Permasalahan-permasalahan Pendidikan yang Dihadapi Sekolah di Tahun Pertama Pandemi Covid-19

Danang Dewantoro, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia, Indonesia
Dwi Esti Andriani, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan-permasalahan pendidikan apa saja yang dihadapi sekolah pada tahun pertama pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan studi dokumen, dengan teknik pengambilan sampel berdasarkan teori atau konstruk operasional (theory based/operational construct sampling). Dokumen yang digunakan merupakan artikel yang diambil dari kompas.com, republika.id, dan suaramerdeka.com. Artikel merupakan hasil wawancara dengan kepala sekolah, guru, orang tua/wali siswa, dan siswa, yang berlokasi pada jenjang sekolah dasar hingga sekolah menengah atas/sederajat. Instrumen penelitian yang digunakan adalah coding sheet dan menggunakan content analysis sebagai teknik analisis data. Hasil penelitian menunjukkan terdapat permasalahan penyelenggaraan pendidikan yang dihadapi sekolah dalam lingkup nasional dan Jawa Tengah di tahun pertama pandemi Covid-19. Rinciannya meliputi: (1) masalah terkait siswa berupa kesulitan belajar di rumah dan rendahnya kehadiran di kelas daring; (2) masalah terkait guru berupa ketidaksiapan mengajar daring, motivasi mengajar daring rendah, dan beban kerja meningkat; (3) masalah terkait orang tua siswa berupa kesulitan mendampingi siswa, kepedulian terhadap pendidikan anaknya rendah, dan tidak setuju dengan pembelajaran daring; serta (4) masalah terkait fasilitas pembelajaran berupa akses internet yang tidak memadai dan fasilitas belajar daring yang kurang memadai. Hasil penelitian ini dapat dikembangkan lebih lanjut oleh penelitian lain sehingga dapat diperoleh temuan yang lebih lengkap.


Keywords


permasalahan pendidikan, permasalahan pendidikan di masa krisis covid-19

Full Text:

PDF

References


Aji, Rizqon Halal Syah (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Salam; Jurnal Sosial & Budaya Syar’I 7 (5), 397-399. DOI: 10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Amalia, A. & Sa’adah, N. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Kegiatan Belajar Mengajar di Indonesia. Jurnal Psikologi. 13, 214-225. DOI: 10.35760/psi.2020.v13i2.3572

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 10, 282-289. DOI: 10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289

Asmuni. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy. 7, 281-288. DOI: 10.33394/jp.v7i4.2941

Baharuddin & F. A. Rumpa. (2020). 2019-nCOV – Jangan Takut Virus Corona. Yogyakarta: Rapha Publishing.

Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di SMPIT Nurul Fajri – Cikarang Barat – Bekasi). Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2, 208-218. DOI: 10.51276/edu.v2i1.112

Cahya, C., Imam Supriono, & Jati Prihatnomo. (2020, Agustus 7). Pembelajaran Daring, Menyenangkan Siswa, Sulit bagi Orang Tua. Suara Merdeka. https://www.suaramerdeka.com/news/liputan-khusus/237279-pembelajaran-daring-menyenangkan-siswa-sulit-bagi-orang-tua

Eriyanto. (2015). Analisis Isi: Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-ilmu Sosial Lainnya (Cetakan ke-3). Jakarta: Prenada Media Group.

Fadhillah, U. N. (2020, Desember 14). Utamakan Kejujuran, Bukan Hanya Nilai. Republika. https://www.republika.id/posts/12422/utamakan-kejujuran-bukan-hanya-nilai

Fuad, Nurhattati. (2020). Manajemen Persekolahan Era Pandemi Covid: Masalah dan Solusi. Prosiding, Seminar Arah Manajemen pada Masa dan Pasca Pandemi Covid-19 yang diselenggarakan oleh Jurusan Administrasi Pendidikan FIP UM, 2020. Malang: Universitas Negeri Malang.

Harususilo, Y. E. (2020, September 14). Sekolah di Akhir Pekan, Guru dan Siswa Pekanbaru Semangat Pantang Menyerah. Kompas. https://edukasi.kompas.com/read/ 2020/09/14/193543471/sekolah-di-akhir-pekan-guru-dan-siswa-pekanbaru-semangat-pantang-menyerah?page=all

Ihsan, D. (2020, September 15). Ini "Curhat" Guru, Siswa, Mahasiswa, dan Orangtua Soal Pembelajaran Daring. Kompas. https://www.kompas.com/edu/read/ 2020/09/15/095539371/ini-curhat-guru-siswa-mahasiswa-dan-orangtua-soal-pembelajaran-daring?page=all.

Ihsan, D. (2020, September 15). Pandemi Covid-19, Orangtua ABK Terpaksa Terapi Darurat di Rumah. Kompas. https://www.kompas.com/edu/read/2020/09/15/094745571/ pandemi-covid-19-orangtua-abk-terpaksa-terapi-darurat-di-rumah?page=all

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Pertanyaan dan Jawaban terkait COVID-19. Diakses 9 Juni 2021 dari https://www.kemkes.go.id/article/view/ 20031600011/pertanyaan-dan-jawaban-terkait-covid-19.html

Kurnia, D. et al. (2020, November 24). Sekolah Batasi Interaksi Murid. Republika. https://www.republika.id/posts/11922/sekolah-batasi-interaksi-murid%c2%a0

Lee, A. (2020). Wuhan Novel Coronavirus (COVID-19): Why Global Control is Challenging? Public health, 179, A1. DOI: 10.1016/j.puhe.2020.02.001

Meriana, T. & Tambunan, W. (2021). Evaluasi Persiapan Sekolah Tatap Muka di TKK Kanaan Jakarta. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10, 1-12.

Mierrina, Nur Eva, & I. A. Farida. (April 2021). Penyesuaian Sekolah Siswa SMP pada Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19 Di Daerah Urban Perkotaan. Buku disajikan dalam Seminar Nasional dan Call for Paper, di Universitas Negeri Malang.

Mulyawan, A. (2020, Oktober 22). Beban Berlipat Guru Honorer. Suara Merdeka. https://www.suaramerdeka.com/news/liputan-khusus/244702-revolusi-pendidikan-di-tengah-pandemi-beban-berlipat-guru-honorer

Nuriana, Ilma & Femita Adelina. (2021). Persepsi Orang Tua terhadap Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Jurnal Riset dan Pendidikan Dasar. 1, 83-90. Retrieved from https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/tanggap/article/view/86

Poerwandari, E. K. (2017). Pendekatan Kualitatif untuk Penelitian Perilaku Manusia (3rd ed.). Depok: Fakultas Psikologi, Universitas Indonesia. Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3).

Sandi, E. D. (2020, Oktober 10). Kisah Ibu Guru Ranti, Tak Surut Langkah Dampingi Siswa ABK Riau. Kompas. https://edukasi.kompas.com/read/2020/10/10/093000171/kisah-ibu-guru-ranti-tak-surut-langkah-dampingi-siswa-abk-riau?page=all

Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah. 1, 1-6. DOI: 10.31599/jki.v1i1.265

Suara Merdeka. (2021). Tentang Suaramerdeka.com. Diakses tanggal 17 Desember 2021 dari https://www.suaramerdeka.com/about-us

Utomo, K. D., et al. (2021). Pemecahan Masalah Kesulitan Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19 Kelas IV SD. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 9, 1-9.

WHO. Apakah ada vaksin, obat, atau perawatan untuk COVID-19?. Diakses tanggal 10 Juni 2021 dari https://www.who.int/indonesia/news/novel-coronavirus/qa/qa-for-public

Widyastuti, Ana. (2021). Optimalisasi pembelajaran jarak jauh (PJJ), Daring Luring, BdR. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Yasland, M. et al. (2020, September 1). Belajar Daring Dianggap Lebih Boros. Republika. https://www.republika.id/posts/9811/belajar-daring-dianggap-lebih-boros




DOI: https://doi.org/10.21831/jump.v4i1.59890

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan



Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats