THE EFFECTIVENESS OF JAVANESE SONGS IN CULTIVATING STUDENTS’ CHARACTERS

JOKO SUKOYO, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG, Indonesia

Abstract


EFEKTIVITAS LAGU-LAGU BERBAHASA JAWA
UNTUK MENANAMKAN NILAI-NILAI KARAKTER SISWA

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan karakter siswa sebelum dan sesudah diberi pembelajaran menggunakan lagu-lagu berbahasa Jawa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian praeksperimental dengan desain one group pretest posttest design. Subjek penelitiannya 30 siswa PAUD Mutiara Hati Semarang dan lima guru. Data nilai-nilai karakter dikumpulkan dengan teknik observasi dan wawancara. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan sebagai pertama, terdapat perbedaan karakter yang signifikan antara karakter siswa sebelum diberi pembelajaran menggunakan media lagu berbahasa Jawa dengan sesudah diberi pembelajaran menggunakan media lagu berbahasa Jawa. Kedua, perubahan yang terjadi menunjukkan arah yang lebih positif, yakni karakter mandiri, disiplin, cinta tanah air, religius, kerja keras, dan peduli lingkungan. Karakter yang paling konsisten mengalami peningkatan adalah karakter kepedulian lingkungan. Konsistensi tersebut disebabkan karena guru selalu membiasakan siswanya untuk selalu peduli lingkungan sejak awal masuk di PAUD tersebut.
Kata kunci: karakter, lagu berbahasa Jawa, PAUD

Abstract

This study was aimed at determining the differences in the characters of the students before and after being given classroom learning using Javanese songs. The study was preexperimental research with a one group pretest posttest design. The subjects of this study were 30 students and 5 teachers of PAUD Mutiara Hati Semarang. The data on character values were collected by observation and interview techniques. The data were analyzed using descriptive analysis techniques and inferential statistics. The results show that: first, there are significant character differences between the characters of students before and after being given learning using Javanese songs. Second, the changes that occur indicate positive characters namely independence, discipline, nationalism, religiousity, hard work, and environmental awareness. The most consistent character that has increased is the character of environmental awareness. The consistency is due to the fact that teachers always familiarize their students with environment issues since the beginning of classes.
Keywords: character building, Javanese song, early childhood education program


Keywords


character building, Javanese song, early childhood education program

Full Text:

PDF

References


Bire, A. L., & Bire, J. (2014). Pengaruh gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Kependidikan, 44(2), 168-174.
Kemendiknas. (2011). Pedoman pelaksanaan pendidikan karakter (Berdasar pengalaman di satuan pendidikan rintisan). Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
Niron, M. D., Budiningsih, C. A., & Pujiriyanto. (2013). Rujukan integratif dalam pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah dasar. Jurnal Kependidikan, 43(1), 19-31.
Prayitno, D. (2012). Belajar praktis analisis parametrik dan non parametrik dengan SPSS. Yogyakarta: Gava Media.
Pusat Bahasa Depdiknas. (2008). Kamus besar bahasa Indonesia pusat bahasa.Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Raharja, B. (2009). Efek musik terhadap prestasi anak usia prasekolah: Studi komparasi efek lagu anak dolanan Jawa dan musik klasik. Cakrawala Pendidikan, 28(2), 132-141.
Rumliyani, A. (2010). Efektifitas pembelajaran PAI melalui media lagu di Taman Kanak-Kanak Aisyiayah Notoprajan Yogyakarta (Laporan penelitian tidak diterbitkan). UIN, Yogyakarta.
Sarwono, J. (2012). Metode riset skripsi pendekatan kuantitatif. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Sugiyono. (2009). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukoyo, J., & Widodo. (2015). Pengembangan lagu-lagu berbahasa Jawa bermuatan nilai-nilai karakter sebagai media pembelajaran anak usia dini (Laporan penelitian tidak diterbitkan). Universitas Negeri Semarang, Semarang.
Suyantiningsih, Munawaroh, I., & Rahmadona, S. (2016). Pengembangan multimedia pembelajaran berbasis scientific approach terintegrasi nilai karakter untuk siswa sekolah dasar di Yogyakarta. Jurnal Kependidikan, 46(1), 1-13.
Syamsuddin. (2012). Pedoman pendidikan karakter pada pendidikan anak usia dini. Jakarta: Dirjen PAUD Kemendiknas.
Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.




DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v1i2.10753

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JURNAL KEPENDIDIKAN



p-ISSN: 2580-5525 || e-ISSN: 2580-5533

Indexed by:

          


Creative Commons License

Jurnal Kependidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jk is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Journal Stats