Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Etos Kerja Guru dan Staf

Muhammad Luthfi Zharfan Fadhilah, Universitas Pendidikan Indonesia, Jawa Barat, Indonesia
Suryadi Suryadi, Universitas Pendidikan Indonesia, Jawa Barat, Indonesia
Abubakar Abubakar, Universitas Pendidikan Indonesia, Jawa Barat, Indonesia

Abstract


Kepemimpinan transformasional berfokus pada pencapaian perubahan nilai-nilai, kepercayaan, sikap, perilaku, emosional, dan kebutuhan staf menuju perubahan yang lebih baik di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap etos kerja guru dan staf. Sampel penelitian ini yaitu 56  guru dan staf di Sekolah Menengah Pertama Negeri 12 Bandung. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif  menggunakan  program Microsoft Excel 2016 dan SPSS 20 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan etos kerja guru beserta staf dengan nilai koefisien sebesar 0,370. Selain itu, gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah berpengaruh sebesar 13,7% terhadap etos kerja guru dan staf. Jika gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah ditingkatkan sebesar 53,483 maka nilai etos kerja guru dan staf akan bertambah sebesar 0,260. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penelitian ini merekomendasikan perlunya pengembangan dan penerapan kepemimpinan transformasional kepala sekolah. 


Keywords


kepemimpinan transformasional, kepemimpinan kepala sekolah, etos kerja

Full Text:

PDF

References


Anoraga, P. (1992). Psikologi kerja. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Carudin. (2011). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan iklim sekolah terhadap kinerja guru . Jurnal Administrasi Pendidikan.

Danim, S. (2004). Motivasi kepemimpinan dan efektivitas kelompok. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Daryanto. (2005). Evaluasi pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Dubrin, A. (2005). Leadership. Jakarta: Prenada Media.

Ng, T. W., Lam, S. S., & Feldman, D. C. (2016). Organizational citizenship behavior and counterproductive work behavior: Do males and females differ?. Journal of Vocational Behavior, 93, 11-32.

Pradana, M. A., & Bambang S. S. H. D. (2013). Pengaruh gaya kepemimpinan transformasional dan transaksional terhadap kinerja karyawan. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol 4. No 1. Agustus 2013. Halaman 1-11.

Rees, E. (2001). Seven principles of transformational leadership: creating a synergy of energy. New York: Sage.

Robbins, S.P. (2008). Perilaku organisasi. Jakarta: PT Indeks

Robbins, S. Dan Timothy A, J. (2010). Perilaku organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Rolasmana. M. (2013). Pengaruh gaya kepemimpinan, efektivitas pengambilan keputusan, dan pemberian kompensasi insentif terhadap kinerja karyawan bagian keuangan pada swalayan di tanjungpinang. Jurnal. tanjung pinang: Universitas maritim

Safaria, T. (2004). Kepemimpinan. Yogyakarta: PT. Graha Ilmu.

Soetopo, H. W. S. (2010). Pengantar operasional administrasi pendidikan. Surabaya: Usaha nasional.

Sinamo, J. (2005). Etos kerja profesional. Jakarta: PT. Spirit Mahardika.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wahjosumidjo. (2002). Kepemimpinan dan motivasi. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Yukl, G. (2010). Kepemimpinan dalam organisasi. Jakarta: PT.Indeks.




DOI: https://doi.org/10.21831/jump.v2i2.34635

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan



Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats