IMPROVING MATHEMATICAL WRITTEN COMMUNICATION SKILLS THROUGH THINK-TALK-WRITE STRATEGY

Supandi Supandi, Universitas PGRI Semarang, Indonesia
Dani Nur Rosvitasari,
Widya Kusumaningsih, Universitas PGRI Semarang

Abstract


PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI TERTULIS MATEMATIS MELALUI STRATEGI THINK-TALK-WRITE

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan komunikasi tertulis matematis siswa pada materi geometri. Indikator dari kemampuan komunikasi tertulis matematis adalah written text, drawing, dan mathematic expression. Strategi pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini yaitu strategi Think-Talk-Write (TTW). Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII A, VIII D, dan IX G SMP Negeri 8 Semarang Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan desain pretest-posttest control group design. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes tertulis. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes tertulis, penskoran tes tertulis dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan strategi TTW telah mencapai 83%, dengan nilai n-gain kelas eksperimen meningkat lebih besar dibanding di kelas kontrol. Hasil tersebut diperkuat dengan rata-rata perolehan skor kemampuan komunikasi tertulis matematis siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran TTW mampu meningkatkan kemampuan komunikasi tertulis matematis.
Kata kunci: komunikasi tertulis, komunikasi matematis, Think-Talk-Write (TTW)

Abstract

This study was aimed at determining the improvement of students’ written mathematical communication skills on geometry material. The indicators of written mathematical abilitiesarewritten texts, drawing, and mathematic expressions. The learning process used theThink-Talk-Write (TTW) strategy. The sample of the study includedthe students of class VIII A, VIII D, and IX G of SMP Negeri 8 Semarang of the Academic Year 2016/2017. Thestudy useda pretest-posttest control group design. The data were collected using observation and a written test. The research instruments were a written test, written-test scores, and questionnaires. The results show that the percentage of students’ completeness in the experimental class using the TTW strategy reaches 83%, with the n-gain of the experimental class higher than that in the control class. The results are reinforced by the score average of students’ written communication skills which is higher than the control class. The TTW learning strategy is able to improve the ability of mathematical written communication.
Keywords: written communication, mathematical communication, Think-Talk-Write (TTW)


Keywords


written communication, mathematical communication, Think-Talk-Write (TTW)

Full Text:

PDF

References


Arifin, A. T., Kartono, & Sutarto, H. (2014). Keefektifan strategi pembelajaran react pada kemampuan siswa kelas vii aspek komunikasi matematis. Jurnal Kreano, 5(1), 91-98. Diunduh dari http://www.download.portalgaruda.org.
Awang, H., & Daud, Z. (2015). Improving a communication skill through the learning approach towards the environment of engineering classroom. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 195, 480-486. Diunduh dari http://www.sciencedirect.com/.
Chandra, S. R., Fauzan, A., & Helma. (2014). Pengaruh model pembelajaran tipe think talk write dan gender terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMPN 12 Padang. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 35-40. Diunduh dari http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pmat/ article/view/1217/909.
Darminto, P. Y. (2013). Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa melalui pembelajaran model triffanger. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 1(2), 101-107. Diunduh dari https://journal.uny. ac.id/ index.php/jpms/ article/view/2476/2064.
Elida, N. (2012). Meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa sekolah menengah pertama melalui pembelajaran think-talk-write (TTW). Infinity Journal, 1(2), 178-185. Diunduh dari https://journal.stkipsiliwangi. ac.id.
Fadilah, Armanto, D., & Panjaitan, A. (2012). Kemampuan komuniksi matematis siswa sekolah menengah pertama dan madrasah tsanawiyah pada materi fungsi di P. Brandan Kabupaten Langkat. Jurnal Pendidikan Matematika PARADIGMA, 5(2), 117-127. Diunduh dari http://jurnal.unimed.ac.id/2012/ index.php/paradikma/article/view/1087/846.
Harahap, R., Dewi, I., & Sumarno,. (2012). Perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi dan koneksi matematis siswa melalui pembelajaran kontekstual dengan kooperatif tipe STAD. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 186-204. Diunduh dari: http://www.download.portalgaruda.org/article.php.
Hendriana, H. (2014). Meningkatkan kemampuan matematik siswa melalui pembelajaran berbasis masalah dan strategi think talk and write. Edusentris, Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 27-38. Diunduh dari, http://ejournal.sps.upi.edu/index.php/edusentris/article/download/132/102.
Khashefi, H., Ismail, Z., & Yusof, Y. M. (2012). The impact of blended learning on communication skills and teamwork of engineering students in multivariable calculus. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 56(2012), 341-347. Diunduh dari http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/ S1877042812041249.
Klimova, B. F. (2013). Developing thinking skills in the course of academic writing. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 93, 508-511. Diunduh dari http://www.sciencedirect.com/.
Kurnia, B., & Bahtiar. (2015). Pengaruh strategi think-talk-write (TTW) Berbasis kontekstual terhadap keterampilan proses sains. BIOTA: Jurnal Tadris, 8(1), 43-54. Diunduh dari: http://www.ejurnal.iainmataram.ac.id.
Mahmudi, A. (2009). Komunikasi dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal MIPMIPA UNHALU, 8(1), 1-9.
Majid, A. (2014). Strategi pembelajaran. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Martunis, Ikhsan, M., & Rizal, S. (2014). Meningkatkan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis siswa sekolah menengah atas melalui model pembelajaran generatif. Jurnal Didaktik Matematika, 1(2), 75-84. Diunduh dari http://jurnal.unsyiah.ac.id/DM/article/view/2079/2033.
Mayasari, D., & Mulyati, S. (2012). Penerapan model pembelajaran kooperatif two stay two stray untuk meningkatkan komunikasi matematis tertulis siswa kelas XI IPA 5 SMAN 1 Purwosari Pasuruan. Jurnal Online Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Malang, 1(2), 1-10. Diunduh dari:, (http://jurnal-online.um.ac.id/data/artikel/artikelEEA1F0CF37BDA5639F 120B941C8A8508.pdf).
Nadhiroh, H., Jamiah Y., & Yani, A. (2015). Model pembelajaran TTW dan TPS terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dalam materi bangun datar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(9), 10703-10716. Diunduh dari: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/11286.
National Council of Teachers of Mathematics. (2003). NCATE/NCTM Program Standards. Programs for Initial Preparation of Mathematics Teachers. Diunduh dari: https://www.nctm.org/uploadedFiles/Standards_and_ Positions/CAEP_Standards/NCTMSECONStandards.pdf.
Nuraeni, R., Luritawaty, I. P. (2016). Mengembangkan kemampuan mate-matik siswa melalui strategi think talk write. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 9-20. Diunduh dari: http://jurnalmtk.stkip-garut.ac.id/data/edisi8/vol2/ Reni.pdf.
Purnomo, Y. W. (2011). Keefektifan model penemuan terbimbingdan cooperative learningpada pembelajaran matematika. Jurnal Kependidikan, 41(1), 37-54. Diunduh dari http://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/view/1916.
Rahman, R. A,, Yusof, Y.M., Kashefi, H., & Baharun, S. (2012). Developing mathematical communication skills of engineering students. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 46, 5541–5547. Diunduh dari: http://www.sciencedirect.com/.
Ramellan, P., Musdi, E., & Armiati. (2012). Kemampuan komunikasi matematis dan pembelajaran interaktif, Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1) Part 2, 77-82, Diunduh dari: http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pmat/article/ download/1224/91.
Sugiarti, N. L. P. Y., Putra, I. K. A., & Abadi, I. B. G. S. (2014). Pengaruh model pembelajaran TTW (think talk write) berbantuan media gambar berseri terhadap keterampilan menulis bahasa Indonesia. e-Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 2676-2686. Diunduh dari: http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/3220/2676.
Sumirat, L. A., (2014). Efektifitas strategi pembelajaran kooperatif tipe think-talk-write (TTW) terhadap kemampuan komunikasi dan disposisi matematis siswa. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 1(2), 21-29. Diunduh dari: http://pasca.ut.ac.id/journal/index.php/JPK/article/viewFile/56/56.
Sutiman, Wiyarsi, A., & Priyambodo, E. (2014). Efektivitas pembelajaran kooperatif dalam meningkatkan aktivitas dan motivasi belajar maha-siswa pada perkuliahan filsafat ilmu. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 2(1), 51-64. Diunduh dari: https://journal.uny.ac.id/index.php/jpms/article/viewFile/3892/.
Trimurtini. (2009). Implementasi model cooperative learning berbantuan komputer dalam pembelajaran pen-didikan matematika I pada mahasiswa PGSD. Jurnal Kependidikan, 39(2), 119-128. Diunduh dari http://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/view/208.
Yamin, H. M., & Ansari, B. I. (2009). Taktik mengembangkan kemampuan individual siswa. Jakarta: Gaung Persada Press.
Zaini, A., & Marsigit. (2014). Perbandingan keefektifan pembelajaran matematika dengan pendekatan matematika realistik dan konvensional ditinjau dari kemampuan penalaran dan komunikasi matematik siswa. Jurnal Riset Pen-didikan Matematika, 1(2), 152-163. Diunduh dari: http://download. portalgaruda.org/article.php.




DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v1i2.9928

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JURNAL KEPENDIDIKAN



p-ISSN: 2580-5525 || e-ISSN: 2580-5533

Indexed by:

          


Creative Commons License

Jurnal Kependidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jk is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Journal Stats