Pengaruh penggunaan media interaktif berbasis articulate storyline terhadap minat belajar IPS

Annisa Nur Inayah, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Bunyamin Maftuh, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Yeni Kurniawati Sumantri, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana pengaruh penggunaan media interaktif berbasis articulate storyline terhadap minat belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS. Metode yang digunakan adalah quasi experimental dengan desain nonequivalent control group design. Subjek penelitian terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol, kelas eksperimen untuk penelitian ini adalah kelas VIII I yang memiliki 32 peserta didik dan kelas kontrol adalah kelas VIII K yang memiliki 33 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dengan skala likert. Hasil penelitian diolah menggunakan analisis statistik parametrik berupa paired sample t test serta analisis statistik non parametrik berupa uji wilcoxon dan uji mann whitney. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan minat belajar peserta didik antara sebelum dan sesudah diberikan treatment media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline di kelas eksperimen dalam pembelajaran IPS dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 (2) terdapat perbedaan minat belajar peserta didik antara sebelum dan sesudah diberikan treatment Microsoft powerpoint di kelas kontrol dalam pembelajaran IPS dengan nilai signifikansi 0,015 > 0,05 serta (3) tidak terdapat perbedaan minat belajar peserta didik setelah diberikan treatment di kelas eksperimen menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline dengan kelas kontrol yang menggunakan Microsoft powerpoint dalam pembelajaran IPS dengan nilai signifikansi 0,078 > 0,05.

The influence of using articulate storyline-based interactive media on interest in learning social studies

This research aims to examine the influence of the use of articulate storyline-based interactive media on students' learning interest in social studies learning. The method used is quasi experimental with a nonequivalent control group design. The research subjects consisted of an experimental class and a control class, the experimental class for this research was class VIII I which had 32 students and the control class was class VIII K which had 33 students. The research instrument used was a questionnaire with a Likert scale. The research results were processed using parametric statistical analysis in the form of a paired sample t test and non-parametric statistical analysis in the form of the Wilcoxon test and the Mann Whitney test. The results of data analysis show that (1) there is a difference in students' learning interest between before and after being given articulate storyline-based interactive learning media treatment in the experimental class in social studies learning with a significance value of 0.000 < 0.05 (2) there is a difference in students' learning interest between before and after being given Microsoft PowerPoint treatment in the control class in social studies learning with a significance value of 0.015 > 0.05 and (3) there was no difference in students' learning interest after being given treatment in the experimental class using interactive learning media based on articulate storyline with the control class using Microsoft PowerPoint in social studies learning with a significance value of 0.078 > 0.05.


Keywords


Articulate storyline, Minat Belajar, Pembelajaran IPS

Full Text:

PDF

References


Adityara, S., & Rakhman, R. T. (2019). Karakteristik Generasi Z dalam Perkembangan Diri Anak Melalui Visual. Seminar Nasional Seni Dan Desain 2019, Surabaya, Indonesia, September 2019, September, 401–406.

Alfisyahriya, K. (2018). Meningkatkan Minat Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Melalui Metode Mind Mapping Pada Siswa Kelas Iv Sd. PTK 2018 B1 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Amalia, D., & Sabariman, B. (2020). Respon Siswa Smkn 3 Jombang Terhadap Pembelajaran Mekanika Teknik Menggunakan Powerpoint Animasi. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 6(2), 1–7.

Amiroh. 2019. Mahir Membuat Media Interaktif Articulate storyline. Yogyakarta: Pustaka Ananda Srva

Arikunto, Suharsimi. 2015. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Candra, F. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Berbasis Tik di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional PBSI-III Tahun 2020 Tema: Inovasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Guna Mendukung Merdeka Belajar pada Era Revolusi Industry 4.0 dan Society. 99–110.

Fauziah, K. N. (2019). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Pada Materi Fotografi Untuk Mata Pelajaran Desain Grafis Percetakan Kelas Xi Multimedia di SMK N 1 Godean. Eprints UNY, 5.

Ginanjar, A., Putri, N. A., Nisa, A. N. S., Hermanto, F., & Mewangi, A. B. (2019).

Implementasi Literasi Digital Dalam Proses Pembelajaran Ips Di SMP Al-Azhar 29 Semarang. Harmony, 4(2), 99–105. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/harmony/article/view/36136/15043

Hardani. Ustiawaty, J. A. H. 2017. Buku Metode Penelitian Kualitatif dan. Kuantitatif (Issue April). Pustaka Ilmu Grup

Hasan, M. M. D. H. K. T. 2021. Media Pembelajaran. Klaten. Tahta Media Group (Issue Mei).

Lestari, R. S. (2021). Pemanfaatan Android Melalui Media Articulate storyline dalam Pembelajaran Seni Budaya SMK. Prosiding Seminar Nasional Sensaeda, 1, 149–155

Nurdyansyah. (2019). Media Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo. UMSIDA Press (Vol. 13, Issue 1).

Pratama, D. P. A., & Sakti, N. C. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Handout Digital Berbasis Android Pada Materi APBN dan APBD Kelas XI IPS. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(1), 15–28.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV. Ulfah, T. A., Wahyuni, E. A., & Nurtamam, M. E. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Satuan Panjang. 3(3), 955–961.




DOI: https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i2.59735

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)

ISSN: 2355-0139 (Print) | 2615-7594 (Online)

Published by: Universitas Negeri Yogyakarta

Website: https://journal.uny.ac.id/index.php/jipsindo

Email: jipsindo@uny.ac.id


Visitor Statistic


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.