Book-grading guidelines for Javanese reading books contained in character education for elementary school

Supartinah - Supartinah, Yogyakarta State University, Indonesia
Sekar Purbarini Kawuryan, FIP UNY
Woro Sri Hastuti, FIP UNY

Abstract


PEDOMAN PENJENJANGAN BUKU BACAAN BERBAHASA JAWA BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK SEKOLAH DASAR

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengembangkan pedoman penjenjangan buku bacaan berbasis kearifan lokal sebagai media internalisasi pendidikan karakter untuk pembelajaran bahasa Jawa di sekolah dasar. Penelitian R & D versi Borg and Gall ini menggunakan subjek penelitian siswa kelas I-VI, guru, ahli bahasa, ahli pembelajaran, dan ahli media. Penelitian melibatkan 9 SD di Kota Yogyakarta, Bantul, dan Sleman. Teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes membaca, studi dokumentasi, dan angket sesuai dengan langkah-langkah kegiatan dalam penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa prototipe dikembangkan sebagai pedoman penyusunan buku bacaan berjenjang bahasa Jawa berdasar kemampuan dan kebutuhan siswa sekolah dasar. Komponen penjenjangan teks adalah jenjang, panjang, tata letak, struktur dan organisasi, ilustrasi, dan konten. Validasi ahli bahasa, ahli pembelajaran, dan ahli media menunjukkan hasil sangat baik. Untuk memperjelas penjenjangan, disusun contoh buku bacaan berjenjang yang telah diujicobakan dalam kelompok kecil dan respons siswa menunjukkan baik serta berdasarkan kegiatan FGD diperoleh respons para guru sangat baik.

Abstract
This study was aimed at developing book-grading guidance for Javanese reading books based on the local wisdom as a medium of character education in the elementary school. Borg and Gall's R & D model was used in this study. The research subjects were the elementary students of Grades I-VI, teachers, linguists, learning specialists, and media experts. The study involved 9 elementary schools in Yogyakarta, Bantul, and Sleman. The samples were chosen by purposive sampling techniques. The data were collected using interviews, observation, reading tests, documentation studies, and questionnaires. The data were analyzed using quantitative and qualitative descriptive analysis techniques. The results show that the prototype of the developed book-grading guideline for the Javanese reading book, based on the capabilities and the needs of elementary school students, includes components of level, length, layout, structure and organization, illustration, and content. The validation of linguists, learning experts, and media experts shows excellent results. To verify the grading, the results of the try-out on sampled small groups shows good student responses and, based on FGD activities, obtains excellent teacher responses.


Keywords


book grading, Javanese language, character education

Full Text:

PDF

References


Borg R W., & Gall M. (1989). Educational tesearch: An introduction (3rd ed.). New York: Longeman.
Buwono X., H. (2009, Oktober). Not lose in trace: Berpijak tradisi menapak globalisasi. Pidato Kunci yang disampaikan pada Seminar Internasional Nusantara’s Manuscript. & Folklores The Wisdom Inside. UGM, Yogyakarta.
Dwiyanto, Dj. (2009). Pemerintah, budaya, dan kearifan lokal di Indonesia. Makalah yang dipresentasikan dalam Seminar Ilmiah Budaya Nasional di FBS UNY. UNY, Yogyakarta.
Fountas, I. C., & Pinnell, G. S. (2008). The continuum of literacy learning grades pre-K-8: A guide to teaching. Portsmouth, New Hampshire: Heinemann.
Hadaway, N. L., & Young, T. A. (2010). Matching books and readers: Helping English learning grades K-6. New York: The Guilford Press.
Mulyani, S., Widyastuti, S. H., Hendry, Z. (2013). Pengembangan model bahan ajar berbasis potensi daerah untuk menunjang pembelajaran bahasa Jawa. Jurnal Kependidikan, 43(1), 51-60.
Niron, M. D., Budiningsih C. A., & Pujiriyanto. (2013). Rujukan integratif dalam pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah dasar. Jurnal Kependidikan, 43(1), 19-31.
Rachmawati, U., & Madya, S. (2014). Pengembangan webquest sebagai media instruksional membaca siswa SMA Negeri Muntilan. Jurnal Kependidikan, 44(1), 83-91.
Supartinah. (2012). Pemetaan Nilai Pendidikan Budaya dan Karakter Mata pelajaran Bahasa Jawa Kelas Rendah SD di DIY. Hasil Penelitian Dosen Junior, tidak diterbitkan. Universitas Negeri Yogyakarta.
Prioritas, U. S. A. I. D. (2015). Buku Sumber untuk Dosen LPTK-Pembelajaran Literasi di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: USAID.
Wiryanti, S. (2006, September). Pengajaran Unggah-ungguh Bahasa Jawa Sebagai Penanaman Nilai Kesantunan dalam Berbahasa. Makalah dipresentasikan dalam Konggres Bahasa Jawa IV, Semarang.




DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v2i1.16441

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

p-ISSN: 2580-5525 || e-ISSN: 2580-5533

Indexed by:

          


Creative Commons License

Jurnal Kependidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jk is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Journal Stats