PENGARUH PENERAPAN ASYNCHRONOUS LEARNING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR

Siswanto Siswanto, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
M. Abdul Rohman Kartanagara, Universitas Negeri Yogyakarta
Su-Chuan Liu, Department of Marketing and Logistics Management Chaoyang University of Technology Taiwan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Asynchronous Learning dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Administrasi Pajak peserta didik kelas XII Akuntansi Sekolah Menengan Kejuruan. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post-facto dengan pendekatan kuatitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII Jurusan Akuntansi Keuangan dan Lembaga sejumlah 162 peserta didik dan jumlah sampel yang diambil sebanyak 64 siswa.  Metode pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner. Uji prasyarat analisis data meliputi uji Normalitas, linearitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara penerapan Asynchronous learning terhadap hasil belajar administrasi pajak. Adanya pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar administrasi pajak. Hasil penelitian juga menunjukkan pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama antara penerapan Asynchronous learning dan motivasi belajar terhadap terhadap hasil belajar administrasi pajak. 

THE EFFECT OF ASYNCHRONOUS LEARNING IMPLEMENTATION AND LEARNING MOTIVATION TOWARD LEARNING OUTCOMES  

Abstract
This study aimed to determine the effect of the application of Asynchronous Learning and Learning Motivation on Tax Administration Learning Outcomes for Class XII Accounting Vocational High School students. This research was an ex-post-facto research with a quantitative approach. The population in this study were all students of class XII of the Department of Financial Accounting and Institutions with a total of 162 students and the number of samples taken as many as 64 students. The data collection method used a questionnaire/questionnaire. Prerequisite tests of data analysis included normality, linearity, multicollinearity, and heteroscedasticity tests. The data analysis techniques used in this research were simple regression analysis and multiple regression analysis. The results showed that there was a positive and significant effect between the application of Asynchronous Learning on the learning outcomes of tax administration. There is a positive and significant influence between learning motivation on tax administration learning outcomes. The results also show a positive and significant effect jointly between the application of Asynchronous learning and learning motivation on the learning outcomes of tax administration


Keywords


asynchronous learning, motivasi belajar, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti. U., & Soleha, N. M. (2019). Pentingnya pendidikan bagi manusia. Jurnal Buana Pengabdian, 1(1), 66-72. https://journal.ubpkarawang.ac.id/index.php/JurnalBuanaPengabdian/article/view/581/537.

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan pembelajaran. Rineka Cipta

Emda, A. (2017). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida Journal. 5(2), 93-196. https://jurnal.araniry.ac.id/index.php/lantanida/article/view/2838/2064.

Fadilah, A. I., Munoto, & Nurlaela, L. (2014). Pengaruh media pembelajaran (E-learning moodle, LKS) dan motivasi terhadap hasil belajar pengoperasian perangkat lunak lembar sebar di SMKN 1 Mojokerto. Jurnal Pendidikan Vokasi: Teori dan Praktek, 2(1). 12-19. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/pendidikan-avokasi-teori-dan-prak/article/view/8696.

Falah, A. (2015). Studi analisis aspek-aspek keberhasilan pembelajaran pendidikan agama Islam di SDN 1 Karangmalang Gebog Kudus. Elementary, 3(1), 171-195. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/elementary/article/view/1449/1325.

Farah, R. N., Tarmizee, M., Abd Rahman, K., & Zuraida, R. L. (2018). Orthogonal Projector Kit (OPK) as a new teaching aids with innovation ICT in teaching and learning 21st Century. Journal of Fundamental and Applied Sciences, 10(3S), 338-344.

Fauziyah, S., & Triyono, M. B. (2020). Pengaruh e-learning edmodo dengan model blended learning terhadap minat belajar. Jurnal kependidikan, 4(01), 112-124. https://journal.-uny.ac.id/index.php/jk/article/view/27562/pdf.

Ferismayanti. (2020, 20 Mei). Meningkat-kan motivasi belajar siswa pada pembelajaran online akibat pandemi Covid-19. https://lpmplampung.kemdikbud.go.id/.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Ke-budayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan.

Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Diseas (Covid-19).

Kunandar. (2014). Penilaian autentik (Penilaian hasil belajar peserta didik berdarsarkan Kurikulum 2013). Raja Grafindo Persada.

Kurniawan, B., Wihara, O. & Permana, T. (2017). Studi analisis faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar pada mata pelajaran teknik listrik dasar otomotif. Journal of Mechanical Engineering Education, 4(2), 156-162. https://ejournal.upi.edu/index.php/jmee/article/view/9627.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Pendidikan Nasional.

Muchlis, M., Fahmi, I., & Krisanti, M. (2018). Strategi peningkatan penerapan metode pembelajaran e-learning pada program sarjana. Jurnal kependidikan, 2(1), 141-152. https://journal.uny.ac.id/in-dex.hp/jk/article/view/9578.

Mulyani. (2013). Pengaruh pembelajaran berbasis e-learning terhadap hasil belajar siswa pada konsep impuls dan momentum (Skripsi tidak diterbitkan). UIN Syarifhidayatullah, Jakarta.

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. Analisa pemanfatan teknologi informasi dalam pembelajaran jarak jauh di tengah pandemi virus corona Covid-19. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting, and Research), 4(02), 30-36. http://journal.stmi-kjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/181.

Sindu, I. G. P., Santyasa, I. W., & Warpala, I. W. S. (2013). Pengaruh model e-learning berbasis masalah dan motivasi belajar terhadap hasil belajar KKPI siswa kelas X di SMK Negeri 2 Singaraja. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 3(1).

Siregar, E., & Nara, H. (2010). Teori belajar dan pembelajaran. Ghalia Indonesia.

Sudjana, N. (2013). Penilaian hasil proses belajar mengajar. PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono.(2010). Metode penelitian pendidikan. Alfabeta.

Supina. (2013). Pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa kelas XC pada mata pelajaran ekonomi di SMA (Skripsi tidak diterbitkan). Universitas Tanjungpura, Pontianak. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/3330.

Suprihatin, S. (2015). Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 73-82.

Tiurma, L., & Retnawati, H. (2014). Keefektifan pembelajaran multimedia materi dimensi tiga ditinjau dari prestasi dan minat belajar matematika di SMA. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 44(2).




DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v5i1.39420

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

p-ISSN: 2580-5525 || e-ISSN: 2580-5533

Indexed by:

          


Creative Commons License

Jurnal Kependidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jk is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Journal Stats