Manajemen Program Tahfizh Al-Qur’an di Sekolah Menengah Pertama

Khotim H Najib, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia, Indonesia
Suhayla Nur Afifi, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen program tahfizh Al-Qur’an yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi program yang dilakukan di SMP Negeri 3 Ampek Angkek Kabupaten Agam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah adalah wakil kepala sekolah, koordinator tahfizh dan tiga siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen program tahfizh di SMP Negeri 3 Ampek Angkek berjalan dengan baik, dengan penerapan empat fungsi manajemen, yaitu: Perencanaan program tahfizh dilakukan oleh Kepala Sekolah, Wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan koordinator tahfizh bersama guru tahfizh menyusun silabus pembelajaran. Pengorganisasian program dengan pembentukan struktur kepengurusan oleh kepala sekolah yang terdiri dari koordinator program dan enam orang anggota. Pelaksanaan program yaitu dilakukan pada pagi, siang, dan sore hari dan metode yang digunakan adalah metode muraja’ah, metode sima’i dan metode jami’i. Evaluasi program yaitu dengan mengadakan wisuda akhir tahun untuk kelas IX
dan melihat perkembangan hafalan siswa setiap akhir semester.


Keywords


manajemen program, tahfizh al-Qur’an, sekolah menengah pertama

Full Text:

PDF

References


Albusthomi, A. N. (2019). Tinjauan penyelenggaraan tahfidz Al-Qur’an di sekolah. TEXTURA, 6(1), 25–35. http://journal.piksi.ac.id/index.php/TEXTURA/article/view/32

Emzir. (2010). Metodologi penelitian pendidikan: Kuantitatif dan kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Fathoni, A. (2012). Sejarah dan perkembangan pengajaran tahfidz Al-Qur’an di Indonesia. http://www.baq.or.id/2018/02/sejarah-perkembangan-pengajaran-tahfidz.html

Majid, A. (2014). Strategi pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Marisa, V., & Muliati, I. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Program Tahfidz Al-Qur’an. An-Nuha, 1(2), 159–166. https://doi.org/10.24036/ANNUHA.V1I2.41

Maulida. (2020). Teknik pengumpulan data dalam metodologi penelitian. Jurnal Darussalam, 21(2). Diakses pada tanggal 12 Juli 2022, dari http://ojs.iai-

darussalam.ac.id/index.php/darussalam/article/view/39

Moleong, L. J. (2017). Metode penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Musafak, M. (2022). Manajemen tahfidzul Qur’an pada santri lansia. Jurnal Studi Islam dan Kemuhammadiyahan, 2(1), 69–80.

Mutaqin, D., Indra, H., & Lisnawati, S. (2022). Manajemen pembelajaran tahfizh Al-Qur’an untuk ketercapaian target hafalan di SMPQ Al-Ihsan. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 15(2), 187–196. https://doi.org/10.32832/TAWAZUN.V15I2.7623

Rahmatullah, M., Wisudaningsih, E. T., & Badruddin, M. F. (2022). Manajemen program tahfidz menggunakan metode ummi di MA Plus Al-Mashduqiah Patokan Kraksaan Probolinggo. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 2846–2850.

https://doi.org/10.31004/JPDK.V4I4.5939

Republik Indonesia. 2012. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Sagala, S. (2010). Konsep dan makna pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Salma, R., Uin, N., Gunung, S., Bandung, D., Prayoga, A., Uin, P., Suryana, Y., Sulhan, M., Haq, N., Manajemen, J., & Islam, P. (2019). Manajemen pembelajaran Tahfidzul Qur’an berbasis metode Yaddain di MI Plus Darul Hufadz Sumedang. Nidhomul Haq: Jurnal

Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 140–156. https://doi.org/10.31538/NDH.V4I2.326

Solihin, R. (2020). Pengembangan media pembelajaran interaktif tahfidz Al-Qur’an di Sekolah Dasar. Jurnal Asy-Syukriyyah, 21(02), 154–163. https://doi.org/10.36769/ASY.V21I02.108

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryana, Y., Dian, D., & Nuraeni, S. (2018). Manajemen program tahfidz Al-Qur’an. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 3(2), 220–230. https://doi.org/10.15575/ISEMA.V3I2.5014

Yusniawati, Y., & Falah, A. (2021). Manajemen program tahfizh terintegrasi mata pelajaran di MTs NU Al-Hidayah Kudus. Quality: Journal of Empirical Research in Islamic Education, 9(2), 249–262. https://doi.org/10.21043/quality.v9i2.11906




DOI: https://doi.org/10.21831/jump.v4i2.60497

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan



Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats