. T. L. (2017). Teori dan implementasi gaya kepemimpinan kepala sekolah. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 213-219. https://doi.org/10.24246/j.jk.2017.v4.i2. p213-219

Huzain, H. (2021). Pengelolaan sumber daya manusia. OSF Preprints.

November 2021. doi:10.31219/osf.io/cj27d.

Jaya, W. S. (2022). Kinerja guru ditinjau dari gaya kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1286–1294. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1738

Julaiha, S. (2019). Konsep kepemimpinan kepala sekolah. Tarbiyah Wa Ta'lim: Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran, 6(3), 51–62. https://doi.org/10.21093/twt. v6i3.1734

Kadarsih, I., Marsidin, S., Sabandi, A., & Febriani, E. A. (2020). Peran dan tugas kepemimpinan kepala sekolah di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 194-201. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i2.138

Mahardhani, A. J. (2015). Kepemimpinan ideal kepala sekolah. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 1-4. DOI: 10.24269/dpp.v3i2.82

Minsih, Rusnilawati, & Mujahid, I. (2019). Kepemimpinan kepala sekolah dalam membangun sekolah berkualitas di sekolah dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 6(1), 29-40. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.8467

Nasukah, B. (2018). Urgensi dan prinsip penerapan pendekatan institusi pendidikan. 3, 51–81.

Octavia, L. S., & Savira, S. I. (2016). Gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam upaya meningkatkan kinerja guru dan tenaga kependidikan. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 1(1), 7-14. https://doi.org/10.26740/jdmp.v1n1.p7-14

Amini, Pane, D., & Akrim. (2021). Analisis Manajemen berbasis sekolah dan kepemimpinan kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru di SMP Swasta Pemda Rantau Prapat. Jurnal Pendidikan Tambusa, 5(3), 11148-11159.

Ramadoni, W., Kusmintardjo, & Arifin, I. (2016). Kepemimpinan kepala sekolah dalam upaya peningkatan kinerja guru (Studi multi kasus di PAUD Islam Sabilillah dan SDN Tanjungsari 1 Kabupaten Sidoarjo). Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(8), 1500-1504.

Selian, N., Hudori, A., & Maisyah, M. (2021). Faktor analisa lingkungan internal (Studi kasus berdirinya Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini di STAIN Bengkalis). Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(2), 713–729. https://doi.org/10.38035/ jmpis.v2i2.631

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulfemi, W. B. (2019). Pengaruh rasa percaya diri dan gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 157-179. https://doi.org/10.31538/ndh.v5i2.557

Syamsul, H. (2017). Penerapan kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru pada jenjang Sekolah Menengah Pertama. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, I(2), 275-289. https://doi.org/10.24252/idaarah.v1i2.4271

Taufiqurokman. (2016). Manajemen strategik. Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Prof. Dr. Moestopo Beragama.

Umam, M. K. (2016). Analisis lingkungan strategik dalam corak penyelenggaraan pendidikan Islam. Jurnal Al-Hikmah. 5(1), 1-8.




DOI: https://doi.org/10.21831/jump.v4i2.60500

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan



Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats