SELF-EVALUATION ON THE LEARNING STRATEGIES OF THE GRADUATE STUDENTS OF INDONESIAN LANGUAGE EDUCATION STUDY PROGRAM

Kastam Syamsi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Teguh Setiawan, FBS UNY
Maman Suryaman, FBS UNY

Abstract


EVALUASI DIRI STRATEGI BELAJAR MAHASISWA
PROGRAM STUDI MAGISTER PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil evaluasi diri strategi belajar mahasiswa. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta. Data dikumpulkan melalui instrumen angket evaluasi diri dengan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, sebelum perkuliahan, sebagian besar mahasiswa memperhatikan silabus, mencari referensi, dan melaksanakan tugas. Tetapi, sebagian besar mahasiswa jarang membaca referensi dan menyiapkan pertanyaan. Kedua, selama perkuliahan, semua mahasiswa memperhatikan, mendiskusikan, dan melaksanakan tugas perkuliahan. Tetapi, sebagian besar mahasiswa jarang mencatat dan mengajukan pertanyaan. Ketiga, setelah perkuliahan semua mahasiswa mengerjakan tugas. Tetapi, sebagian besar mahasiswa jarang mendiskusikan perkuliahan, membaca berbagai referensi dan mencari artikel jurnal internasional. Sehubungan dengan itu, untuk memperoleh hasil belajar yang baik, pengelola Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta perlu memiliki manajemen yang baik dan mengimplementasikan strategi pembelajaran yang tepat, yakni strategi pemutakhiran metode pembelajaran sesuai kebutuhan pasar dan perkembangan jaman.
Kata kunci: evaluasi diri, strategi belajar, perkuliahan

Abstract

This study was aimed at describing the results of students’ self-evaluationon their learning strategies. The subjects of the studywere all graduatestudents of the Indonesian Language Education Program at Yogyakarta State University. The data were collected using a questionnaire of self-evaluation using the Likert scale. The data were analyzed through quantitative descriptive techniques. The results show the following. First, before class, most students focus only on the syllabus, search references, and perform tasks. However, most students rarely read references and prepare questions. Secondly, during class, all students pay attention, do discussions, and carry out lecture duties. However, most students rarely take notes and ask questions. Third, after class, all students do the assignments. However, most students rarely discuss lectures, read references and search for international journal articles. In order to obtain a good learning result, the personnel of the Indonesian Education Study Program need to apply good management and implement the right learning strategies in updating the learning method according to market needs and the development of the era.
Keywords: self-evaluation, learning strategy, lecture activity


Keywords


self-evaluation, learning strategy, lecture activity

Full Text:

PDF

References


Ainsworth, P. (2010). Developing self evaluation school. London: Continuum.

Astuti, V. N., Fahmi, I., & Hubeis, M. (2015). Strategi pengembangan program khusus di pascasarjana. Jurnal kependidikan, 45(2), 184-197.

Cambra-Fierro, J. & Cambra-Berdún, J. (2007). Students’ self-evaluation and reflection (Part 1): Measurement. Education & training, 49(1), 36-44.

Cambra-Fierro, J. & Cambra-Berdún, J. (2007). Students’ self-evaluation and reflection (Part 2): An empirical study. Education & training, 49(2), 103-111.

Conley, D. T. (2010). College and career ready: Helping all students succeed beyond high school. San Fransisco, CA: Josey-Bass.

Cukras, G. A. G. (2006). The investigation of study strategies that maximize learning for underprepared students. College teaching, 54(1), 194-197.

Fahyuddin, Liliasari, Sabandar, J., & Martoprawiro, M. A. (2015). Perban-dingan metode kolaboratif dengan contoh tugas dan belajar individual dalam Pengembangan kemampuan pemecahan masalah. Cakrawala Pendidikan, 34(1), 34-46.

Hartwig, M. K., & Dunlosky, J. (2012). Study strategies of sollege students: Are self-testing and scheduling related to achievement? Psychonomic Bulletin & Review, 19(1), 126-134.

Nindiasari, H., Novaliosi, & Subhan, A. (2016). Disain didaktis tahapan kemampuan dan disposisi berpikir reflektif matematis berdasarkan gaya belajar. Jurnal Kependidikan, 46 (2), 219-232.

Nursa’ban, M. (2013). Peningkatan sikap tanggung jawab dan kemandirian belajar mahasiswa melalui metode tutorial di jurusan pendidikan geografi. Cakrawala pendidikan, 32(3), 432-443.

Ormrod, J. E. (2004). Human learning (4th ed.). Upper Saddle River, N.J.: Merrill.

Pritchard, A. (2008). Studying and learning at university, vital skills for success for your degree. Los Angeles: Sage.

Rugg, G., & Petre, N. (2004). The unwritten rules of PhD research. London: Open University Press.

Vast’atková, J. P. (2013). School case studies: Stories of self-evaluation. Pedagogicka orientace, 23(6), 810-822.

Wahyujaya, W., Koesmaryono, Y., & Yulianda, F. (2015). Kajian sistem pem-belajaran sebagai upaya peningkatan sistem penjaminan mutu. Jurnal kependidikan, 45(1), 90-104.

Widuroyekti, B. (2006). Pendekatan belajar aktif dan peningkatan tanggung jawab mahasiswa dalam proses tutorial tatap muka. Jurnal Pendidikan, 7(1), 55-65.




DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v1i2.10195

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JURNAL KEPENDIDIKAN



p-ISSN: 2580-5525 || e-ISSN: 2580-5533

Indexed by:

          


Creative Commons License

Jurnal Kependidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jk is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Journal Stats