Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah Dasar Inpres di Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang

Nurfadillah Nurfadillah, Universitas Negeri Makassar, Indonesia
Andi Mappincara, Universitas Negeri Makassar, Indonesia
Andi Wahed, Universitas Negeri Makassar, Indonesia

Abstract


Penelitian ini mengkaji tentang peran manajerial kepala sekolah dalam peningkatan mutu di sekolah dasar (SD). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sumber data penelitian ini yaitu kepala sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles, Huberman, dan Saldana yang meliputi pengumpulan, kondensasi, penyajian, dan verifikasi data. Keabsahan data dicapai melalui trianggulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan: 1) keterampilan konsep yaitu menyusun visi, misi, tujuan, dan sasaran sekolah, 2) keterampilan teknis yaitu perencanaan, pengaturan, koordinasi, pengawasan dan pengendalian, 3) kemampuan membangun hubungan yaitu motivasi yaitu dengan cara memberikan penghargaan bagi guru yang berprestasi dan menanamkan semangat kerja.

Keywords


manajerial kepala sekolah, mutu sekolah

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2008). Evaluasi program pendidikan. PT Bumi Aksara. https://doi.org/10.1109/TEVC.2004.826389

Atmodiwirio, S. (2014). Manajemen pelatihan. Jakarta: Ardadizya Jaya.

Chaplin, C. P. (1989). Kamus lengkap psikologi. Jakarta: Rajawali Press.

Data Pokok Pendidikan Dasar dan menengah Direktorat Jenderal Pendidikan dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (n.d.). Retrieved from http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/sekolah/.

Fitrah, M. (2017). Peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Penjaminan Mutu. https://doi.org/10.25078/jpm.v3i1.90

Handoko, T. H. (2003). Manajemen edisi 2. Yogyakarta: BPFE.

Jabbar, C. S. A., dkk. (2016). Manajemen pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Mahardhani, A. J. (2015). Kepemimpinan ideal kepala sekolah. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran.

Moleong, L. J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative data analysis: a methods sourcebook. Thousand Oaks: SAGE Publications, Inc.

Mulyasa, E. (2005). Menjadi guru profesional menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan. In Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nursyifa, A. (2019). Kepemimpinan kepala sekolah dalam menghadapi era revolusi industri 4.0: perspektif sosiologi pendidikan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. https://doi.org/10.32493/jpkn.v6i2.y2019.p143-154

Oman, Faturohman. (2017). Faktor kunci keberhasilan komponen penyusunan manajemen perencanaan strategis sekolah. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 3(01), 77-89.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 20 tahun 2016 tentang standar kompetensi lulusan pendidikan dasar dan Menengah.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 tahun 2016 tentang standar proses pendidikan dasar dan menengah.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 6 Tahun 2018 tentang penugasan guru.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2015. Retrieved from http://elibrary.dprd.jatengprov.go.id/peraturan-pemerintah-republik-indonesia-nomor-13-tahun-2015.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah No.19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Siahaan, A., Rambe, A., & Mahidin. (2006). Manajemen pengawas pendidikan. Ciputat: Quantum Taching.

Stoner, A. F. (2006). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional




DOI: https://doi.org/10.21831/jump.v1i2.42349

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan



Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats