Hubungan antara Kualifikasi Akademik dan Kompetensi dengan Kinerja Tenaga Administrasi Sekolah (TAS) di SMA Negeri se Kota Malang

Icca Nabilah Nisa, Universitas Negeri Malang, Indonesia, Indonesia
Djum Djum Noor Benty, Universitas Negeri Malang, Indonesia, Indonesia
Asep Sunandar, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Desi Eri Kusumaningrum, Universitas Negeri Malang, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat kualifikasi akademik
TAS, mendeskripsikan tingkat kompetensi TAS, mendeskripsikan tingkat kinerja TAS,
mengetahui hubungan antara kualifikasi akademik dan kompetensi TAS, mengetahui
hubungan antara kualifikasi akademik dan kinerja TAS, mengetahui hubungan antara
kompetensi dan kinerja TAS, mengetahui hubungan antara kualifikasi akademik dan
kompetensi dengan kinerja TAS. Lokasi penelitian ini adalah di SMA Negeri se Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan deskriptif- korelasional. Teknik pengambilan sampel menggunakan Proportional Random Sampling dan Simple Random Sampling. Populasi penelitian berjumlah 270 orang dengan sampel berjumlah 161 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode angket. Analisis data penelitian menggunakan teknik analisis deskriptif, korelasi Product Moment Pearson, dan korelasi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kualifikasi akademik TAS berada dalam kategori sangat tinggi, tingkat kompetensi TAS berada dalam kategori sangat tinggi, tingkat kinerja TAS berada dalam kategori sangat tinggi, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kualifikasi akademik dan kompetensi TAS, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kualifikasi akademik dan kinerja TAS, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi dan kinerja TAS, secara simultan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kualifikasi akademik dan kompetensi dengan kinerja TAS di SMA Negeri se Kota Malang.


Keywords


kualifikasi akademik; kompetensi; kinerja; tenaga administrasi sekolah

Full Text:

PDF

References


Awe, E. Y., Dantes, N., & Lasmawan, I. W. (2014). Hubungan Antara Kualifikasi Akademik, Kompetensi, Motivasi Kerja Dengan Kinerja Guru Sekolah Dasar (SD) Di Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar, 4, 1-13. Retrieved from https://www.e-jurnal.com/2015/06/hubunganantara-

Fahmi, I. (2016). Pengantar Manajemen Sumber Daya Manusia: Konsep dan Kinerja. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Fathoni, A. (2006). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hartini, S. (2012). Pengaruh Kualifikasi Akademik, Pengalaman Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Kepala Sekolah Dasar se Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 1 (3), 331–344. https://doi.org/10.26877/jmp.v1i3.396.

Kartika, L. N. & Sugiarto, A. (2016). Pengaruh Tingkat Kompetensi terhadap Kinerja Pegawai Administrasi Perkantoran. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 17(1), 73. https://doi.org/10.24914/jeb.v17i1.240.

Kasmir. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mangkunegara, A. P. (2006). Evaluasi Kinerja SDM. Bandung: PT Refika Aditama.

Mangkunegara, A. P. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Menteri Pendidikan Nasional RI. (2008). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2008 Tentang Standar Kompetensi Tenaga Administrasi Sekolah (TAS). Retrieved from https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/bsnp/Peraturan Menteri Pendidikan

Nasional24-

Pemerintah Republik Indonesia. (2016). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan. Bandung: Citra Umbara.

Pemerintah Republik Indonesia. (2021). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Retrieved April 22, 2021, from JDIH BPK RI Database Peraturan:https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/165024/pp-no-57-tahun-

Rahmawati, T. (2011). Hubungan Kualifikasi Kepala Sekolah dengan Kompetensi Kepala Sekolah Dasar Negeri di Kota Makassar. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 121- 138. Retrieved from http://eprints.unm.ac.id/2435/1/Hubungan Kualifikasi Kepala Sekolah%2c

Robbins, S. P. (2006). Perilaku Organisasi. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.

Simanjuntak, P. J. (2011). Manajemen dan Evaluasi Kinerja. Jakarta: Fakultas Ekonomi UI.

Surya, P. (2012). Peran Penting Tenaga Administrasi Sekolah dalam Penguatan Budaya Sekolah untuk Implementasi Pendidikan Karakter. School Culture. doi:https://doi.org/10.4135/9781446219362.

Wibowo. (2017). Manajemen Kinerja. Bandung: Rajawali Press.

Wirawan. (2009). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia: Teori Aplikasi dan Penelitian. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.




DOI: https://doi.org/10.21831/jump.v4i1.50063

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan



Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats