Validasi Instrumen Supervisi Akademik Digital dalam Peningkatan Profesionalisme Guru Menggunakan Teknologi Digital

Kamilatun Nisa, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Ali Imron, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Ahmad Yusuf Sobri, Universitas Negeri Malang, Indonesia

Abstract


Salah satu pendorong peningkatan keprofesionalan guru adalah supervisi akademik berbasis digital. Supervisi akademik untuk menggunakan teknologi digital dalam pendidikan secara efektif, bersamaan dengan kompetensi digital, menjadi sentral dan diakui sebagai elemen kunci untuk konstruksi pengetahuan pedagogis. Pengujian penelitian ini bertujuan untuk memvalidasi instrumen penelitian yang telah dibuat oleh peneliti untuk mengukur upaya supervisi akademik sekolah menggunakan teknologi digital. Butir instrumen berpondasi dan dikembangkan berdasarkan teori yang diusulkan oleh Sergiovani & Starrat (1993) mengenai supervisi akademik. Pengumpulan data diambil dari 50 guru di sekolah Jawa Timur dan dianalisis menggunakan Exploratory Factor Analysis (EFA) dibantu software SPSS 26. Hasil analisis dihasilkan lima faktor yang terdiri dari model supervisi akademik digital yang berfokus pada integrasi teknologi. Faktor-faktor tersebut adalah: 1) Asesmen pra observasi; 2) Observasi; 3) Pemberian solusi; 4) Refleksi; dan 5) Tindak Lanjut. Hasil penelitian ini bertujuan untuk mendukung program supervisi sekolah untuk menggunakan teknologi dalam implementasinya. Instrumen ini juga dapat digunakan untuk mengukur perbedaan sebelum dan sesudah penemuan, seperti pembinaan profesional guru di sekolah   


Keywords


Supervisi akademik digital; peningkatan profesionalisme guru; teknologi digital

Full Text:

PDF

References


Beavers John W Lounsbury Jennifer K Richards Schuyler W Huck Gary J Skolits, A. S. (2013). Practical Considerations for Using Exploratory Factor Analysis in Educational Research. Practical Assessment, Research, and Evaluation, 18(6). https://doi.org/10.7275/qv2q-rk76

Field, A. (2013). Discovering Statistics Using SPSS (4th ed.). SAGE Publications.

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2010). Multivariate Data Analysis (7th ed.). Pearson.

Hinton, P., Brownlow, C., McMurray, I., & Cozens, B. (2004). SPSS Explained. Routledge.

Hof, M. (2012). Questionnaire Evaluation with Factor Analysis and Cronbach’s Alpha An Example.

Howard, S. K., Thompson, K., Yang, J., & Ma, J. (2019). Working the system: Development of a system model of technology integration to inform learning task design. British Journal of Educational Technology, 50(1), 326–341. https://doi.org/10.1111/bjet.12560

Kerlinger, Fred N, & Howard B. Lee. (2000). Foundations of Behavioral Research (4th ed.). Harcourt Inc.

Krumsvik, R. J., Jones, L. Ø., Øfstegaard, M., & Eikeland, O. J. (2016). Upper Secondary School Teachers’ Digital Competence: Analysed by Demographic, Personal and Professional Characteristics. Nordic Journal of Digital Literacy, 11(3), 143–164. https://doi.org/10.18261/issn.1891-943x-2016-03-02

Maderick, J. A., Zhang, S., Hartley, K., & Marchand, G. (2016). Preservice Teachers and Self-Assessing Digital Competence. Journal of Educational Computing Research, 54(3), 326–351. https://doi.org/10.1177/0735633115620432

Mustabsyiroh, N., Prestiadi, D., & Imron, A. (2021). Implementation of Virtual Academic Supervision as an Effort to Increase Teacher Competence in The Covid-19 Pandemic.

Prilianti, R. (2019). Model Supervisi Akademik Berbantuan Elektronik bagi Pengawas Madrasah di Provinsi Jawa Tengah. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES.

Ramírez-Montoya, M.-S., Mena, J., & Rodríguez-Arroyo, J. A. (2017). In-service teachers’ self-perceptions of digital competence and OER use as determined by a xMOOC training course. Computers in Human Behavior, 77, 356–364. https://doi.org/10.1016/j.chb.2017.09.010

Santoso, S. (2004). Mengatasi Berbagai Masalah statistic Multivariat. PT.Elex Media Komputindo.

Sergiovanni, T. J., & Starratt, R. J. (1993). Supervision a Redefinition. Mcgraw-Hill Inc.

Sugiyono. (2005). Statistika untuk Penelitian. Alfabeta.

Viberg, O., Mavroudi, A., Khalil, M., & Bälter, O. (2020). Validating an Instrument to Measure Teachers’Preparedness to Use Digital Technology in their Teaching. Nordic Journal of Digital Literacy, 15(1), 38–54. https://doi.org/10.18261/issn.1891-943x-2020-01-04

Yunus Adebunmi AWODIJI Omotayo Adewale ADEWALE, F. (2016). E-SUPERVISION OF STUDENTS’ RESEARCH WRITING IN NIGERIAN OPEN AND DISTANCE EDUCATIONAL INSTITUTIONS: CHALLENGES AND PROSPECTS.




DOI: https://doi.org/10.21831/jamp.v11i2.64372

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:



ISSN 2461-0550 (online) || ISSN 2337-7895 (print)

 

RJI Main logo

Creative Commons LicenseJurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats