Manajemen Sarana Prasarana di Sekolah Dasar Negeri 1 Kota Prabumulih

Restika Manurung, Universitas PGRI Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia, Indonesia
Edi Harahap, Universitas PGRI Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia
Tahrun Tahrun, Universitas PGRI Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia, Indonesia
Aris Suharyadi, Universitas Negeri Yogyakarta, DIY, Indonesia, Indonesia

Abstract


Pada saat ini, salah satu faktor yang menentukan mutu pendidikan di Indonesia adalah sarana dan prasarana. Sarana dan prasarana pendidikan dapat membantu siswa belajar dengan nyaman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen sarana dan prasarana di Sekolah Dasar (SD) Negeri 1 Prabumulih, kendala yang dihadapi, dan solusi untuk mengatasi kendala tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan  wawancara, observasi, dan dokumentasi. Responden penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan staf tata usaha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengadaan sarana dan prasarana memprioritaskan pembangunan sanitasi. Manajemen sarana prasarana yang meliputi perencanaan, pengadaan, penggunaan, pemeliharaan, dan penghapusan sarana prasarana telah berjalan dengan baik. Kendala yang dihadapi yaitu kurangnya dana yang diperlukan untuk proses pengadaan dan kurangnya tenaga tata usaha dalam proses pengelolaan manajemen sarana dan prasarana.


Keywords


sarana dan prasarana pendidikan, manajemen sarana prasarana

Full Text:

PDF

References


Abidin, A. A. (2017). Manajemen pembiayaan pendidikan tinggi dalam upaya peningkatan mutu (Studi kasus pada perguruan tinggi swasta menengah di Surabaya). Jurnal Penjaminan Mutu, 3(1), 87-99.

Ananda, R., & Banurea, O. K. (2017). Manajemen sarana dan prasarana pendidikan. Bandung: Rosdi Karya

Asiabaka, I. P. (2008). The need for effective facility management in schools in nigeria. New York Science Journal, 10, 10-21

Awaludin, A., & Saputra, E. (2016). Sistem informasi manajemen sarana prasarana sekolah (studi kasus: dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten siak). Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, 2(2), 6-13.

Bafadal, I. (2018). Manajemen implementasi kurikulum dan pembelajaran berbasis tauhid dalam pembentukan karakter peserta didik. Jurnal Adminitrasi dan Manajemen Pendidikan, 1(2), 188–197.

Convelo G. Cevilla, et al,. (2013). Pengantar metode penelitian. Jakarta: Universitas Indonesia.

Dady, F., Ilat, V., & Pontoh, W. (2017). Analisis sistem akuntansi dan prosedur pembayaran klaim jaminan kematian pada pt. taspen (persero) cabang manado. Jurnal Riset Akuntansi Going Concern, 12(1), 63–72.

Darmawan, B. (2016). Pengaruh layanan pembelajaran, sarana-prasarana, kerjasama institusi, dan pemasaran lulusan terhadap kepuasaan siswa. Jurnal Administrasi Pendidikan, 23(1).

Irwandani, dkk. (2017). Modul digital interaktif berbasis articulate studio’13 : pengembangan pada materi gerak melingkar kelas x. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 06(2), 221–231. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v6i2.1862.

Komariah, N. (2018). Implementasi fungsi manajemen pendidikan di sdi wirausaha indonesia. Jurnal Perspektif, 16(1), 107–112.

Kristiawan, M. (2017). Manajemen pendidikan. Yogyakarta: Budi Utama.

Lestari, I. (2015). Manajemen sarana dan prasarana di pendidikan anak usia dini. Jurnal Manajemen Pendidikan. 25(5), 376-382.

Milles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis data kualitatif: buku sumber tentang metode-metode baru. Jakarta: UIP.

Moleong, L, J. (2011) metodologi penelitian kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Mulyani, A. (2012). Pengaruh kinerja kepala sekolah dan kinerja guru terhadap mutu pembelajaran pada smk sekabupaten purwakarta. Jurnal Administrasi Pendidikan, 14(1), 86-92.

Nur, D., Sari, A., Bafadal, I., Wiyono, B. B., & Malang, U. N. (2018). Implementasi manajemen berbasis sekolah. Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 1(2), 213–221.

Rukayat, Y. (2018). Kualitas pelayanan publik bidang administrasi kependudukan di kecamatan pasirjambu. Jurnal Ilmiah Magister Administrasi, 11(2).

Setiawan, D. F. (2016). Relevansi rencana pembelajaran dalam international standar organisation (iso) 9001:2008 terhadap rencana pembelajaran dalam standar proses sekolah menengah kejuruan (Smk). Jurnal Equilibria Pendidikan, 1(1), 13–26.

Saebani., & Ahmad, B. (2012). Ilmu pendidikan islam. Bandung: Pustaka Setia.

Sugiyono. (2010). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan r&d. Bandung: Alfabeta.

Suharyadi, A., & Jabar, C. S. A. (2016). Evaluasi program BSE (buku sekolah elektronik) di SMP negeri kota Yogyakarta. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 4(1), 33. https://doi.org/10.21831/amp.v4i1.7625

Sujarweni, V. W. (2014). Metode penelitian: Lengkap, praktis, dan mudah dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Tafsir, Ahmad. (2010). Ilmu pendidikan dalam persepektif islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Torlakson, T. (2011). A blueprint for great schools. California: State Superinten- dent of Public Instruction California Department of Education.




DOI: https://doi.org/10.21831/jump.v2i2.33747

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan



Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats