Penerapan Kurikulum Darurat dalam Pembelajaran Online di Madrasah Tsanawiyah pada Masa Pandemi Covid-19

Wina Octaviani, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia, Indonesia
Firsta Adilaturrahmah, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia, Indonesia
Aulia Nurul Aini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia, Indonesia

Abstract


Pemerintah mengeluarkan kebijakan baru untuk menghadapi kegiatan pembelajaran pada masa pandemi yakni dengan pembelajaran online. Dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran tersebut, pemerintah mengeluarkan kurikulum baru yakni kurikulum darurat sebagai penyederhanaan dari kurikulum sebelumnya sebagai pedoman dan panduan dalam pembelajaran online. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan kurikulum darurat di MTs Al-Amin Cikaso. Jenis penelitian ini yaitu penelitian studi kasus dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, pengamatan, dan studi dokumen. Instrumen penelitian antara lain pedoman wawancara, pedoman pengamatan, dan pedoman studi dokumen. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah : kepala sekolah, wakil kepada sekolah bagian kurikulum, guru, dan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) proses pembelajaran daring di MTs Al-Amin dengan menggunakan kurikulum darurat dilaksanakan melalui dua metode yaitu daring dan guling (guru keliling), (2) Tanggapan siswa mengenai kegiatan pembelajaran online antara lain, siswa merasa leih mandiri dalam proses pembelajaran, namun siswa kurang memahami materi yang diberikan oleh guru dan sering merasa mudah malas karena kegiatan pembelajaran yang membosankan. (3) Hambatan yang memengaruhi kegiatan pembelajaran, yaitu tidak semua siswa memiliki smartphone, faktor ekonomi orang tua, keterbatasan jaringan internet dan penguasaan teknologi, interaksi siswa dan guru yang kurang terkontrol, serta kurangnya motivasi belajar siswa. (4) Solusi untuk hambatan yang memengaruhi kegiatan pembelajaran adalah pemberian kuota gratis oleh pemerintah, diadakan pembelajaran guling, dan memberikan motivasi siswa untuk memaksimalkan kegiatan pembelajaran daring.


Keywords


kurikulum darurat, pembelajaran online, masa pandemi covid-19

Full Text:

PDF

References


Abidin et.al., (2020). Pembelajaran online berbasis proyek salah satu solusi kegiatan belajar mengajar di tengah pandemi covid-19. Jurnal Ilmiah Pofesi Pendidikan. 5(1), 64-70

Aji, R. H. S. (2020). Dampak covid-19 pada pendidikan di Indonesia: sekolah, keterampilan, dan proses pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial & Budaya Syar-i. 7(5), 395-402

Chodijah, I. (2020). Kurikulum darurat di masa pandemi covid-19. https://jendela.kemdikbud.go.id/v2/berita/detail/prasyarat-keberhasilan-penerapan-kurikulum-darurat-di-masa-pandemi-Covid-19

Dewi, W. A. F (2020). Dampak covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. 2(1), 55-61.

Kuntarto, E. (2017). Keefektifan model pembelajaran daring dalam perkuliahan bahasa Indonesia di perguruan tinggi. Journal Indonesian Language Education and Literature. 3(1), 99–110.

Kusumadewi, S. (2019). Pengembangan model manajemen kurikulum berbasis penguatan pendidikan karakter untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar. Refleksi Edutika : Jurnal Ilmiah Kependidikan. 10(1), 87-96.

Menteri Pendidikan (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang pelaksanaan pendidikan dalam masa darurat corona virus (covid-19).

Munajim, A, dkk (2020). Pengembangan kurikulum pembelajaran di masa darurat. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik. 4(2), 285-291.

Rosali, E. S. (2020). Aktifitas pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Siliwangi Tasikmalaya. GEOSEE: Jurnal Pendidikan Geografi Universitas Siliwangi. 1(1), 21-30.

Saleh, A. M. (2020). Problematika kebijakan pendidikan di tengah pandemi dan dampaknya terhadap proses pembelajaran di Indonesia. UIN Alauddin Makassar.

Mashabi, S. (2021). UPDATE 6 Januari: Sebaran 8.854 kasus baru covid-19, di DKI Jakarta 2.402 kasus di nasional.kompas.com (di akses 6 Januari)

Saragih, E. M., & Ansi, R. Y. (2020). Efektifitas penggunaan whatsapp group selama pandemi covid-19 bagi pelaku pendidik. Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu Universitas Asahan.

Siahaan, M. (2020). Dampak pandemi covid-19 terhadap dunia pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah. 1, 1-6

Zulfa, N. C., & Pardjono. (2013). Manajemen kurikulum madrasah aliyah program keagamaan MAN 1 Surakarta. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan. 1(2), 219-234.




DOI: https://doi.org/10.21831/jump.v4i1.38248

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan



Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats