Kebijakan Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Efektivitas Kinerja Guru

Zaenab Hanim, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur, Indonesia, Indonesia
Dian Septiana Sari, Madrasah Ibtidaiyah Ar Rahmah Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia, Indonesia
Rahmat Soe’oed, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur, Indonesia, Indonesia

Abstract


Penelitian ini dimaksudkan untuk menguraikan 1) kebijakan kepemimpinan dalam meningkatkan efektivitas kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah (Sekolah Dasar); 2) kendala kebijakan kepemimpinan yang menghalangi efektivitas kinerja guru di dalamnya; dan 3) solusi berdasarkan teori kepemimpinan yang dapat meningkatkan efektivitas kinerja guru. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah dengan 3 informan yang terdiri dari kepala sekolah, guru PNS dan Non-PNS. Temuan penelitian menunjukkan bahwa 1) kebijakan kepemimpinan kepala sekolah dalam menyelesaikan masalah sekolah dengan merekrut guru tambahan, berbagi jam mengajar dengan guru yang baru direkrut dan memberikan tugas administratif kepada pekerja administrasi untuk meningkatkan efektivitas kinerja guru. Kebijakan kepala sekolah memengaruhi kinerja beberapa guru; 2) kendala manajemen sekolah yang dihadapi oleh kepala sekolah dalam pengambilan keputusan disebabkan oleh beberapa guru dan pekerja administrasi yang tidak disiplin, tidak mampu, dan tidak terampil; dan 3) solusi yang dibuat oleh kepala sekolah untuk meningkatkan efektivitas kinerja guru termasuk partisipasi guru dalam setiap kegiatan sekolah yang dapat meningkatkan kinerja guru. Untuk meningkatkan kinerja guru, guru yang lebih aktif dan kreatif diberikan hadiah tambahan finansial sementara guru yang tidak mampu dan tidak terampil dikirim untuk mengikuti pelatihan pengetahuan, keterampilan, dan peningkatan kompetensi


Keywords


kinerja guru; kebijakan; kepemimpinan;

Full Text:

PDF

References


Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan validitas data melalui triangulasi pada penelitian kualitatif. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 46-62.

Bakry, A. (2010). Kebijakan Pendidikan Sebagai Kebijakan Publik. Jurnal Medtek, 2(1), 1-13.

Bush, T. (2007). Educational leadership and management: Theory, policy and practice. South African journal of education. 27(3), 391-406.

Darling-Hammond, L., Holtzman, D. J., Gatlin, S. J., & Heilig, J. V. (2005). Does teacher preparation matter? Evidence about teacher certification, Teach for America, and teacher effectiveness. Education policy analysis archive, 13 (42).

Ekosiswoyo, R. (2016). Kepemimpinan kepala sekolah yang efektif kunci pencapaian kualitas pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, 14 (2).

Hasibuan, S.M. (2001). Pengaruh Kepemimpinan, Lingkungan Kerja, dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja. Jurnal Magister Manajemen, 1 (1), 71-80.

Hidayat, Z. (2016). Pengaruh Stres dan Kelelahan Kerja Terhadap Kinerja Guru SMPN 2 Sukodono di Kabupaten Lumajang. Wiga: Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi, 6(1), 36-44.

Karweti, E. (2010). Pengaruh kemampuan manajerial kepala sekolah dan faktor yang mempengaruhi motivasi kerja terhadap kinerja guru SLB di Kabupaten Subang. Jurnal penelitian pendidikan. 11 (2), 77-89.

Kimwarey, M. C., Chirure, H. N., & Omondi, M. (2014). Teacher empowerment in education practice: Strategies, constraints and suggestions. Journal of Research & Method in Education, 4(2), 51-56.

Kusuma, A. M., Budiwibowo, S., & Amah, N. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Komunikasi Internal terhadap Efektivitas Kerja Guru SMK PGRI Wonoasri. Assets: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan, 5(1), 41-52.

Maduratan, M. (2013). Peranan kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Efektivitas Kerja Guru dan Pegawai di Sekolah dasar negeri 015 Samarinda. Jurnal Administrasi Negara, 1(1).

Mangkunegara, A. P. (2000). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Bandung: Refika aditama.

Mukhtar, M. (2015). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada SMP Negeri Di Kecamatan Masjid Raya Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan Program Pascasarjana Unsyiah, 3 (3).

Mundiri, A. (2016). The Leadership of Headmaster In Building A Work Culture Based On Pesantren. In International Conference on Education and Training pp. 1-7.

Murwati, H. (2013). Pengaruh sertifikasi profesi guru terhadap motivasi kerja dan kinerja guru di smk negeri se-Surakarta. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi (BISE), 1(1), 1-10.

Nir, Adam. E., & Kranot, N. (2006). School Principal's Leadership Style and Teachers' Self-Efficacy. Planning and Changing, 37, 205-218.

O'Toole Jr, L. J. (2000). Research on policy implementation: Assessment and prospects. Journal of public administration research and theory, 10(2), 263-288.

Rahman, M. (2005). Pengaruh Kompetensi, Kompensasi, dan Latar Belakang Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 3 (2). 146-148.

Ramdhani, A., & Ramdhani, M. A. (2017). Konsep Umum Pelaksanaan Kebijakan Publik. Jurnal Publik, 11(1), 1-12.

Sanderson, I. (2002). Evaluation, policy learning and evidence‐based making. Public administration, 80(1), 1-22.

Setiyati, S. (2014). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, motivasi Kerja, dan budaya sekolah terhadap kinerja guru. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 22(2), 200-206.

Sulistiya, M. (2013). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Ekonomi IKIP Veteran Semarang, 1(2).

Susanto, H. (2012). Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru sekolah menengah kejuruan. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2 (2).

Suwitri, S. (2008). Konsep Dasar Kebijakan Publik. Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Taufan, J., & Mazhud, F. (2016). Kebijakan-kebijakan Kepala Sekolah Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif di Sekolah X Kota Jambi. Jurnal Penelitian Pendidikan, 14 (1).

Taylor, E. S.and Tyler, J. H. (2012). The effect of evaluation on teachers performance. American Economic Review, 102 (7), 3628-51.

Wahlstrom, K. L., & Louis, K. S. (2008). How teachers experience principal leadership: The roles of professional community, trust, efficacy, and shared responsibility. Educational administration quarterly, 44 (4), 458-495.




DOI: https://doi.org/10.21831/jump.v2i1.30672

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Manajemen Pendidikan



Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats