Pengaruh Peran Kepala Sekolah dan Iklim Organisasi terhadap Motivasi Kerja Guru Tetap Yayasan di Sekolah Menengah Kejuruan Swasta

Dharmiastuti Dharmiastuti, Universitas PGRI Semarang, Indonesia
Ngurah Ayu Nyoman Murniati, Universitas PGRI Semarang, Indonesia
Noor Mliyono, Universitas PGRI Semarang, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh peran kepala sekolah terhadap motivasi kerja guru, (2) pengaruh iklim organisasi terhadap motivasi kerja guru, (3) pengaruh peran kepala sekolah dan iklim organisasi secara bersama-sama terhadap motivasi kerja guru tetap yayasan pada SMK swasta di Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 152 guru yang tersebar di tiga sekolah dengan sampel sejumlah 110 guru. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Uji validitas, reliabilitas, normalitas, linieritas data, dan uji hipotesis menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan peran kepala sekolah terhadap motivasi kerja guru sebesar 16,8% namun masih terdapat kekurangan pada dimensi motivator, terdapat pengaruh signifikan iklim organisasi terhadap motivasi kerja guru sebesar 34,2% namun masih terdapat kekurangan pada dimensi penghargaan, dan terdapat pengaruh signifikan peran kepala sekolah dan iklim organisasi secara bersama-sama terhadap motivasi kerja guru sebesar 42,1%. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik kedua variabel tersebut yaitu peran kepala sekolah dan iklim organisasi maka akan meningkat motivasi kerja guru.

Keywords


peran kepala sekolah, iklim organisasi, motivasi kerja guru

Full Text:

PDF

References


Ahmadiansah, R. (2016). Pengaruh motivasi kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru SMK Muhammadiyah Salatiga. INJECT (Interdisciplinary Journal of Communication), 1(2), 223–236.

Marthanti, A. S. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Motivasi Kerja Guru Pada Yayasan At-Taqwa Kota Depok. Jurnal Ekonomi & Manajemen Universitas Bina Sarana Informatika. 18 (1).

Ndiha, A. D. (2016). Pengaruh Budaya Sekolah Terhadap Motivasi Kerja Guru SMK Negeri 1 Bungoro Kabupaten Pangkep. Skripsi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makasar.

Andang. 2014. Manajemen Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.

Purba, A. W. D. (2016). Hubungan Komunikasi Interpersonal Kepala Sekolah Dengan Motivasi Kerja Guru di SMK Multi Karya Medan. Jurnal Diversita, 2 (2).

Apriyanto, I. 2019. Pengantar Manajemen. Surabaya: CV. Jakad Media

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arisanti, Dwi, K., Santoso, A., & Wahyuni, S. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT Pegadaian (Persero) Cabang Nganjuk. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 2(1), 101-118.

Busro, M. (2018). Teori-teori Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prenada Media.

Danim, S. (2012. Motivasi Kepemimpinan dan Efektifitas Kelompok Cet. Ke-2. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Tejaningrum, D. (2013). Pengaruh Model Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Motivasi Kerja Guru SMKN 3 Kuningan. Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor.

Dwapatesty, E., Gistituati, N., & Rusdinal. (2021). Hubungan Gaya Kepemimpinan Karismatik terhadap Motivasi Kerja Guru. Jurnal Edukatif Ilmu Pendidikan, 3(5).

Hardiansyah, Mardianti, E., & Najwa, L. (2020). Pengaruh Inovasi Kepala Sekolah Terhadap Motivasi Kerja Guru Di SMKN 9 Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Visionary, 8(1).

Hasibuan, M. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Karwati, E., & Priansa, D. J. (2013). Kinerja dan Profesionalisme Kepala Sekolah Membangun Sekolah yang Bermutu. Bandung: Alfabeta.

Komariyah, Haryati, T., & Miyono, N. (2020). Pengaruh Peran Kepala Sekolah dan Kepuasan Kerja terhadap Motivasi Kerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Ampelgading Pemalang. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 9(3), 305-315.

Kusumaputri, E. S. (2018). Komitmen Pada Perubahan Organisasi. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Sumartono MB, M., Karta, W. S., & Setiadi, D. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Pemberian Kompensasi Kerja terhadap Motivasi Guru SMK di Kecamatan Lingsar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 2(2).

Mangkunegara, A. P. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Manulang, M. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Andi.

Marno, Mifka, A. S., & Supriyatno, T. (2013). Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Bandung: PT. Refika Aditama.

Maya H. (2012). Kesalahan-kesalahan Umum Kepala Sekolah dalam Mengelola Pendidikan. Yogjakarta: Diva Press.

Kristiawan, M., Safitri, D., & Lestari, R. (2017). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Mukhtar, Ali, H., & Rusmini. (2017). Kepuasan Kerja Guru. Jambi: Pusaka.

Mulyasa, E. (2013). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Munir, A. (2010). Pendidikan Karakter: Membangun Karakter Anak Sejak dari Rumah. Yogyakarta: Pedagogia.

Notoatmojo. (2012). Metodologi Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Anoraga, P. (2014). Psikologi Kerja. Jakarta: Rineka Cipta.

Parnawi, A. (2020). Optimalisasi Kepuasan Kerja Tenaga Kependidikan. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Wahyuni, P. S. (2017). Pengaruh Budaya Sekolah terhadap Motivasi Kerja Guru di SMKN 8 Jeneponto. Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makasar.

Priansa, D. J. (2014). Perencanaan dan Pengembangan SDM. Bandung: Alfabeta.

Priansa, D. J. (2017). Kinerja dan Profesionalisme Kepala Sekolah. Bandung: Alfabeta.

Purwanto, M. N. (2012). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sagala, S. (2016). Memahami Organisasi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Sulistyorini. (2008). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pengembangan Sekolah. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Surajiyo, d. (2020). Penelitian Sumber Daya Manusia: Pengertian, Teori, dan Permasalahannya. Jakarta: Rajawali Pers.

Sutrisno, E. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Predana Media.

Syaiful Sagala. (2010). Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.

Torang, S.(2014). Organisasi & Manajemen (Perilaku, Struktur, Budaya & Perubahan Organisasi).Bandung: Alfabeta

Triyono, Nurkolis, & Rasiman. (2013). Hubungan Peran Kepala Sekolah dan Iklim Sekolah dengan Profesionalime Guru Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Jepara. Semarang: Jurnal Manajemen Pendidikan, Volume 5.

Uno, H. B. (2010). Teori Motivasi dan Pengukurannya (Analisis di Bidang Pendidikan). Jakarta: Bumi Aksara.

Wahjosumidjo. (2010). Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Sekolah Membangun Sekolah yang Bermutu. Bandung: Alfabeta.

Winardi. (2011). Motivasi Pemotivasian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Wirawan. (2007). Budaya dan Iklim Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Yuniati, Y., & Ghufron, A. (2017). Pengaruh Peran Kepala Sekolah dan Iklim Sekolah terhadap Disiplin Guru SMP Negeri Kabupaten Jepara. Semarang: Jurnal Manajemen Pendidikan UPGRIS. 6 (1).




DOI: https://doi.org/10.21831/jump.v4i2.60499

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan



Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats