Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah oleh Guru pada Masa Pembelajaran Daring

Lia Yuliana, (Scopus ID: 57214097721) Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Syntia Indahsari Nurhasanah, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan perpustakaan sekolah oleh guru pada masa pembelajaran daring. Penelitian dilakukan di perpustakaan Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Berbah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data terdiri atas wawancara, observasi dan studi dokumen. Informan penelitian ini adalah guru mata pelajaran, pustakawan dan kepala perpustakaan. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek pemanfaatan sarana perpustakaan, guru menggunakan koleksi perpustakaan sebagai sumber informasi utama, pendukung dan rekreatif. Selain itu guru juga memanfaatkan bahan ajar lain dan alat peraga yang dimiliki perpustakaan untuk mendukung proses pembelajaran daring. Sedangkan layanan sirkulasi dan layanan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) menjadi layanan yang paling banyak dimanfaatkan oleh guru saat pembelajaran daring.


Keywords


pemanfaatan perpustakaan; pembelajaran daring; layanan perpustakaan;

Full Text:

PDF

References


Asmuni, A. (2020). Problematika pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 dan solusi pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281–288.

Bouazza, A., & Al-Mufaraji, M. N. (2005). Use of school libraries by teachers: The case of Oman. Libri, 55(2–3), 140–147. https://doi.org/10.1515/LIBR.2005.140

Decker, E. N. (2021). Reaching academic library users during the COVID-19 pandemic: New and adapted approaches in access services. Journal of Access Services, 18(2), 77–90. https://doi.org/10.1080/15367967.2021.1900740

Dees, D., Mayer, A., Morin, H., & Willis, E. (2010). Librarians as leaders in professional learning communities through technology, literacy, and collaboration. Library Media Connection, 29(2), 10–13. http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=lxh&AN=55094302〈=es&site=ehost-live

Fadhli, R., Bustari, M., Suharyadi, A., & Firdaus, F. M. (2021). Manajemen perpustakaan sekolah: Teori dan praktik. Pena Persada.

Fernando, F., Patrizia, G., & Tiziana, G. (2020). Online Learning and Emergency Remote Teaching : Opportunities and Challenges in Emergency Situations. Societies, 10(4), 1–18. www.mdpi.com/journal/societies

Gusti, S., Nurmiati, N., Muliana, M., Sulaiman, O. K., Ginantara, N. L. W. S. R., & Manuhutu, M. A. (2020). Belajar mandiri: Pembelajaran daring di tengah pandemi. In Yayasan Kita Menulis (Vol. 4, Issue 3). Yayasan Kita Menulis. http://marefateadyan.nashriyat.ir/node/150

Hamid, M. A., Ramadhani, R., Masrul, M., Juliana, J., Safitri, M.,

Munsarif, M., Jamaludin, J., & Simarmata, J. (2020). Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Handiningsih, A. (2015). Peran Layanan Perpustakaan Sekolah Dalam Menunjang Proses Pembelajaran Di SMK Negeri 20 Jakarta. UIN Syarif Hidayatullah.

Hermanto, Y. B., & Agustini, V. S. (2021). The challenges of online learning during the Covid-19 pandemic. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 54(1), 46–57.

Huberman, A. M., & Miles, M. B. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. SAGE Publications.

IFLA. (2020). COVID-19 and the global library field. International Federation of Library Associations and Institutions. https://www.ifla.org/covid-19-and-libraries

Igiriza, M., Fadhli, R., Adamy, Z., Ibrahim, C., & Dina, M. (2021). School Library Service Challenges to Support Distance Learning in The Pandemic: Experiences from High School Libraries in Yogyakarta, Indonesia. Library Philosophy and Practice, December, 1–12.

Kammer, J., King, M., Donahay, A., & Koeberl, H. (2021). Strategies for successful school librarian and teacher collaboration. School Library Research, 1–24.

Kapanka, H. (2021). School library media specialists: An evolving profession in a pandemic. IFLA Journal, May. https://doi.org/10.1177/03400352211011494

Kassymova, G. K., Arlinwibowo, J., Retnawati, H., & Kartowagiran, B. (2020). Distance Learning Policy in Indonesia for Facing Pandemic Covid-19: School Reaction and Lesson Plans. Journal of Theoretical and Applied Information Technology, 98, 2828–2838. https://www.researchgate.net/publication/344192629

Maulida, R., & Rohmiyati, Y. (2012). Pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai upaya mendukung peningkatan kompetensi guru (Studi kasus di SMA 1 Kajen Kabupaten. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 1(1), 140–148.

Medawar, K., & Tabet, M. (2020). Library collections and services during Covid-19: Qatar National Library experience . Alexandria: The Journal of National and International Library and Information Issues, 30(2–3), 178–190. https://doi.org/10.1177/0955749020986377

Megawati, M. (2016). Peranan perpustakaan sekolah dalam menunjang proses pembelajaran siswa-siswi di SMP Negeri 2 Pallangga Kabupaten Gowa. UIN Alauddin Makassar.

Nasrudin, N., & Maryadi, M. (2018). Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan Dalam Pembelajaran Di Sd. Jurnal Managemen Pendidikan, 2, 15–23.

Nurcahyono, Supriyanto, & Sumartini, E. S. (2015). Pedoman Umum Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. In Perpustakaan Nasional RI. Jakarta. Perpustakaan Nasional RI. https://scholar.google.com/scholar?q=perpustakaan&btnG=&hl=en&as_sdt=0%2C5#8

Pohan, A. E. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Sarnu Untung.

Rahayu, L., Anggraeni K, R., Sumiati, O., Makariam, L., & Permatasari, R. B. (2015). Layanan Perpustakaan. Universitas Terbuka.

Sari, N. M., & Setyadi, A. (2017). Pemanfaatan perpustakaan oleh guru IPS dalam menunjang kegiatan belajar-mengajar di SMA Negeri 2 Purbalingga. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(1), 311–320. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/23089

Sofyana, L., & Rozaq, A. (2019). Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas Pgri Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 8(1), 81. https://doi.org/10.23887/janapati.v8i1.17204

Suharti. (2020). Layanan Perpustakaan Di Masa Pandemi Covid 19. Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, 3(2), 53–63. https://journal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/17798

Syam, R. Z. A., Indah, R. N., & Fadhli, R. (2021). Perpustakaan sekolah sebagai sumber informasi guru dalam meningkatkan proses pembelajaran di Madrasah Aliyah. Pustabiblia: Journal of Library and Information Science, 5(1), 151–169. https://doi.org/10.18326/pustabiblia.v5i1.151-169

Umar, T. (2013). Perpustakaan sekolah dalam menanamkan budaya membaca. Khizanah Al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan, 1(2), 123–130. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/khizanah-al-hikmah/article/view/32

Umar, T., & Nasrullah, N. (2021). School librarians during the covid-19. Khizanah Al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan, 9(1), 68. https://doi.org/10.24252/v9i1a8

Wavell, C. (2001). The impact of the school library resource centre the impact of the school library resource centre. In Library and Information Commission Research Report 112. http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.129.471&rep=rep1&type=pdf

Yantiningsih, D., & Santoso. (2015). Menciptakan perpustakaan sebagai media pembelajaran yang tenang dan nyaman (studi di perpustakaan STAIN Kudus). LIBRARIA: Jurnal PerpustakaanJurnal Perpustakaan, 3(1), 110–124.

Yuliana, L., & Mardiyana, Z. (2021). Peran Pustakawan Terhadap Kualitas Layanan Perpustakaan. Jambura Journal of Educational Management, 2(1), 53–68. https://doi.org/10.37411/jjem.v2i1.526




DOI: https://doi.org/10.21831/jump.v3i2.47989

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan



Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats