Aspek humanistik dalam ayat Al Quran

Fanny Indria Hadi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Danang Purwadi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Aulina Shahdan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Dalam perkembangan filsafat yang melahirkan hermeneutika secara substansial selalu berkembang dari keberadaan manusia dan cara berpikir manusia. Perkembangan Humaniora berwujud dalam unsur pendidikan dan tafsir Al-Qur'an yang merupakan pendidikan manusia secara sosial dan spiritual, dalam perspektif Al-Qur'an menjadi landasan bagi aspek kehidupan manusia berupa pendidikan humanis dalam hakikat wujud manusia, potensi manusia dan kembali. pada tujuan penciptaan manusia. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan systematic Literatur Review. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Paradigma Kemanusiaan dalam Humanistik terhadap ayat-ayat AlQur'an Sebagai Pendidikan Ilmu Sosial. Hasil penelitian ini antara lain Al-Qur'an sangat menekankan humaniora dan humanistik yang dibuktikan dengan ayat-ayat Al-Qur'an yang menjelaskan tentang penciptaan, potensi yang dimiliki, peran di muka bumi, dan tingkat Kemanusiaan yang meningkat jika dibandingkan dengan manusia. makhluk lain, humaniora dalam Al-Qur'an menjelaskan tidak meninggalkan peran manusia di muka bumi dengan fungsi dan perannya sebagai 'Amirah' al-ardl, dan sebagai hamba yang wajib mengabdi kepada Khaliq dalam fungsi dan peran 'ibad.

Humanistic aspect in Quranic verses 

In the development of philosophy which gave birth to hermeneutics, it always substantially developed from human existence and human ways of thinking. The development of Humanities takes the form of elements of education and interpretation of the Al-Qur'an which constitute human education socially and spiritually. In the perspective of the Al-Qur'an, it becomes the foundation for aspects of human life in the form of humanist education in the nature of human form, human potential and so on. on the purpose of human creation. This research method is a descriptive qualitative method with a systematic literature review. The purpose of this research is to determine the relationship between the Humanistic Paradigm and the verses of the Qur'an as Social Science Education. The results of this research include that the Qur'an places great emphasis on humanities and humanistics as evidenced by the verses of the Qur'an which explain creation, its potential, role on earth, and the increasing level of humanity compared to humans. other creatures, humanities in the Qur'an explain that they do not abandon the role of humans on earth with their function and role as 'Amirah' al-ardl, and as servants who are obliged to serve the Khaliq in the function and role of 'ibad.


Keywords


Humaniora, Ilmu Sosial, Al-Qur'an

Full Text:

PDF

References


Ayer, A., J. (1952). Language, truth, and logic. Victor Gollancz Ltd.

Ahmadi, Rulam. 2014. Pengantar Pendidikan Asas dan Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Akmal, Fauzan Firdaus dan Mariyat, Akrim. 2017. Humanistic Approach in Education According to Paulo Freire, Journal: At- Tadib, Vol. 12, No. 2.

Amin, Muhammad. 2017. Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Kejujuran Pada Lembaga Pendidikan, Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, Vol. 01, No. 01.

Anggraeni, Dewi dan Suhartinah, Siti. 2018. Toleransi Antar Umat Beragama Perspektif KH. Ali Mustafa Yaqub, Jurnal Studi Al-Quran : Membangun Tradisi Berfikir Quran, Vol. 14, No. 1.

Angreini, Ricca Munthe dan Widyastuti, Ami. 2017. Saudara yang amanah: Tinjauan Psikologi Indijinus, Jurnal Psikologi Sosial, Vol. 15, No. 1.

Armen. 2015. Buku Ajar Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Yogyakarta: Deepublish.

Atmaja, Purwa Prawira. 2012. Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

B, Hamzah. Uno. 2012. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Baharuddin dan Nur, Esa Wahyuni. 2012. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz media.

Darmadi, H. (2013). Metode penelitian pendidikan dan sosial. Alfabeta.

Drost, J., (2002). Humaniora, dalam KOMPAS, Kamis, 10 Oktober, 2002

Ekowati, Siti Rusdini, dkk. 2016. Pelaksanaan Internalisasi Kejujuran dalam Pendidikan Antikorupsi di SMP Keluarga Kudus, Journal Of Education Social Studies, Vol. 5, No. 1.

Fakhruddin. 2016. Konsep Humanistik ditinjau dari Perspektif Pendidikan Islam, Fokus: Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan, Vol. 1, No. 2.

Hadiyyin, Ikhwan. 2017. Konsep Pendidikan Ukhuwah Analisis Ayat-ayat Ukhuwah dalam Al-Quran, Al-Qalam, Vol. 34, No. 2.

Haryanti, Nik. 2014. Ilmu Pendidikan Islam. Malang: Gunung Samudera.

Khakim, Abdul. 2018. Hak Asasi Manusia dalam Perspektif Pendidikan Islam, Jurnal: Evaluasi, Vol. 2, No. 1.

Komsiyah, Indah. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Teras.

Lickona, Thomas. 2012. Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility, terj. Juma Abdu Wamaungo. Jakarta: Bumi Aksara.

Masan, M. dan Rachmat. 2011. Pendidikan Kewarganegaraan Mengembangkan Karakter Peserta Didik untuk SD/MI Kelas 5. Jakarta: Grasindo.

Muchtar, Adeng Ghazali. 2016. Toleransi Beragama dan Kerukunan dalam Perspektif Islam, Religious: Jurnal Agama dan Lintas Budaya, Vol. 1, No.1.

Mufarrokah, Anissatul. 2009. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Teras.

Musthofa. 2017. Pendidikan Islam Perspektif Humanisme Pancasila, Jurnal : Tarbiyah, Vol. 24. No. 01.

Neolaka, Amos dan Amialia, Gace A. Neolaka. 2017. Landasan Pendidikan: Dasar Pengenalan Diri Sendiri Menuju Perubahan Hidup. Depok: Kencana.

Perumus, Tim. 2007. Al-Quran Terjemahan. Bandung: Syaamil Quran.

Perumus, Tim Al-Quran. 2012. Terjemahan. Bekasi: Cipta Bagus Segara.

Rasyid, Hamdan dan Hadi, Saiful El-Sutha. 2016. Panduan Muslim Sehari-hari dari Lahir Sampai Mati. Jakarta: Wahyu Qolbu.

Rizal M., Misnal M., (2003), Filsafat ilmu, Pustaka Pelajar,

Sastraprateja, (1998), Filsfat sebagai paradigma Ilmu-Ilmu Humaniora, Nakalah disajikan dalam Intership Dosen-Dosen Filsafat Ilmu Pengetahuan se-Indonesia, 26 Juli sampai dengan 7 Agustus 1998, Kerjasama Ditjen Dikti Depdikbud dengan Fakultas Filsafat Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Sugiyono, (2013), Metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta

Setiyani, Wiwik. 2017. Implementasi Psikologi Humanistik Carl Rogers Pada Tradisi Lokal Nyadran di Jambe Gemarang Kedunggalar Ngawi, Jurnal: Islamica, Vol. 12, No. 1.

Sulaiman. 2017. The Implementation Of Humanistic Learning At Darul Aman Islamic High School In Aceh Besar, Ulumuna: Journal Of Islamic Studies, Vol. 21, No. 01.

Sunhaji. 2017. Between Social Humanism and Social Mobilization The Dual Role Of Madrasah In The Landscape Of Indonesian Islamic Education, Journal Of Indonesian Islam, Vol. 11, No. 01.

Suyono dan Hariyanto. 2014. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Usman, Muhammad dan Widyanto, Anton. 2018. Internalisasi Nilai-nilai Toleransi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Lhokseumawe Aceh Indonesia, Dayah: Journal Of Islamic Education, Vol. 1, No. 1.

Wafi, Ahmad Muzakki dkk. 2017. Raden Qosims Religious Humanism Approach Of Javanese Islamization Process, International Journal Of Multicultural and Multireligious Understanding, Vol. 4, No. 5.

Wahyuddin. 2009. Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi. Jakarta :Grasindo.

Zuchdi, Darmiyati. 2009. Humanisasi Pendidikan Menemukan Kembali Pendidikan yang Manusiawi. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i2.56488

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)

ISSN: 2355-0139 (Print) | 2615-7594 (Online)

Published by: Universitas Negeri Yogyakarta

Website: https://journal.uny.ac.id/index.php/jipsindo

Email: jipsindo@uny.ac.id


Visitor Statistic


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.