Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Kinerja Guru di Madrasah Tsanawiyyah Swasta Bina Taruna Medan Marelan

Febri Nanda Monalisa, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Inom Nasution, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Eka Lestari, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Ihsan Saraini,
Lusi Maqfiroh,

Abstract


Abstrak: Penulis memilih judul Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Kinerja Guru Di MTs Swasta Bina Taruna Medan Marelan tujuannya yang pertama yaitu untuk mengetahui perencanaan program supervisi akademik di MTs Swasta Bina Taruna Medan Marelan, yang kedua untuk mengetahui pelaksanaan program supervise akademik di MTs Swasta Bina Taruna Medan Marelan, dan yang terakhir yaitu untu mengetahui evaluasi program supervisi akademik di MTs Swasta Bina Taruna Medan Marelan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang sifatnya deskriptif analitik yang mana diperoleh hasil pengamatan, wawancara, analisis dukumen, catatan lapangan dan tidak dibuat dalam bentuk angka. Penelitian ini dilakukan di MTs Swasta Bina Taruna Medan Marelan langsung melakukan wawancara dengan Kepala Madrasahnya. Dari hasil penelitian maka diperoleh bahwa 1) pelaksanaan supervisi yang dilakukan oleh Kepala Madrasah MTs Swasta Bina Taruna Medan Marelan dilaksanakan setiap sebulan sekali dan pelaksanaanya dilakukan secara bertahap pertama mengadakan musyawarah, kedua memeriksa kelengkapan perangkat pembelajaran, ketiga kunjungan kelas dan terkhir adanya tindak lanjut atau evaluasi setelah supervisi dilakukan, 2) pelaksanaan supervisi di MTs Swasta Bina Tuna Medan Marelan menggunakan teknik kunjungan kelas, 3) Evaluasi yang dilakukan Kepala Madrasah MTs Swasta Bina Taruna Medan Marelan untuk meningkatkan kinerja guru adalah melalui penilaian pembelajaran dengan pemantauan hasil ujian para siswa dan diharapkan melalui evaluasi ini guru lebih meningkatkan kinerjanya.


Keywords


kepala sekolah; supervisi akademik; kinerja guru

Full Text:

PDF

References


Arifah, K. (2015). Upaya meningkatkan kedisiplinan mengajar guru melalui supervisi akademik dengan teknik individual di SD Negeri Candirejo 01 Tahun 2014-2015. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 116-130.

Asmani, J. M. (2012). Tips efektif supervisi pendidikan sekolah. Yogyakarta: DIVA Press.

Asril, A. (2021). Pentingnya supervisi pendidikan dalam meningkatkan kompetensi profesional guru. Journal of Counseling, Education and Society, 2(2).

Aziz, R. (2016). Supervisi pendidikan. Yogyakarta: SIBUKU.

Barnawi dan Mohammad Arifin. (2014). Meningkatkan kinerja pengawas sekolah: upaya upgrade kapasitas kerja pengawas sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.

Dwikoranto, D. (2018). Peningkatan kinerja guru dalam proses pembelajaran melalui supervisi akademik di SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam, 7(2), 127-140.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33-54.

Hanief, M. (2016). Menggagas teknik supervisi klinik sebagai upaya peningkatan mutu pembelajaran. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2).

Hasanah, M. L., & Kristiawan, M. (2019). Supervisi Akademik dan bagaimana kinerja guru. Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 3(2), 97-112.

Karsiyem dan Muhammad Nur Wangid. (2015). Pelaksanaan supervisi akademik dalam peningkatan kinerja guru sekolah dasar Gugus II Sentolo Kulon Progo. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, (3)2, 203.

Kurniawan, D., Dwikurnaningsih, Y., & Sulasmono, B. S. (2018). Evaluasi program supervisi akademik di PAUD swasta. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 107-123.

Leniwati dan Yasir Arafat. (2017). Implementasi supervisi akademik kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja guru. JMKSP: Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan, (2)1, 109.

Maolana, A. D. (2018). Peningkatan kompetensi guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran melalui in house training. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(3), 953-969.

Masaong, A. K. (2012). Supervisi pembelajaran dan pengembangan kapasitas guru. Bandung: Alfabeta.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & SaldaƱa, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. 3rd.

Mulyasa. (2012). Manajemen dan kepemimpinan kepala sekolah. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Nampar, B. (2020). Upaya meningkatkan kompetensi guru dalam membuat rpp melalui supervisi akademik di SMP Negeri Satap Riung Barat Tahun Pelajaran 2018-2019. Warta Pendidikan| e-Journal, 4(12), 25-31.

Palakua, S. (2020). Peningkatan kinerja guru melalui supervisi akademik kepala sekolah. Jurnal Forum Pendidikan, 15(2), 230-237.

Pathiyah, A. (2021). Supervisi akademik untuk meningkatkan kinerja profesional guru IPA dalam pembelajaran. Jurnal Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan Kuningan, 2(2), 46-52.

Praditia, P., Kartakusumah, B., & Bisri, H. (2020). Supervisi akademik dalam upaya meningkatkan kinerja guru di sekolah menengah pertama negeri 3 Ciawi Kabupaten Bogor. TADBIR MUWAHHID, 4(2), 183-202.

Purwanto, N. (2010). Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Putra, S. R. (2013). Desain evaluasi belajar berbasis kinerja. Yogyakarta: DIVA Press.

Sahertian, P. A. (1981). Prinsip dan teknik supervisi pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Segiovanni, T.J. (2001). The principalship of reflective practice perspective. Boston: Allyn and Bacon.

Syafaruddin, d. (2012). Inovasi pendidikan: Suatu analisis terhadap kebijakan baru pendidikan. Medan: Perdana Publishing.

Syamsuddin. (2019). Penerapan supervisi akademik untuk meningkatkan kinerja guru. Jurnal Ilmiah pendidikan dan Pembelajaran , (3)2, 232.

Sastrohadiwiryo, B. Siswanto, 2003, Manajemen tenaga kerja Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Usman, N. (2007). Manajemen peningkatan kinerja guru. Bandung: Mutiara Ilmu.

Zulfakar, Z., Lian, B., & Fitria, H. (2020). Implementasi supervisi akademik dalam meningkatkan kinerja guru. JMKSP (Jurnal Manajemen,

Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 5(2), 230-244.




DOI: https://doi.org/10.21831/jump.v3i2.49239

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan



Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats