Strategi Pengembangan Kompetensi Profesional Guru Sekolah Menengah Atas

Fifit Firmadani, Universitas Tidar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan kompetensi profesional guru di Sekolah Menengah Atas di Kota Magelang. Penelitian menggunakan metode kualitatif yang mendeskripsikan mengenai strategi pengembangan kompetensi profesional guru. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 3 Magelang dan SMA Muhammadiyah 2 Kota Magelang. Informan pada penelitian ini yaitu dua kepala sekolah dan sepuluh orang guru di setiap sekolah. Teknik pengumpulan data melalui wawancara semi terstruktur dengan menggunakan triangulasi sumber sebagai teknik keabsahan data. Analisis data menggunakan teknik analisis Miles and Huberman dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yakni sekolah memilki strategi pengembangan kompetensi profesional guru SMA melalui optimalisasi Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dan Pelatihan kompetensi. MGMP dan pelatihan sangat berdampak bagi peningkatan kompetensi profesional guru. Selain itu, kepala sekolah juga berperan penting dalam peningkatan kompetensi profesional guru. Kontribusi kepala sekolah dioptimalkan melalui perannya sebagai educator, manager, administrator, leader, supervisor, inovator dan motivator. Kepala sekolah juga mengalokasikan anggaran, menciptakan pembaharuan, membangun iklim sekolah serta berinovasi untuk mendukung pengembangan kompetensi profesional guru. 


Keywords


strategi pengembangan; kompetensi guru; profesionalisme; guru SMA;

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Bandung: Rineka Cipta

Andriani, W. & Natsir, I. (2019). Peranan musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) terhadap kompetensi guru matematika di tingkat SMA. JURNAL KOULUTUS, 2(1), 61-75.

Bi Ying Hu, Liang Chen, and Xitao Fan. (2018). Profiles of teacher-child interaction quality in preschool classrooms and teachers ‟ professional competence features‟, Educational Psychology. Volume 38 Nomor 3.

Borg, W.R. & Gall, M.D. Gall. (1983). Educational research: an introduction, fifth edition. New York: Longman.

Dudung, A. (2018). Kompetensi profesional guru. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(1), 9-19.

Emas, K. (2017). Peran kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review Volume 1 Number 1.

Firman, F. (2016). Peranan MGMP dalam meningkatkan kinerja guru mata pelajaran pendidikan agama islam sma di kota balikpapan. JST (Jurnal Sains Terapan), 2(1).

Fitria, H., Kristiawan, M. & Rahmat, N. (2019). Upaya meningkatkan kompetensi guru melalui pelatihan penelitian tindakan kelas. Abdimas Unwahas, 4(1).

Gaol, N. T. L., & Siburian, P. (2018). Peran kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 66-73.

Ibda, H. (2017). Peningkatan kompetensi profesional guru sd/mi melalui menulis di media. Jurnal Tarbawi Volume 14 Nomor 1 hal. 46-62

Jatiningsih, O., Sari, M. M. K., Habibah, S. M., Setyowati, R. N., Yani, M. T., & Adi, A. S. (2018). Penguasaan kompetensi profesional guru oleh mahasiswa peserta praktik pengalaman pembelajaran‟. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan. Volume 15 Nomor 1.

Mantja, W. (2002). Manajemen pendidikan dan supervisi pengajaran. Malang: Wineka Media

Marce, S., Ahmad, S., & Eddy, S. (2020). Manajemen kepemimpinan kepala sekolah sebagai administrator dalam peningkatan kompetensi guru. Dawuh: Islamic Communication Journal, 1(3), 76-81.

Muhammad, H., & Yaumi, M. (2015). Pengembangan kinerja guru melalui penelitian tindakan kelas pada sma negeri di kota palopo. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Volume 18 Nomor 2

Payong, M. R. (2011). Sertifikasi profesi guru (konsep dasar, problematika dan implementasinya. Jakarta: PT. Indeks.

Nugroho, P.J. (2017). Pengembangan model pelatihan inovatif untuk meningkatkan kompetensi guru sekolah dasar daerah terpencil. Jurnal Sekolah Dasar Volume 26 Nomor 2 hal. 101-115

Pratama, L. D., & Lestari, W. (2020). Pengaruh pelatihan terhadap kompetensi pedagogik guru matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 278-285.

Priyatna, M. (2017). Manajemen pengembangan SDM pada lembaga pendidikan Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 5(09), 21.

Souza,U.J.A.D. & Kamarudin, D.M.D. (2018). Industrial revolution 4.0: role of universities. Borneo Journal of Medical Sciences (BJMS), 12(1)

Sugiyono. (2008). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sukanti. (2008). Meningkatkan kompetensi guru melalui pelaksanaan tindakan kelas. Jurnal Pendidikan Akutansi Indonesia, Vol. VI, No. 1.

Sumardi. (2012). Model pengembangan profesionalisme guru bahasa inggris berbasis evaluasi program musyawarah guru mata pelajaran. Jurnal Pendidikan Volume 13 Nomor 2 hal. 95-109

Supandi, A., Sahrazad, S., & Wibowo, A.N. (2020). Analisis kompetensi guru: pembelajaran revolusi industri 4.0. Prosiding SAMASTA: Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia.

Susanto, A. T., & Muhyadi, M. (2016). Peran kepala sekolah dalam pengembangan kompetensi guru di sekolah menengah pertama negeri. Jurnal akuntabilitas manajemen pendidikan, 4(2), 151-163.

Syahroni, M., Dianastiti, F. E., & Firmadani, F. (2020). Pelatihan media pembelajaran berbasis teknologi informasi untuk meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran jarak jauh. International Journal of Community Service Learning, 4(3), 170-178.

Tyagita, TBA. & Iriani, A. (2018). Strategi peningkatan kompetensi pedagogik guru untuk meningkatkan mutu sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 5 Nomor 2 hal. 165-176.

Utami, L.. (2015). Pengembangan kompetensi profesional guru melalui collaborative study group (CSG). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Wahyuni, R. & Istofa, D. N. (2022). Peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu kinerja guru di smks Islam Andalusia Bungo. (Doctoral dissertation, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi).

Wardhana, W. S. (2020). Strategi pengembangan kompetensi guru secara mandiri di era literasi digital. In Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia (SENASBASA) (Vol. 4, No. 1).

Windrawanto, Y. (2015). Pelatihan dalam rangka pengembangan keprofesian berkelanjutan guru: suatu tinjauan literatur. Satya Widya, 31(2), 90-101.

Yamnoon, S. (2018). Education 4.0, teaching and learning in 21 th century, Lobbury Thailand: Thepstri Rhajabat University

Yusuf, AR., & Mukhadis, A. (2018). Model pengembangan profesionalitas guru sesuai tuntutan revitalisasi pendidikan vokasi di indonesia. Lectura: Jurnal Pendidikan Volume 9 Nomor 2 hal. 130-139

Zubaidah, S. (2016). Keterampilan abad ke-21: keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran, Seminar Nasional Pendidikan dengan tema “Isu-isu Strategis Pembelajaran MIPA Abad 21, Sintang.




DOI: https://doi.org/10.21831/jump.v3i2.48045

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan



Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats