CASTING PRACTICE EQUIPMENTS TO IMPROVE STUDENTS’ LEARNING OUTCOMES

Mujiyono Mujiyono, Mechanical Education Engineering Department Yogyakarta State University, Indonesia
Agung Pratama Putra, Mechanical Education Engineering Department Yogyakarta State University, Indonesia

Abstract


This study was aimed at determining the effectiveness of metal casting practice equipement in improving student learning outcomes in metal casting practice from the cognitive aspects. This study used quasi-experimental method with pretest-posttest control group design. The population of this study were the students of class X Machine Engineering at vocational high school in Yogyakarta year 2016/2017. The samples were taken by random assignment method. The control group sample was class X TP 3 and the sample of the experimental group was class X TP 4. The data were collected using objective test instruments given before and after the treatment. The data analysis used in this study was descriptive statistics and parametric statistics using the T-test. The calculation of data analysis used SPSS v18 software. The results show that the media of metal casting practice tools is effective in improving student learning outcomes in the metal casting practice material from the cognitive aspects. This is indicated by the percentage of completeness of learning outcomes of students who use media casting metal casting tools by 75% while students who use the lecture method by 35.7%.

PERANGKAT PRAKTIK PENGECORAN
UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media perangkat praktik pengecoran logam dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi praktik pengecoran logam dari aspek kognitif. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Pemesinan SMK di Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Sampel diambil dengan cara random assignment. Sampel kelompok kontrol adalah kelas X TP 3 dan sampel kelompok eksperimen adalah kelas X TP 4. Data dikumpulkan menggunakan instrumen tes objektif yang diberikan sebelum dan sesudah pembelajaran.Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik parametris dengan uji-T. Perhitungan analisis data menggunakan software SPSS v18. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media perangkat praktik pengecoran logam efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi praktik pengecoran logam dari aspek kognitif. Hal ini ditunjukkan dengan persentase ketuntasan hasil belajar siswa yang menggunakan media perangkat praktik pengecoran logam sebesar 75% sedangkan siswa yang menggunakan metode ceramah sebesar 35,7%.


Keywords


casting practice equipments, learning outcomes, machine engineering

Full Text:

PDF

References


Agusyana, Y., & Islandscript. (2011). Olah fata dkripsi dan penelitian dengan SPSS 19. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Bire, A. L., Geradus, U., & Bire, J. (2014). Pengaruh gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Kependidikan, 44(2), 168-174. Diunduh dari http://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/view/5307.
Chandra, A. A. (2016, 9 November). Kebutuhan aluminium RI 800.000 ton/tahun, produksi nasional cuma 255.000 ton. Detikfinance. Diunduh dari https://finance.detik.com/industri/d-3341533/kebutuhan-aluminium-ri-800000-tontahun-produksi-nasional-cuma-255000-ton.
Hamalik, O. (2010). Perencanaan pengajaran berdasarkan pendekatan Sistem. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Seniati, L., Yulianto, A., & N. Setiadi, B. (2008). Psikologi eksperimen. Jakarta: Indeks.

Mangesa, R. T. (2016). Implementasi pendekatan kontekstual dalam pembe-lajaran praktik instalasi listrik. Jurnal Kependidikan, 44(1), 110-120. Diun-duh dari http://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/view/9577.
Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah.
Permendikbud Nomor 54 Tahun 2013 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Purwoko, B. S. H. (2016). Rekayasa computer numerically controlled turning sebagai media pembelajaran. Jurnal Kependidikan, 46(1), 84-99. Diunduh dari http://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/view/9322.
Rochayati, U., & Suprapto. (2014). Keefektifan trainer digital berbasis mikrokontroler dengan model brief-case dalam pembelajaran praktik di SMK. Jurnal Kependidikan, 44(2), 127-138. Diunduh dari http://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/view/5223.
Rumini, S. (1995). Psikologi pendidikan. Yogyakarta: UPP IKIP Yogyakarta.
Sadiman, A. S. (2009). Media pendidikan: pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
SK Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud Nomor 4678/D/KEP/MK/2016 tentang Spektrum Keahlian SMK.
Soemowidagdo, A. L. (2016). Pengem-bangan praktik pengecoran aluminium di SMK program keahlian teknik mesin (Laporan Penelitian) . LPPM UNY, Yogyakarta.
Sudjana, N., & Rivai, A. (2013). Media pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sunarso, & Paryanto. (2016). Implementasi model pembelajaran competence-based training pada pembelajaran praktik kerja mesin. Jurnal Kependidikan, 46(1), 69-83. Dunduh dari http://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/view/9573.
Widarto, Wijanarko, B. S., Sutopo, & Paryanto. (2008). Teknik Permesinan untuk SMK. Jakarta: Direktorat Jen-deral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Departe-men Pendidikan Nasional.




DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v2i2.13363

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL KEPENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

p-ISSN: 2580-5525 || e-ISSN: 2580-5533

Indexed by:

          


Creative Commons License

Jurnal Kependidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jk is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Journal Stats