PENGEMBANGAN BUKU AJAR KETERAMPILAN MENYIMAK BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING

Lira Hayu Afdetis Mana, STKIP PGRI Sumatera Barat, Indonesia
Titiek Fujita Yusandra, STKIP PGRI Sumatera Barat, Indonesia
Atmazaki Atmazaki, Universitas Negeri Padang, Indonesia
Syahrul Ramadhan, Universitas Negeri Padang, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku ajar keterampilan menyimak berbasis pendekatan Contextual Teaching and Learning(CTL) yang valid, praktis, dan efektif pada Mata Kuliah Pengajaran Keterampilan Menyimak. Prosedur pengembangan produk penelitian ini berdasarkan model ADDIE (Analiyze, Design, Develop, Implement, Evaluation) dan dibatasi sampai pada tahap ketiga. Kegiatan analisis melalui dua tahap yaitu analisis masalah dan analisis kebutuhan. Validasi buku ajar dilakukan oleh ahli mata kuliah menyimak, ahli bahasa, dan ahli kegrafikaan. Kepraktisan buku ajar dilihat melalui pengisian angket kepada pengguna buku ajar yaitu dosen dan mahasiswa. Kefektifan buku ajar dilihat dari hasil aktivitas dan hasil belajar mahasiswa. Produk diujicobakan kepada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia di STKIP PGRI Sumbar dan Universitas Negeri Padang.Berdasarkan hasil analisis kebutuhan mahasiswa dinyatakan bahwa mahasiswa memerlukan sumber belajar yang dapat menunjang keterampilan menyimak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ajar keterampilan menyimak berbasis pendekatan CTL sudah memenuhi kriteria valid baik dari segi isi maupun konstruk, praktis dari segi kemudahan dan kesesuaian waktu serta efektif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa.

DEVELOPMENT OF TEACHING SKILLS BASED ON CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING

This study was aimed at producing a valid, practical, and effective Contextual Teaching and Learning (CTL)-based Listening Skills textbook for the Listening Skills Teaching course. The procedure of developing this research product is based on the ADDIE model (Analiyze, Design, Develop, Implement, Evaluation) and limited to the third stage. Analysis activities through two stages, namely problem analysis and needs analysis. Validation of textbooks is conducted by listening subject experts, linguists and graphic experts. Practicality of textbooks is seen through filling out questionnaires to textbook users, namely lecturers and students. The effectiveness of textbooks is seen from the results of student activities and learning outcomes. The product was tested on students of the Indonesian Language Study Program at STKIP PGRI West Sumatra and Padang State University. Based on the analysis of student needs it is stated that students need learning resources that can support listening skills. The results showed that the listening skill textbook based on the CTL approach had fulfilled valid criteria both in terms of content and construct, practically in terms of ease and suitability of time and was effective in increasing student activity and learning outcomes.


Keywords


buku ajar, keterampilan menyimak, CTL

Full Text:

PDF

References


Alfianika, N., & Marni, S. (2019). Pengembangan lembar kegiatan siswa berbasis komik pada materi menulis poster dan slogan. Jurnal Kependidikan, 3(1), 43-52. Diunduh dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/view/13163/pdf.

Atmazaki. (2007). Kiat-kiat mengarang dan menyunting. Padang: UNP Press.

Hadiyanta, N. (2012). Penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) untuk meningkatkan hasil belajar PKn. Jurnal Kependidikan, 43(1), 32-38.

Hartoyo. (2009). Penerapan model pembelajaran kontekstual berbasis kompetensi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Jurnal Kependidikan, 39(1), 95-108.

Hutagaol, K. (2013). Pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa sekolah menengah pertama. Infinity, 2(1), 85-99.

Johnson, E. B. (2010). Contextual teaching & learning: Menjadikan kegiatan belajar-mengajar mengasyikkan dan bermakna. Bandung: Kaifa.

Mangesa, R. T. (2014). Implementasi pendekatan kontekstual dalam pem-belajaran praktik instalasi listrik. Jurnal Kependidikan, 46(1), 110-120.

Nursaid, & Munaf, Y. (2010). Handout perkuliahan Mata Kuliah Pengajaran Keterampilan Menyimak. Padang: FBSS UNP.

Nursaid. (2001). Pengajaran keterampilan menyimak. Padang: Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBSS UNP.

Nurseto, T. (2006). Contekstual teaching and learning sebagai model pem-belajaran dasar-dasar ekonomi. Jurnal Kependidikan, 36(2), 185-204.

Pribadi, B. A. (2009). Model desain sistem pembelajaran. Jakarta: PT Dian Rakyat.

Riduwan. (2011). Rumus dan data dalam aplikasi statistika. Bandung: Alfabeta.

Rosdawita. (2013). Pembelajaran menyimak berbasis pendekatan kontekstual. Jurnal Pena, 3(2), 2089-3973.

Rusman. (2011). Model-model pembelajar-an, mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta: Rajawali Pers

Salirawati, D. (2008). Pengaruh kemampuan mendengarkan dan mencatat terhadap prestasi belajar kimia. Jurnal Kependidikan, 38(1), 45-56.

Sugiyono. (2006). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R &D. Bandung: Alfabeta.

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan bahan ajar metode penelitian pendidikan dengan ADDIE model. Jurnal IKA, 11(1),12-26.

Ulya, I. F., Irawati, R., & Maulana, M. (2016). Peningkatan kemampuan koneksi matematis dan motivasi belajar siswa menggunakan pendekatan kontekstual. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 121-130.

Wardhani, R. (2015). Penggunaan media kartu bergambar dalam pengembangan materi ajar buku Hanyu Tingli Jiaocheng untuk mata kuliah menyimak I dan II bahasa Mandarin. Jurnal Lensa, 5(1), 41-49.




DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v4i1.13594

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JURNAL KEPENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

p-ISSN: 2580-5525 || e-ISSN: 2580-5533

Indexed by:

          


Creative Commons License

Jurnal Kependidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jk is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Journal Stats