Tingkat Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dasar

Firyal Fatin Oktaviani, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia, Indonesia
Slamet Lestari, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) tingkat kompetensi manajerial kepala SD negeri se-Kecamatan Pandeglang dan Majasari, (2) faktor pendukung dan penghambat kepala SD negeri se-Kecamatan Pandeglang dan Majasari dalam menjalankan tugas manajerial, dan (3) fasilitas yang dibutuhkan oleh kepala SD negeri se- Kecamatan Pandeglang dan Majasari untuk menguatkan kompetensi manajerial. Pendekatan penelitian ini adalah deskriptif. Subjek penelitiannya yaitu kepala SD negeri se-Kecamatan Pandeglang dan Majasari, Kabupaten Pandeglang sebanyak 40 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner tertutup dan kuesioner terbuka. Teknik analisis data yang digunakan untuk kuesioner tertutup yaitu statistik deskriptif dengan persentase, sedangkan teknik analisis data yang digunakan untuk kuesioner terbuka yaitu metode deskriptif. Validitas data kuesioner tertutup menggunakan teknik Pearson Corelation Product Moment dan reliabilitas data menggunakan teknik Cronbach’s Alpha, sedangkan validitas dan reliabilitas data kuesioner terbuka menggunakan Expert Judgment. Hasil penelitian menunjukkan: (1) kompetensi manajerial kepala SD negeri se-Kecamatan Pandeglang dan Majasari berada pada kategori sangat tinggi dengan persentase sebesar 82,56%. (2) faktor yang mendukung kepala sekolah dalam menjalankan tugas manajerial adalah sub aspek man (manusia) seperti stakeholder internal. Sub aspek man (manusia) juga menjadi faktor yang menghambat kepala sekolah dalam menjalankan tugas manajerial. (3) fasilitator yang dibutuhkan oleh kepala sekolah untuk menguatkan kompetensi manajerial dilihat dari aspek sumber daya manusia adalah sub aspek pendidik dan tenaga kependidikan, sedangkan fasilitas yang dibutuhkan oleh kepala sekolah dilihat dari aspek sumber daya non manusia adalah sub aspek prasarana sekolah.

Keywords


kompetensi manajerial, kepala sekolah, sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Aedi, N. (2016). Manajemen Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Amon, L., Ping, T., & Poernomo, S. A. (2021). Tugas dan Fungsi Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Kateketik pastoral, 5, 7.

Ariyanti, I., Miyono, N. & Retnaningdyastuti (2019). Pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dan Iklim Organisasi terhadap Profesionalisme Guru Sekolah Dasar Negeri se Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang. Manajemen Pendidikan, 8, 242.

Athiyah & Sulaiman. (2012). Beberapa pemikiran pendidikan. Yogyakarta: Aditya media publishing.

Barlian, I. (2013). Manjemen Berbasis Sekolah Menuju Sekolah Berprestasi. Erlangga: Jakarta

Englasari. (2017). Pengaruh Kemampuan Manajerial dan Lingkungan serta Motivasi Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri Dimusi Banyuasin. Imu Manajemen, 6, 131.

Fadila, R. N., et al. (2020). Efektivitas Pengelolaan Sumber Daya Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8, 82.

Filippo, E. B. (2012). Manajemen Personalia. Jakarta: Erlangga.

Irfan, M., & Hadi, S. (2021). Diklat Penguatan Kepala Sekolah Kecamatan Tulangbawang Guna Terwujudnya Student Wellbeing. Terapan Abdimas, 6, 148.

Jabar, C. S. A., et al. (2016). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Jamrizal. (2022). Pengaruh Perencanaan, Pengorganisasian, dan Pengawasan Terhadap Kepemimpinan Kepala Sekolah. Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3, 484.

Kemendiknas. (2007) Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13, Tahun 2007, tentang Standar Kompetensi Kepala Sekolah.

Kemendikbud. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 6 Tahun 2018, tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah.

Kemendikbud. (2019). Data Pokok Pendidikan.

Kemendikbud. (2020). Panduan Pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Kepala Sekolah. Jakarta: Direktorat Pendidikan Profesi dan Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud RI.

Kompri. (2014). Manajemen Sekolah Teori dan Praktik. Bandung: Alfabeta.

Marsidin, S., Ramli, E. & Ningrum, T. (2019). Pembinaan Kompetensi Manajerial dan Supervisi Kepala Sekolah. Halaqah, 4, 427-432.

Pananrangi, A. R. (2017). Manajemen Pendidikan. Makassar: Celebes Media Perkasa.

Pemerintah. (2017). Peraturan Pemerintah Nomor 19, tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru pasal 54 ayat (1)

Purwanto, N. A. (2019). Kepemimpinan Pendidikan. Yogyakarta: Pujangga Press.

Ramadhan, R. F., & Karwanto. (2020). Membangun Iklim Organisasi Sekolah Melalui Peran Kepala Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 8, 293.

Rosmaini & Tanjung, H. (2019). Pengaruh Kompetensi, Motivasi, dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. Ilmiah Magister Manajemen, 2, 2.

Sidiq, U. & Khoirussalim. (2021). Kepemimpinan Pendidikan. Ponorogo: Nata Karya.

Siregar, M. et al. (2020). Pengaruh Perilaku Inovatif Terhadap Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dasar di Kabupaten Labuhan Batu. Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan, 4, 121.

Sugiarti. (2020). Peningkatan Kemampuan Guru dalam Melaksanakan Pendekatan Seru melalui Tindakan Tindak Lanjut Supervisi Kunjungan Kelas oleh Kepala Sekolah. Pendidikan Dasar Indonesia, 5, 20.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhelayanti, et al. (2020). Manajemen Pendidikan. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Susan, E. (2019). Manajemen Sumber Daya manusia. Manajemen Pendidikan Islam, 9, 8.

Sutarti, K. (2021). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Menciptakan Sekolah Efektif. Media Manajemen Pendidikan, 4, 19.

Tanjung, R. et al. (2021). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar. Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4, 291-296.

Terry, G. R. (2012). Prinsip-Prinsip Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Triatna, C. (2016). Pengembangan Manajemen Sekolah. Bandung: Rosdakarya.

Widodo, H. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah Perempuan di Sekolah Dasar Muhammadiyah Kabupaten Sleman. Pendidikan, 8, 127.




DOI: https://doi.org/10.21831/jump.v4i2.59236

Refbacks



Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan



Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats