Pengembangan Model Pengelolaan Sekolah Berwawasan Lingkungan Menuju Sekolah Adiwiyata pada Sekolah Dasar

Sri Utaminingsih, Universitas Muria Kudus, Indonesia
Arif Munandar, Universitas Muria Kudus, Indonesia
Su'ad Su'ad, Universitas Muria Kudus, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan: 1) pengelolaan sekolah berwawasan lingkungan menuju adiwiyata, 2) pengembangan model pengelolaan sekolah berwawasan menuju sekolah adiwiyata, 3) pengembangan model pengelolaan sekolah berwawasan menuju sekolah adiwiyata di Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research & Development Borg and Gall yang meliputi pengumpulan informasi, pengembangan produk awal, evaluasi ahli, uji coba produk, revisi produk, uji coba produk, produk akhir. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa pengelolaan sekolah adiwiyata di Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak mencakup 4 komponen adiwiyata, namun pengelolaannya belum memiliki desain bagan pengelolaan yang jelas dan belum menerapkan fungsi-fungsi manajemen sekolah yang terdiri dari perencanaan, pengorganisaisian, pelaksanaan dan pemantauan. Pengembangan ini menghasilkan produk bagan pengelolaan sekolah dengan mengintegrasikan tahapan-tahapan kegiatan yang mengacu pada fungsi manajemen, yaitu perencanaan, pengorganisasian dan pelaksanaan serta pemantauan evaluasi yang dikombinasikan dengan 4 komponen adiwiyata: pelaksanaan kebijakan berwawasan lingkungan, kegiatan berbasis partisipatif, pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan dan pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan. Desain model pengelolaan sekolah adiwiyata terbukti sangat layak untuk digunakan berdasarkan hasil validasi teori dan konsep pengelolaan sekolah, validasi ahli desain model dan validasi praktisi lapangan pengelolaan sekolah adiwiyata berturut-turut 80,00%, 87,50%, dan 83,33%, dengan proporsi sebesar 83,61%. Kelayakan produk juga dilihat berdasarkan hasil ujicoba lapangan yang menunjukkan respons guru sebesar 91,67%. Peneliti menyarankan agar model pengelolaan sekolah adiwiyata dapat diujicobakan di seluruh sekolah di tingkat kecamatan dan kabupaten. Diharapkan desain model pengelolaan sekolah adiwiyata dapat dikembangkan oleh sekolah secara mandiri sesuai karakteristik sekolah. Peneliti menyarankan agar model pengelolaan sekolah adiwiyata dapat diujicobakan di seluruh sekolah di tingkat kecamatan dan kabupaten. Diharapkan desain model pengelolaan sekolah adiwiyata dapat dikembangkan oleh sekolah secara mandiri sesuai karakteristik sekolah. Peneliti menyarankan agar model pengelolaan sekolah adiwiyata dapat diujicobakan di seluruh sekolah di tingkat kecamatan dan kabupaten. Diharapkan desain model pengelolaan sekolah adiwiyata dapat dikembangkan oleh sekolah secara mandiri sesuai karakteristik sekolah.

Keywords


Pengembangan, Model Pengelolaan, Sekolah Adiwiyata

Full Text:

PDF

References


As, U. S., & Sutisna, E. H. (2018). Evaluasi Implementasi Program Adiwiyata. Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar, 242-247.

Caddafie, Syahrizal U., Nana Kariada T. & Ely Rudyatmi. (2017). The Impact of Adiwiyata Program On Environmental Caring Character. Journal of Biology Education, 6 (3), 350-356.

Faqawwinni, N. (2021). Strategi Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Sekolah Adiwiyata di SMA Negeri 3 Sampang. Disertasi. Institut Agama Islam Negeri Madura.

Isnaeni, Yeni. (2013). Implementasi Kebijakan Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan di SMP Negeri 3 Gresik. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 1 (2), 166-172.

Lathifah, Dina F. (2019). Manajemen Sekolah Adiwiyata Dalam Membentuk Karakter Peduli Lingkungan pada Siswa MAN 1 Jombang. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Limawati, L. (2018). Implementasi Program Sekolah Adiwiyata di Sekolah Dasar. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 6(1), 20-24.

Malinda, Griselda EP., Sayu Larasati N, & Septa Indra, P. (2019). Evaluasi Pelaksanaan Program Adiwiyata Dalam Mewujudkan Sekolah Peduli Dan Berbudaya Lingkungan di SDN Model Banyuwangi. JGG-Jurnal Green Growth dan Manajemen Lingkungan, 8 (2), 63-79.

Maryani, Ika. (2014). Evaluasi Pelaksanaan Program Sekolah Adiwiyata Ditinjau dari Aspek Kegiatan Partisipatif di SDN Ungaran I Yogyakarta. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD, 1 (3), 225-229.

Muslicha, Anisa. (2015). Metode Pengajaran Dalam Pendidikan Lingkungan Hidup pada Siswa Sekolah Dasar (Studi Pada Sekolah Adiwiyata di DKI Jakarta). Jurnal Pendidikan, 16 (2), 110-126.

Nota Kesepahaman antara Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Riset dan Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri Nomor PKS.2/MENLHK/P2SDM/KUM.3/2016, Nomor 99/VII/NK/2016, Nomor 11a/M/NK/2016, Nomor 9 Tahun 2016, Nomor 660/2688A/SJ tentang Pengembangan Pendidikan Lingkungan Hidup.

Patton, M. Quinn. (2012). Metode Evaluasi Kualitatif. Diterjemahkan oleh Budi Puspo Priyadi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Pelita, A. C., & Widodo, H. (2020). Evaluasi Program Sekolah Adiwiyata di Sekolah Dasar Muhammadiyah Bantul Kota. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 29(2), 145-157.

Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 5 Tahun 2013 tentang Pedoman Pelaksanaan Program Adiwiyata.

Sumiati, Umi & Enju Harja Sutisna. (2018). Evaluasi Implementasi Program Adiwiyata. Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar, 242-247.

Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Widodo, H. (2018). Budaya Sekolah Adiwiyata (Studi Kasus di SD Muhammadiyah Bodon Bantul Yogyakarta). Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam, 7(1), 1-18.




DOI: https://doi.org/10.21831/jump.v5i1.52622

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan



Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats