Peran perencanaan kepala sekolah berbasis nilai-nilai Kristiani

Arianus Adam Raja Oja, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Mustiningsih Mustiningsih, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Sunarni Sunarni, Universitas Negeri Malang, Indonesia

Abstract


Sebagai seorang manajer di lembaga pendidikan, salah satu peran kepala sekolah adalah mengimplementasikan fungsi perencanaan pada lembaga pendidikan yang dipimpinnya. Pada lembaga Pendidikan Katolik, peran perencanaan kepala sekolah dapat diterapkan berdasarkan Nilai-nilai Kristiani yang menjadi ciri khas sekolah. Nilai-nilai Kristiani adalah prinsip-prinsip hidup dimiliki dan dihayati oleh setiap pengikut Tuhan Yesus Kristus karena nilai-nilai tersebut bersumber dari sikap dan cara hidup Yesus sendiri yang dikenal melalui Kitab Suci. Penelitian ini memiliki tujuan untuk melakukan analisis mendalam tentang peran perencanaan kepala sekolah berbasis nilai-nilai Kristiani di SMP Katolik Santa Maria 2 dan SMP Katolik Frateran Celaket 21 Malang. Peneliti menerapkan pendekatan penelitian kualitatif dan menggunakan desain studi multi situs dalam penelitian ini. Data penelitian bersumber dari informasi atau fakta yang didapatkan dari informan utama, yaitu kepala sekolah setempat dan sumber-sumber lain yang berkaitan. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis data di dalam situs dan analisis data lintas situs. Temuan penelitian menunjukkan bahwa dalam menjalankan peran perencanaan, kepala sekolah menerapkan nilai-nilai Kristiani, antara lain kasih, kesabaran, kesetiaan, kemurahan hati, dan kerendahan hati.

Keywords


peran perencanaan; kepala sekolah; nilai-nilai Kristiani;

Full Text:

PDF

References


Antonakis, J., & House, R. J. (2014). Instrumental Leadership: Measurement and Extension of Transformational-Transactional Leadership Theory. The Leadership Quarterly, 25(4), 746–771. https://doi.org/10.1016/j.leaqua.2014.04.005

Arifin, I., Juharyanto, Mustiningsih, & Taufiq, A. (2018). Islamic Crash Course as a Leadership Strategy of School Principals in Strengthening School Organizational Culture. SAGE Open, 8(3), 1–10. https://doi.org/10.1177/2158244018799849

Arnetz, B. B., Ventimiglia, M., Beech, P., Demarinis, V., Lökk, J., & Arnetz, J. E. (2013). Spiritual Values and Practices in the Workplace and Employee Stress and Mental Well-being. Journal of Management, Spirituality and Religion, 10(3), 271–281. https://doi.org/10.1080/14766086.2013.801027

Bafadal, I. (2017). School Principal as Leader of Change: Autoethnography on How to Make School Principals to be Effective Change Leader in Good School. 45(CoEMA), 152–159. https://doi.org/10.2991/coema-17.2017.26

Cahyani, I. D., & Karwanto. (2015). Peran Kepala Sekolah sebagai Manajer dalam Upaya Peningkatan Kompetensi Guru di SMA Unggulan Amanatul Ummah Surabaya. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 2(2), 1–12.

Cipta, R. A., & Hariyati, N. (2021). Implementasi Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri 1 Sidoarjo. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(4), 846–858.

Dilla, M. (2015). Makna Buah Roh dalam Galatia 5:22-23. Manna Rafflesia, 1(2), 158–166.

Effendi, Y. R., & Sahertian, P. (2023). Investigation of the Role of Principal Servant Leadership Based on Spiritual Moral Values in Conditioning Humanistic Education. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 8(1), 21–30.

Marrus, D. M., Supriyanto, A., & Timan, A. (2020). Model Kepemimpinan Spiritual Suster Kepala Sekolah dan Dampaknya bagi Kinerja Guru dalam Pendidikan Nilai Kristiani. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(11), 1640–1651.

Nurul Ulfatin. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif di Bidang Pendidikan: Teori dan Aplikasihnya. Studi Kasus, Etnografo, Interaksi Simbolik, dan Penelitian Tindakan Konteks Manajemen Pendidikan (Malang). Media Nusa Creative.

Org, R. T. Y. (n.d.). 8 Contoh Nilai Kristiani yang Sering Diajarkan dalam Lingkungan Sekolah. Tuhan Yesus Org. Retrieved November 18, 2021, from https://tuhanyesus.org/contoh-nilai-kristiani-dalam-lingkungan-sekolah

Priansa, D, J, & Setiana, S. S. (2018). Manajemen dan Supervisi Pendidikan. Pustaka Setia.

Prijanto, J. H. (2017). Panggilan sebagai Guru Kristen Wujud Amanat Agung Yesus Kristus dalam Penanaman Nilai Alkitabiah pada Era Digital. Polyglot: Journal of Language, Literature, Cullture, and Education, 13(2), 99–107. http://ojs.uph.edu/index.php/PJI/article/view/325%0Ahttps://ojs.uph.edu/index.php/PJI/article/download/325/201

Rizkita, K., & Supriyanto, A. (2020). Komparasi Kepemimpinan Pendidikan di Indonesia dan Malaysia dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(2), 155–164. https://doi.org/10.21831/jamp.v8i2.32362

Rohmat. (2010). Kepemimpinan Pendidikan, Konsep dan Aplikasi. STAIN Press.

Rosyadi, Y. I., & Pardjono, P. (2015). Peran Kepala Sekolah sebagai Manajer dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMP 1 Cilawu Garut. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(1), 124–133. https://doi.org/10.21831/amp.v3i1.6276

Simamora, M. R., & Hasugian, J. W. (2020). Penanaman Nilai-nilai Kristiani bagi Ketahanan Keluarga di Era Disrupsi. Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 5(1), 13–24.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta, CV.

Wardhani, N. W. (2016). Pembelajaran Nilai-nilai Kearifan Lokal sebagai Penguat Karakter Bangsa melalui Pendidikan Informal. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(1). https://doi.org/10.17509/jpp.v13i1.3504

Wulogening, H. I., & Timan, A. (2020). Implementasi Total Quality Management (TQM) dalam Sistem Manajemen Perencanaan Kepala Sekolah. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(2), 137–146.




DOI: https://doi.org/10.21831/jamp.v11i2.64327

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:



ISSN 2461-0550 (online) || ISSN 2337-7895 (print)

 

RJI Main logo

Creative Commons LicenseJurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats