BLENDED LEARNING: THE EFFECTIVENESS OF SCHOOLOGY BASED E-LEARNING ON MATHEMATIC COMMUNICATION ABILITY

Setiyani Setiyani, Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon, Indonesia

Abstract


BLENDED LEARNING: KEEFEKTIFAN E-LEARNING BERBASIS SCHOOLOGY TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas e-learning berbasis schoology terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SMP pada materi Sistem Persaman Linier Dua Variabel (SPLDV). Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII salah satu SMP di Kota Cirebon. Sampel terdiri atas kelas VIII-B2 sebagai kelas eksperimen yang menerapkan schoology dan VIII-C2 sebagai kelas kontrol tanpa menggunakan schoology. Adapun proses pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes kemampuan komunikasi matematis dan angket respons. Data dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji-t, dan uji gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis kelas eksperimen yang menggunakan schoology lebih baik daripada tanpa menggunakan schoology. Hasil rata-rata N-gain yang diperoleh sebesar 0,68 dan berada pada kategori peningkatan sedang. Siswa memiliki respons positif terhadap pembelajaran menggunakan schoology. Melalui aplikasi schoology, siswa belajar secara berkelanjutan tanpa terbatas oleh ruang kelas dan efektif digunakan sebagai media dalam pembelajaran.

Abstract

This study was aimed at determining the effectiveness of schoology based e-learning on the mathematical communication ability of junior high school students on the Linier Equation System of Two Variables (LESTV). The population in this study were all students of class VIII junior high school in Cirebon. The sample consisted of two classes, VIII-B2 as an experimental class applying schoology and VIII-C2 as a control class without using schoology. The sampling process used purposive sampling technique. This type of research used was a quasi-experimental design with Nonequivalent Control Group Design. The data collection techniques were carried out by tests of mathematical communication skills and response questionnaires. The data were analyzed using normality test, homogeneity test, t-test, and gain test. The results show that the students of experimental class that use schoology have higher ability than the students of the control class. The average N-gain obtained is 0.68 and as moderate category. The students have a positive response to learning using schoology. Through the schoology application, students allow to learn continuously without being limited by the classroom and effectively used as a medium in learning.


Keywords


schoology, blended learning, LESTV

Full Text:

PDF

References


Aminoto, T. (2014). Penerapan media e-learning berbasis schoology untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar materi usaha dan energi di kelas XI SMA N 10 Kota Jambi. Sainmatika: Jurnal Sains dan Matematika Universitas Jambi, 8(1).

Abidin, Z., & Purbawanto, S. (2015). Pemahaman siswa terhadap peman-faatan media pembelajaran berbasis livewire pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Kelas X Jurusan Audio Video di SMK Negeri 4 Semarang. Edu Elektrika Journal, 4(1), 38-49.

Hamalik, O. (2013). Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard skills dan soft skills matematik siswa. Bandung: Refika Aditama.

Hilliard, T. A. (2015). Global blended learning practices for teaching and learning, leadership and professional development. Journal of International Education Research, 11(3), 179-188.

Lestari, E. K., & Yudhanegara, R. M. (2015). Metode penelitian pendidikan matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.

Mason, R., & Rennie, F. (2010). E-learning, Panduan lengkap memahami dunia digital dan internet. Yogyakarta: Pustaka Baca.

Mutaqin A, Marethi I., &Syamsuri. (2016). Model blended learning di Program Studi Pendidikan Matematika. Cakra-wala Pendidikan, 35(1), 134-141.

Muhtia, A., Suparno, S., & Sumardi, S. (2018). Blended learning using schoology as an online learning platform: Potentials and challenges. English Language and Literature International Conference (ELLiC) Proceedings, 2, 171-175.

Nasrullah, N., & Baharman, B. (2017). Pengaruh SMP virtual terhadap kemampuan penalaran dan komunikasi siswa dalam pembelajaran matematika. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian UNM, 2(1), 662-666.

Natalia, E., Nyeneng, I. D. P., & Suyatna, A. (2016). Pengembangan e-learning dengan schoology pada materi dinamika benda tegar. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(3).

Raharja, S. (2011). Model pembelajaran berbasis learning management system dengan pengembangan software moodle di SMA Negeri Kota Yogya-karta. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 41(1), 34-44.

Putra, P. D. A., & Sudarti, S. (2015). Real life video evaluation dengan sistem e-learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis maha-siswa. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 45(1), 76-89.

Retnawati H. (2015). Hambatan guru matematika sekolah menengah per-tama dalam menerapkan kurikulum baru. Cakrawala Pendidikan, 34(3), 390-403.

Riduwan. (2014). Dasar-dasar statistika. Bandung. Alfabeta

Riyadi, A. S. (2011). Pengembangan media pembelajaran berbasis komputer untuk mata diklat mengoperasikan mesin CNC dasar di SMK Negeri 2 Depok Sleman Yogyakarta (Skripsi tidak diterbitkan). UNY, Yogyakarta.

Riyana, C. (2017). Peranan teknologi dalam pembelajaran. Diunduh dari https://www.researchgate.net/publication/242646955.

Rusman, Kurniawan, D., & Riyana, C. (2013). Pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Depok : PT Raja Grafindo Persada.

Sugiarto, D. M. P., & Wibawa, S. C. (2017). Pengembangan e-learning berbasis schoology untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran jaringan dasar kelas X TKJ. Jurnal IT-EDU, 2(01), 136-140.

Sundayana, R. (2014). Statistika penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tiurma, L., & Retnawati, H. (2014). Keefektifan pembelajaran multimedia materi dimensi tiga ditinjau dari prestasi dan minat belajar matematika di SMA. Jurnal Kependidikan: Pene-litian Inovasi Pembelajaran, 44(2), 175-187.

Yati, A. A., Marzal, J., & Yantoro, Y. (2018). Pengaruh pendekatan pembelajaran konstruktivisme dan self-efficacy siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Jurnal Didaktik Matematika, 5(2), 20-29.

Wahyudi, I. (2017). Pengembangan program pembelajaran fisika sma berbasis e-learning dengan schoology. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(2), 187-199.

Widiantoro B., & Rakhmawati, L. (2015). Pengembangan media pembelajaran e-learning berbasis schoology pada kompetensi dasar memahami model atom bahan semikonduktor di SMKN Jetis Mojokerto. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(02), 501-506.




DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v3i2.23820

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

p-ISSN: 2580-5525 || e-ISSN: 2580-5533

Indexed by:

          


Creative Commons License

Jurnal Kependidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jk is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Journal Stats