Penerapan Aplikasi Database pada Kegiatan Manajemen Sekolah

Widia Murni Wijaya, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Zaenal Mutaqin Subekti, STMIK Bani Saleh, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan aplikasi database untuk mengolah data, pemenuhan kebutuhan sistem (hardware dan software), dan kebutuhan pengguna (brainware) untuk mendukung penerapan aplikasi database pada kegiatan manajemen sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mengamati dan mencatat fakta-fakta yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan di tiga sekolah menengah pertama negeri. Informan penelitian ini terdiri dari tenaga kependidikan dan pendidik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah-sekolah yang diteliti telah menerapkan aplikasi database untuk mengolah data pada kegiatan manajemen sekolah, pemenuhan kebutuhan sistem (hardware dan software) telah disesuaikan dengan perkembangan tren teknologi terbaru, dan pemenuhan kebutuhan pengguna (brainware) telah dikelola dengan baik melalui pelatihan yang berkesinambungan untuk meningkatkan kemampuan para tenaga kependidikan dan pendidik.


Keywords


database, kebutuhan sistem, kebutuhan pengguna, manajemen sekolah

Full Text:

PDF

References


Agustiandra, V., & Sabandi, A. (2019). Persepsi guru terhadap penerapan sistem informasi manajemen di sekolah menengah kejuruan (SMK) Negeri 3 Padang. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 8(1), 1–8.

Asmara, R. (2016). Sistem Informasi pengolahan data penanggulangan bencana pada kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal J-Click, 3(2), 80–91.

Batubara, H. H. (2017). Teknologi informasi dan komunikasi. Yogyakarta: Deepublish.

Budiwibowo, S., & Sudarmiani. (2019). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Andi.

Connolly, T., & Begg, C. (2010). Database Systems: A Practical approach to design implementation, and management. Boston: Pearson Education.

Creswell, J. W. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and mixed methods approaches. Thousand Oaks: SAGE Publication.

Enterprise, J. (2015). Mengenal Pemrograman database. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Indrajani. (2011). Perancangan basis data dalam all in 1. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Jayanti, N. K. D. A., & Sumiari, N. K. (2018). Teori basis data. Yogyakarta: Andi Offset.

Lubis, A. (2016). Basis data dasar. Yogyakarta: Deepublish.

Makiewicz, M., & Mitchell, D. (2014). Teacher trust in the principal: Factor structure and effects. In Trust and School Life. Dordrecht: Springer.

Merindasari, E., Widyaningtyas, T., & Arifin, M. Z. (2015). Sistem Informasi penilaian akademik siswa kurikulum 2013 berbasis web di SMAN 1 Trenggalek. In Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (SESINDO).

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2018). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. Thousand Oaks: SAGE Publication.

Minarni, & Susanti. (2014). Sistem Informasi inventory obat pada rumah sakit umum daerah (RSUD) Padang. Jurnal Momentum, 16(1), 105–106.

Nelson, S. W., & Guerra, P. L. (2014). Educator beliefs and cultural knowledge: Implications for school improvement efforts. Educational Administration Quarterly, 50(1), 67–95.

Nurdyansyah, & Widodo, A. (2017). Manajemen Sekolah berbasis ICT. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Pramono, T. (2013). Serial membangun database sekolah sistem informasi perpustakaan dengan microsoft access 2010. Yogyakarta: PT Skripta Media Creative.

Prasetyo, B., Pattiasiana, T. J., & Soetarmono, A. N. (2015). Perancangan dan pembuatan sistem informasi gudang (Studi Kasus : PT. PLN (Persero) Area Surabaya Barat). TEKNIKA, 4(1), 12–16.

Prasojo, L. D. (2014). Perancangan database sistem informasi manajemen pendidikan dengan DBMS microsoft (Access Dan SQL Server). Yogyakarta: UNY Press.

Ramakrishnan, R. (2018). Database management systems. New York: McGraw-Hill.

Rohiat, & Saridewi, A. (2008). Manajemen sekolah :teori dasar dan praktik. Bandung: Refika Aditama.

Stair, R. M., & Reynolds, G. W. (2016). Fundamentals of information systems. Boston: Cengage Learning.

Sucipto. (2017). Perancangan active database system pada sistem informasi pelayanan harga pasar. Jurnal INTENSIF, 1(1), 35–36.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r&d. Bandung: Alfabeta.

Surbakti, K. (2018). Kajian mengenai pentingnya basis data bagi sekolah saat ini. Jurnal Curere, 2(2), 133–141.

Swara, G. Y., & Pebriadi, Y. (2016). Rekayasa perangkat lunak pemesanan tiket bioskop berbasis web. Jurnal TEKNOIF, 4(2), 27–39.

Van Quaquebeke, N., Van Knippenberg, D., & Eckloff, T. (2011). Individual differences in the leader categorization to openness to influence relationship: The role of followers’ selfperception and social comparison orientation. Group Processes & Intergroup Relations, 14(5), 605–622.

Wijaya, W. M. (2016). Strategic information system planning: information systems required in vocational school models. In The 6th International Conference on Educational, Management, Administration and Leadership. Bandung: Atlantis Press.

Yama, S. F., & Setiyani, R. (2016). Pengaruh Pelatihan guru, kompetensi guru dan pemanfaatan sarana prasarana terhadap kesiapan guru prodi bisnis manajemen dalam implementasi kurikulum 2013. Economic Education Analysis Journal, 5(1), 85–99.

Yuhefizard. (2008). Database management menggunakan microsoft access 2003. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.




DOI: https://doi.org/10.21831/jump.v1i2.42352

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan



Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats