Strategi Humas Meningkatkan Partisipasi Masyarakat dalam Kegiatan Sekolah

Diah Ayu Prabandari, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Ahmad Supriyanto, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Ahmad Yusuf Sobri, Universitas Negeri Malang
Rahmat Fadhli, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan kegiatan humas dalam meningkatkan partisipasi masyarakat. Penelitian ini menerapkan metode penelitian kualitatif. Penelitian dilakukan di Sekolah Menengah Pertama An-Nur Bululawang Kabupaten Malang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi serta dokumentasi. Teknik analisis data mengikuti model analisis data kualitatif Miles dan Huberman. Keabsahan data dicapai dengan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelibatan masyarakat dalam kegiatan sekolah dilakukan melalui kegiatan rutin dan kegiatan insidental. Media yang digunakan untuk berkomunikasi dengan masyarakat yaitu WhatsApp dan surat formal. Langkah kegiatan yang dilakukan meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan. Hasilnya yaitu citra sekolah yang baik serta terbangunnya komunikasi positif antara sekolah dengan masyarakat. Kendala yang dihadapi sekolah dalam meningkatkan partisipasi masyarakat yaitu kesibukan orang tua siswa.


Keywords


partisipasi masyarakat; hubungan masyarakat; strategi humas;

Full Text:

PDF

References


Aisyah, S. (2021). Peran manajemen berbasis sekolah dalam meningkatkan partisipasi masyarakat di MTS AL-Faaizun Watang Palakka. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9(1), 34-43.

Annur, S., & Audina, U. (2019). Peran humas dalam membangun citra sekolah berbudaya di Madrasah Aliyah Negeri 1 Palembang (Studi kasus terhadap peran humas dalam membangun citra di MAN 1 Palembang). Nuansa: Jurnal Studi Islam dan Kemasyarakatan, 12(2).

Ariyanti, N., & Prasetyo, M. A. M. (2021). Evaluasi manajemen hubungan masyarakat dan sekolah (studi kasus di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Falah Purwodadi Pasuruan). Idarah: Jurnal Pendidikan dan Kependidikan, 5(2), 103-126.

Ariyanti, N. S., Sobri, A. Y., & Kusumaningrum, D. E. (2018). Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan partisipasi masyarakat. JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 1(1), 1-6.

Benty, D. D. N., & Gunawan, I. (2015). Manajemen hubungan sekolah dan masyarakat. Malang: Universitas Negeri Malang.

Dhuhani, E. M. (2017). Manajemen humas dalam meningkatkan mutu madrasah studi kasus di Madrasah Ibtidiyah Terpadu (MIT) As-Salam Ambon. al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 167-189.

Elyus, D. S., & Sholeh, M. (2021). Strategi humas dalam meningkatkan citra sekolah di era pandemi covid 19. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9, 281-289.

Faridah, S. (2020). Strategi hubungan masyarakat (humas) dalam meningkatkan citra publik lembaga pendidikan pada masa pandemic covid-19. EDUSIANA: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 7(2), 129-139.

Hakim, M. N. (2019). Manajemen hubungan masyarakat dalam mengembangkan lembaga pendidikan (studi kasus di SMK Negeri 1 Dlanggu Mojokerto). Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 121-139.

Harini, I. N. (2014). Manajemen hubungan masyarakat dalam upaya peningkatan pencitraan sekolah (studi kasus di SMP Al Hikmah Surabaya). Inspirasi Manajemen Pendidikan, 4(4).

Indriani, D., Wiyono, B. B., & Sobri, A. Y. (2018). Manajemen hubungan sekolah dan masyarakat berbasis islam. JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 1(2), 179-187.

Imron, A. & Sumarsono, R. B. (2017). Manajemen masyarakat berbasis sekolah. Malang: Universitas Negeri Malang

Karimah, I. N. (2022). Manajemen humas dalam meningkatkan citra madrasah dan partisipasi masyarakat di MAN 3 Malang. Islamic Education Management Journal, 1(1), 32-44.

Kim, Y. (2009). Minority parental involvement and school barriers: Moving the focus away from deficiencies of parents. Educational research review, 4(2), 80-102.

Kiraina, F. P., & Haq, M. S. (2021). Peran humas dalam pemanfaatan website sekolah di masa pandemic covid-19. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(1), 75-86.

L’Etang, J., McKie, D., Snow, N., & Xifra, J. (2015). The routledge handbook of critical public relations. Routledge.

Lewis, L. L., Kim, Y. A., & Bey, J. A. (2011). Teaching practices and strategies to involve inner-city parents at home and in the school. Teaching and Teacher Education, 27(1), 221-234.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. 3rd.

Mulyadi, S. (2018). Perencanaan humas dan usaha membangun citra lembaga yang unggul. Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 2(2), 125.

Murdinia, W. (2021). Strategi kepala sekolah MTs Thabul Irsyad dalam menjalin hubungan antara sekolah dengan masyarakat. Jurnal Sosial Teknologi, 1(11), 1-364.

Normina, N. (2016). Partisipasi masyarakat dalam pendidikan. Ittihad, 14(26).

Nurul, N. (2018). Strategi manajemen humas dalam menyampaikan program unggulan madrasah. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 36-48.

Oakes, J., Lipton, M., Anderson, L., & Stillman, J. (2018). Teaching to change the world. Routledge.

Priandono, F. (2019). Manajemen humas pendidikan dalam upaya pencitraan sekolah di sekolah menengah kejuruan. At-Ta'lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 18(2), 391-410.

Sagala, H. S. (2008). Dukungan dan partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan khususnya di sekolah. Generasi Kampus, 1(2).

Sazali, H., & Sukriah, A. (2021). Pemanfaatan media sosial (instagram) oleh humas smau ct foundation sebagai media informasi dan publikasi dalam meningkatkan citra lembaga pendidikan. Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS), 10(2), 147-160.

Sumarsono, R. B. (2019). Upaya mewujudkan mutu pendidikan melalui partisipasi orangtua siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 24(2), 63-74.

Sumendap, R. (2021). Humas dalam membangun citra Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Tondano. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(3), 1435-1442.

Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan kombinasi. Bandung: Alfabeta.

Tajik, M. A., & Wali, A. (2020). Principals' strategies for increasing students' participation in school leadership in a rural, mountainous region in Pakistan. Improving Schools, 23(3), 245-263.

Takyi, H., Anin, E. K., & Asuo, Y. K. (2014). The challenges of effective community participation in district education strategic planning and implementation process in the Salaga Town Council of Ghana. International Journal of Business and Social Research, 4(2), 40-49.

Valentini, C. (2020). Trust research in public relations: an assessment of its conceptual, theoretical and methodological foundations. Corporate Communications: An International Journal.

Wiyono, B. B., Kusumaningrum, D. E., Triwiyanto, T., Sumarsono, R. B., Valdez, A. V., & Gunawan, I. (2019). The comparative analysis of using communication technology and direct techniques in building school public relation. 2019 5th International Conference on Education and Technology (ICET), 81–86. https://doi.org/10.1109/ICET48172.2019.8987220

Yuniarti, V. (2016). Aplikasi Manajemen humas dalam meningkatkan partisipasi masyarakat di MAN Malang 1. Sinteks: Jurnal Teknik, 5(1).

Zaini, A., Zakso, A., & Syukri, M. (2012). Partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(11).




DOI: https://doi.org/10.21831/jump.v3i2.45799

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan



Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats