DEVELOPING E-SCAFFOLDING TO IMPROVE THE QUALITY OF PROCESS AND LEARNING OUTCOMES

Hena Dian Ayu, Universitas Kanjuruhan, Indonesia
Hestiningtyas Y. Pratiwi, Universitas Kanjuruhan Malang
Sentot Kusairi, FMIPA Universitas Negeri Malang
Muhardjito Muhardjito, FMIPA Universitas Negeri Malang

Abstract


PENGEMBANGAN E-SCAFFOLDING UNTUK
MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk E-Scaffolding untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar mahasiswa pada Mata Kuliah Fisika Matematika. mata kuliah fisika yang menjadi pokok bahasan pada penelitian ini adalah Fisika matematika khususnya pada pokok bahasan integral lipat. Metode penelitian yang digunakan untuk mengembangkan e-scaffolding adalah Research and Development. Desain tersebut meliputi 4 tahapan, yaitu analisis kebutuhan, desain model , pengembangan model, validasi, revisi dan uji coba produk Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi dari ahli materi dan ahli media, angket, dan tes. Hasil penelitian menghasilkan sebuah e-scaffolding, yakni produk pendukung pembelajaran online dengan menggunakan website dan fasilitas scaffolding. Hasil uji kelayakan menunjukan menunjukkan nilai yang sangat baik dari ahli media dan sangat layak dari ahli materi. Penggunaan e-scaffolding memang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan kualitas pembelajaran di kelas menjadi lebih efektif dan efisien. Hasil analisis kualitas proses pembelajaran dengan menggunakan e-scaffolding juga menunjukkan adanya peningkatan dibandingkan dengan menggunakan pembelajaran direct instruction.
Kata kunci: E-scaffolding, hasil belajar, Fisika Matematika

Abstract

This study was aimed at developing E-scaffolding to improve the quality of the process and product of students’ learning of Physical Methematics. The physics subject of this study was Physical Mathematics focusing on the topic of repeated integral. The method used to develop the E-scaffolding was Research and Development. The design covered 4 stages, namely need analysis, model design, model development and validation, and revision and product testing. The research instruments used in this study were validation sheets from material and media experts, questionnaires, and tests. The results of the study generates an E-scaffolding, which is a product of online learning aids using website and scaffolding facilities. The feasibility test results show that the E-scaffolding is categorized into the very good category tested by the media experts and the highly feasible category tested by the material experts. The use of E-scaffolding is able to improve the students’ learning outcomes and the quality of the classroom teaching learning process. The results of the quality analysis of the learning process using E-scaffolding also shows an improvement compared to the use of the direct instruction method.
Keywords: E-scaffolding, learning outcome, Physical Mathematics


Keywords


E-scaffolding, learning outcome, Physical Mathematics

Full Text:

PDF

References


Ayu, H. D. (2013). Peningkatan Pemahaman Pecahan Dengan Metode Help Session berbasis Scaffolding Bersetting Kooperatif, Jurnal Erudio, 2(2), 24-25. Borg, W. R. & Gall, M. D. (2007). Educational Research: An Introduction. New York: Longman. Budaeng, J. Ayu, H. D. & Pratiwi, H.Y. (2017) Pengembangan Modul IPA/Fisika Terpadu Berbasis Scaffolding pada Tema Gerak untuk Siswa Kelas VIII SMP/MTs. Momentum Physics Education Journal, 1(1), 31-44. Frei, S., Gammill, A.& Irons, S. (2007). Integrating Technologi into the Curriculum. Huntington Beach: shell Education. Chang, S.H., Lin, P.C., & Lin, Z. C. (2007). Measures of Partial Knowledge and unexpected responses in multiple choice test. Education Technology & Society, 10(4), 95-109. Kusairi, Sentot. (2014). Assessment For Learning Berbasis teknologi Web.Malang. UM Press. Octaria, D., Zulkard, & Somakin. (2013). Pengembangan Website Bahan Ajar Turunan untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan. 43 (2), 107-115 Pratiwi, H.Y & Ayu, H. D. (2014). Pengembangan Model Pembelajaran Hybrid Online untuk Menunjang Perkuliahan Telaah Kurikulum. Makalah dipresentasikan dalam Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Universitas Kanjuruhan. Malang http://repository.unikama.ac.id/833/1/Artikel%20hesty%20prosiding%202015.pdf Rachmawati, Umi. & Madya, Suwarsih. (2014). Pengembangan Webquest sebagai Media Instruksional Membaca siswa SMA Negeri 1 Muntilan. Jurnal Kependidikan, 44(1), 83-91 Sukarno (2014). Peningkatan Kualitas Perkuliahan Melalui Penerapan Model Blended Learning dengan Aplikasi Learning Management System Pada Mahasiswa Program Sarjana Kependidikan Bagi Guru Dalam Jabatan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 21 (1), 61-70 Suyoso & Nurohman, S. (2014). Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Web Sebagai Media Pembelajaran Fisika. Jurnal Kependidikan, 44 (1), 73-82 Wang, J., Goodwin, A., & Zhong, Q. (2007). Looking for causes of Learning difficulties in Physics: a Chinese Study. Journal of Science Education, 8(2), 70-74




DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v1i2.14863

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran



p-ISSN: 2580-5525 || e-ISSN: 2580-5533

Indexed by:

          


Creative Commons License

Jurnal Kependidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jk is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Journal Stats