THE DEVELOPMENT OF ROLE-PLAYING LEARNING MODEL DESIGN ON ACCOUNTING SUBJECT

Laurentius Saptono, Sanata Dharma University, Indonesia
Natalina Premastuti Brataningrum, Sanata Dharma University, Indonesia

Abstract


THE DEVELOPMENT OF ROLE-PLAYING LEARNING MODEL DESIGN
ON ACCOUNTING SUBJECT

Abstract

This study was aimed to generate a product of an effective role-playing learning model design on basic competences of practicing accounting cycles in service companies for the eleventh grade students. The research procedures were done based on ADDIE model. The developed product design was validated by the experts of learning materials, the experts of learning media, the experts of learning design, and the experts of characters building. The product was tested on Stella Duce 1 Senior High School students both in small groups which consisted of 12 people and a large group of 40 people. The instruments which was used to assess product validity included material aspects, media aspects, aspects of learning, and aspects of character building. The result of the experts’ validation and testing to students showed that it was a very good developed product. This meant that the role-playing learning model design on basic competences of practicing accounting cycles in service companies for the eleventh grade students was worth implementing in the learning activities.

PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN MODEL ROLE-PLAYING
PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa desain pembelajaran model role-playing yang efektif untuk pembelajaran pada kompetensi dasar mempraktikkan siklus akuntansi perusahaan jasa untuk siswa kelas XI SMA. Prosedur pengembangan produk penelitian dilakukan berdasarkan Model ADDIE. Produk yang dikembangkan divalidasi oleh ahli materi pembelajaran, ahli media pembelajaran, ahli desain pembelajaran, dan ahli pendidikan karakter. Produk diujicobakan kepada siswa-siswa SMA Stella Duce 1 baik kelompok kecil yang terdiri dari 12 orang maupun kelompok besar yang terdiri dari 40 orang. Instrumen untuk menilai validitas produk mencakup aspek materi, aspek media, aspek pembelajaran, dan aspek pendidikan karakter. Hasil validasi dari para ahli dan hasil ujicoba pada siswa-siswa menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan dinyatakan sangat baik. Artinya, desain model role-playing yang dikembangkan untuk pembelajaran pada kompetensi dasar mempraktikkan siklus akuntansi perusahaan jasa untuk siswa kelas XI SMA layak untuk diimplementasikan dalam praktik pembelajaran.


Keywords


role-playing, research and development, accounting cycles

Full Text:

PDF

References


Adiningsih, D. (2012). Pengaruh persepsi siswa tentang metode mengajar guru dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas x program keahlian akuntansi SMK Batik Perbaik Purworejo tahun ajaran 2011/2012 (Skripsi tidak diterbitkan). Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta. Retrieved from https://journal. uny.ac.id/index.php/jkpai/article/download/876/695.

Azwar, S. (2015). Tes prestasi: Fungsi dan pengembangan pengukuran prestasi belajar (2nd ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Baroroh, K. (2011). Upaya meningkatkan nilai-nilai karakter peserta didik melalui penerapan metode role playing. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 8(2), 149-163.

Blatner, M.D.A. (2009). Role playing in education. Retrieved from http://www.blatner. com/adam/pdntbk/rlplayedu.htm.

Brickner, D.R., & Etter, E.R. (2008). Strategies for promoting active learning in principles of accounting course. Academy of Educational Leadership Journal, 12(2), 87-93.

Chesler, M., & Fox, R. (1966). Role-playing methods in the classroom. Chicago: Science Research Associates, Inc.

Deswita, A.P., & Dahen, L.D. (2013). Pengaruh persepsi siswa tentang gaya mengajar guru dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar akuntansi pada program keahlian akuntansi siswa kelas x di SMKN 1 Sawahlunto. ECONOMICA: Journal of Economic and Economic Education, 2(1), 1-10. Retrieved from http:// ejournal.stkip-pgri-sumbar.ac.id/in-dex.php/economica/article/view/211/605.

Dick, W., Carey, L., & Carey, J.O. (2009). The systematic design of instruction. Upper Saddle River, New Jersey: Pearson Education, Inc.

Djidu, H., & Jailani (2018). Pengembangan model pembelajaran kalkulus berbasis masalah. Jurnal Kependidikan, 2(1), 68-84.

Fadzila, E.B. (2014). Pengaruh persepsi siswa tentang mata pelajaran akuntansi, lingkungan teman sebaya, dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas xi ips di SMA Negeri 1 Sewon tahun ajaran 2013/2014 (Skripsi tidak diterbitkan). Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta. Retrieved from http://eprints.uny. ac.id/15480/1/SKRIPSI%20FULL.pdf.

Haryoko, A.A. (2008). Hubungan antara variasi gaya mengajar guru, penggunaan media pembelajaran, dan motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar akuntansi: Studi kasus SMA Pangudi Luhur Sedayu (Skripsi tidak diterbitkan). Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta. Retrieved from https://repository. usd.ac.id/10342/2/041334059_Full. pdf

Helisya, S. (2014). Persepsi siswa terhadap pembelajaran akuntansi di kelas xi ips SMA Islamiyah Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(9), 1-16 Retrieved from http://jurnal.untan.ac.id/ index.php/jpdpb/article/view/6928/7121.

Jacobsen, D.A., Eggen, P., & Kauchak, D. (2009). Methods for teaching (8th ed.). New Jersey: Pearson Education, Inc.

Krisnawati, S. (2015). Hubungan persepsi siswa terhadap profesionalisme guru dengan partisipasi aktif siswa pada mata pelajaran kelompok produktif akuntansi: Studi kasus di SMK Putra Tama Bantul paket keahlian akuntansi (Skripsi tidak diterbitkan). Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta. Retrieved from https:// repository. usd.ac.id/1079/2/101334061_full.pdf.

Kurnialita, D. (2013). Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi guru dan sikap siswa pada mata pelajaran akuntansi terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Islam 1 Gamping tahun ajaran 2012/2013 (Skripsi tidak diterbitkan). Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta. Retrieved from http://eprints.uny.ac.id/16494/1/SKRIPSI.pdf.

Kuntari, S. (2015). Persepsi siswa terhadap mata pelajaran akuntansi terhadap stereotip akuntan (Thesis tidak diterbitkan). Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Retrieved from https://digilib.uns.ac.id/ doku-men/detail/46007/

Lahir, S., Ma’ruf, M.H., & Tho’in. (2017). Peningkatan prestasi belajar melalui model pembelajaran yang tepat pada sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Edunomika, 01(01), 1-8.

Lie, A. (2016, 26 Februari). Kurikulum sebagai kendaraan. Kompas, 1. Retrieved from https://nasional.kompas.com/read/2013/02/27/09425764/kurikulum.sebagai.kendaraan.

Mardiyan, R. (2012). Peningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran akuntansi materi jurnal penyesuaian pada siswa kelas xi ips 3 SMA Negeri 3 Bukittinggi dengan metode bermain peran (role playing). Pakar Pendidikan, 10(2), 151-162.

Martin, B., & Hanington, B. (2012). Universal methods of design. Beverly, MA: Rockport Publishers.

Popa, A.F., Stănilă, O.G., & Ponorîcă, A.G. (2012). Impact of changes in methods of teaching and learning accounting. Journal of Economics and Business Research, XVIII(2), 117-130.

Raghavan, K., & Thomas, E.R. (2014). Instability, innovation and accounting education. Journal of Accounting and Finance, 14(2), 76-83.

Rahmawati, L. (2017). Prestasi belajar akuntansi ditinjau dari persepsi siswa tentang mata pelajaran akuntansi dan motivasi belajar siswa kelas xi jurusan akuntansi di SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara tahun ajaran 2016/2017 (Skripsi tidak diterbitkan). UMS, Surakarta. Retrieved fron http://eprints.ums.ac. id/58672/2/HALAMAN%20DEPAN.pdf.

Rasmawan, R. (2018). Pengembangan lks berbasis inkuiri untuk meningkatkan keterampilan kerja ilmiah. Jurnal Kependidikan, 2(1), 98-115.

Richey, R.C., Klein, J.D., & Tracey, M.W. (2011). The instructional design knowledge base theory, research, and practice. New York: Routledge.

Rungkat, P.P. (2016). Pengaruh persepsi siswa tentang mata pelajaran akuntansi terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran akuntansi di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Manado. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(3). Retrieved from http://www. ejournal.fekon-unima.ac.id/index.php/ JPE/article/view/56.

Russell, C., & Shepherd, J. (2010). Online role-play environments for higher education. British Journal of Educational Technology, 41(6), 992-1002.

Saloner, G. (2011). Innovation: A leadership essential. BizEd, X(1), 26-30.

Susila, S. (2013, 7 Maret). Guru mbeling. Kompas, 1. REtrieved from https://edukasi. kompas.com/read/2013/03/07/10034510/Guru.Mbeling.

Syamsuriyanti, & Sukirno (2018). Faktor determinan profesionalisme guru. Jurnal Kependidikan, 2(1), 56-67.

Ulamatullah, T.S., Sedyati, R.N., & Suyadi, B. (2017). Pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan menjelaskan guru terhadap pemahaman materi akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial, 11(1), 124-129.

Vinogradovaa, M., & Ivanovaa, N. (2016). Pedagogical conditions for role-playing game development in senior preschool age children. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 233, 297-301.

Warsono, S. (2010). Reformasi akuntansi: Membongkar bounded rasionality pengembangan akuntansi. Yogyakarta: Asgard Chapter.




DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v3i2.21312

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

p-ISSN: 2580-5525 || e-ISSN: 2580-5533

Indexed by:

          


Creative Commons License

Jurnal Kependidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jk is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Journal Stats