Efektivitas Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah melalui Komitmen Kerja terhadap Kinerja Guru Merdeka Belajar

Feriawan Efendi, SMKN 1 Panggungrejo Blitar, Indonesia
Hadi Sunaryo, Universitas Islam Malang, Indonesia
Djony Harijanto, Universitas Islam Malang, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap komitmen kerja, pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap kinerja guru dalam implementasi merdeka belajar, mengidentifikasi pengaruh komitmen kerja terhadap kinerja guru dalam implementasi merdeka belajar, serta mengevaluasi pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap kinerja guru dalam implementasi merdeka belajar melalui variabel intervening yaitu komitmen kerja. Metode yang dipakai yaitu survei dengan pendekatan kuantitatif, sampel penelitian sejumlah 244 guru terdiri dari bapak dan ibu guru dari tiga SMA Sekolah Penggerak dan tiga SMK Pusat Keunggulan yang berada di wilayah Blitar yang berfokus pada implementasi merdeka belajar. Hasil penelitian menemukan bahwa gaya kepemimpinan transformasional yang dipraktikkan oleh kepala sekolah mampu meningkatkan komitmen kerja guru dalam implementasi merdeka belajar, penerapan gaya kepemimpinan transformasional oleh kepala sekolah dapat meningkatkan kinerja guru terlebih dalam implementasi merdeka belajar, terdapat keterkaitan antara komitmen kerja dengan kinerja guru dalam implementasi kurikulum merdeka, serta hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan gaya kepemimpinan transformasional secara efektif mampu menumbuhkan komitmen kerja dan memediasi hubungan antara gaya kepemimpinan tersebut dengan kinerja guru merdeka belajar.

Keywords


Kepemimpinan transformasional, komitmen kerja, kinerja guru, merdeka belajar

Full Text:

PDF

References


Abdillah, W., & Hartono, J. (2015). Partial Least Square (PLS): alternatif structural equation modeling (SEM) dalam penelitian bisnis. Yogyakarta: Penerbit Andi, 22, 103-150.

Addin, F. N., Kejora, B., Taufik, M., & Kosim, A. (2020). Pengaruh kepemimpinan transformasional kepala madrasah terhadap kinerja guru di madrasah aliyah ghoyatul jihad kabupaten karawang. Idaarah, 4(2), 153-166.

Alfath, A., Azizah, F. N., & Setiabudi, D. I. (2022). Pengembangan Kompetensi Guru dalam Menyongsong Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Pendidikan, 1(2), 42-50.

Al Khajeh, E. H. (2018). Impact of leadership styles on organizational performance. Journal of Human Resources Management Research, 2018, 1-10.

Angga, A., & Iskandar, S. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5295-5301.

Anwar, M. S. (2022). Ketimpangan aksesibilitas pendidikan dalam perpsektif multikultural education. FOUNDASIA, 13(1).

Arviansyah, M. R., & Shagena, A. (2022). Efektivitas dan Peran Guru dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 17(1), 40-50.

Aziz, N., & Putra, S. D. (2022). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru Pada Sd Kartika 1-11 Padang. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan, 2(2), 1276-1284

Bass, B.M. & Avolio, B.J. 1994. ”Improving Organizational Effectiveness: Through Transformational Leadership”. London: Sagc Publications, Inc.

Budi, I. G. A. A. E., Surtha, I. W., & Mahayasa, I. G. A. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Intervening Pada Graha Kaori Group Di Gianyar:(Studi Kasus Pada Unit Usaha Produk Dupa Aromatherapi). Juima: Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1).

Bustan, B. (2022). Problematika Sistem Pendidikan di Indonesia. JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN, 4(1), 572-575.

Damayani, T., Arafat, Y., & Eddy, S. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja. Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media, 1(1), 46-57.

Darnita, Y., Wibowo, S. H., Toyib, R., Muntahanah, M., & Witriyono, H. (2022). Sosialisasi Platform Teknologi Informasi Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan di SMK Negeri 10 Bengkulu Utara. Prima Abdika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 96-106.

Denziana, A., & Yunggo, E. D. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Struktur Aktiva, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Modal Perusahaan Pada Perusahaan Real Estate And Property Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 8(1).

Effendi, Y. R. (2021). Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Pengimplementasian Program Pendidikan Karakter di Era Global. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 6(1).

F. Hair Jr, J., Sarstedt, M., Hopkins, L., & G. Kuppelwieser, V. (2014). Partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM) An emerging tool in business research. European business review, 26(2), 106-121.

Fitrah, M. (2017). Peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(1), 31-42.

Fitriyah, F., Formen, A., & Suminar, T. (2022, September). Implementasi PAUD Holistik Integratif dalam Upaya Penguatan Sumber Daya Manusia Unggul. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 5, No. 1, pp. 418-422).

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 9. Semarang: Badan penerbit Universitas Diponegoro. Variabel Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 23 (2), 1470, 1494.

Hartatik, S. (2022). PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA (IKM) MELALUI IN HOUSE TRAINING (IHT) DI SDN TLEKUNG 02 KOTA BATU.

Husnah, A., Harapan, E., & Rohana, R. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi terhadap Komitmen Guru dalam Melaksanakan Tugas. Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan, 3(1), 19-30.

Indonesia, P. M. P. N. R. (2020). Nomor 35 Tahun 2010 Tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.

Katman, K., & Akadira, T. (2023). Implementasi Kepemimpinan Transformatif Dan Perbaikan Mutu Pendidikan Pada Program Sekolah Penggerak Di Indonesia. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(1), 378-387.

Kurniawan, Y. (2020). Implementasi merdeka belajar berdasarkan ajaran tamansiswa dalam pembelajaran bahasa inggris lembaga kursus kelas anak-anak.

Kurniawati, F. N. A. (2022). Meninjau Permasalahan Rendahnya Kualitas Pendidikan Di Indonesia Dan Solusi. Academy of Education Journal, 13(1), 1-13.

Lince, L. (2022, May). Implementasi kurikulum merdeka untuk meningkatkan motivasi belajar pada sekolah menengah kejuruan pusat keunggulan. In Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai (Vol. 1, pp. 38-49).

Loan, L. (2020). The influence of organizational commitment on employees’ job performance: The mediating role of job satisfaction. Management Science Letters, 10(14), 3307-3312.

Mardiani, I. N., & Sepdiana, Y. D. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan. MASTER: Jurnal Manajemen Strategik Kewirausahaan, 1(1), 1-10.

Marliyani, T., & Iskandar, S. (2022). Program Sekolah Penggerak (PSP) Terhadap Kinerja dan Manajemen Kepala Sekolah. Jurnal Basicedu, 6(4), 6679-6685.

Mendikbudristek Nomor 56/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran

Moscoviz, L., & Evans, D. K. (2022). Learning loss and student dropouts during the covid-19 pandemic: A review of the evidence two years after schools shut down (pp. 1-24). Center for Global Development.

Mubarak, A., & Darmanto, S. (2015). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Intervening (Studi pada PNS di Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang). MAKSIMUM: Media Akuntansi Universitas Muhammadiyah Semarang, 5(1), 1-16.

Munawar, M. (2022). Merdeka Belajar. JURNAL PEDAGOGY, 15(2), 137-149.

Nabila, A., & Fathurrohman, N. (2022). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9544-9549.

Nguyen, H. M., Mai, L. T., & Huynh, T. L. (2019). The role of transformational leadership toward work performance through intrinsic motivation: A study in the pharmaceutical field in vietnam. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 6(4), 201-212.

Özgenel, M. (2019). An antecedent of teacher performance: Occupational commitment. International Journal of Eurasian Education and Culture, 7, 100-126.

Oupen, S. M., Agung, A. A. G., & Yudana, I. M. (2020). Kontribusi Kepemimpinan Transformasional, Budaya Organisasi, Disiplin Kerja, Dan Motivasi Kerja, Terhadap Komitmen Organisasional Guru Sd. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 11(1), 32-41.

Patilima, S. (2022, January). Sekolah Penggerak sebagai upaya peningkatan kualitas pendidikan. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.

Permatasari, K. C., & Supartha, W. G. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Budaya Organisasi, Dan Keadilan Organisasi Terhadap Komitmen Organisasional Pada CV. Megah Food Trading (Doctoral dissertation, Udayana University).

Rahayu, R. S. (2018). Implementasi kepemimpinan transformasional kepala sekolah dasar negeri. JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan), 2(3), 192-201.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313-6319.

Rahayuningsih, S., & Rijanto, A. (2022). Upaya Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah sebagai Pemimpin Pembelajaran pada Program Sekolah Penggerak di Nganjuk. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 2(02), 120-126.

Rasidin, R., Disman, D., & Rahmat, P. S. (2022). Hubungan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi dengan Kinerja Guru Sekolah Menengah Pertama Negeri di Gugus Luragung Kabupaten Kuningan. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 19(01), 41-48

Ritonga, D. E., Pohan, R., Sianturi, R., Hutagalung, G. R., & Purba, G. H. (2020). Pengaruh Pengalaman Mengajar, Etos Kerja Dan Motivasi Mengajar Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri 1 Sibolga. JEKKP (Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Kebijakan Publik), 2(2), 126-138.

Rivaldo, Y., Sulaksono, D. H., & Pratama, Y. (2021). Pengaruh Stres Kerja, Komunikasi, Komitmen Organisasi Dan Motivasi Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Damkar Pemko Batam. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 1(1), 49-58.

Robbins, S. P. and Judge, T. A. (2013). Organizational Behavior. Fifteenth Edition. Prentice Hall, Pearson Education, Inc. New Jersey.

Robbins, S. P., Judge, T. A., & Campbell, T. T. (2017). Organizational behaviour. pearson.

Saenah, E. (2022). Pengaruh Modernisasi Abad 21 Terhadap Peran Guru Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(1), 129-136.

Serlinda, S., & Zakaria, Z. (2019). KOMITMEN GURU DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL SEBAGAI PENDIDIK. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 13(1).

Setiawati, F. (2022). Dampak Kebijakan Perubahan Kurikulum terhadap Pembelajaran di Sekolah. NIẒĀMULILMI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 1-17.

Simanjuntak, J. M. (2021). The Impact of Principal Leadership on The Effectiveness of Learning in Christian Senior High School in Bandung, Indonesia. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(1), 11–21

Suhandi, A. M., & Robi'ah, F. (2022). Guru dan tantangan kurikulum baru: Analisis peran guru dalam kebijakan kurikulum baru. Jurnal Basicedu, 6(4), 5936-5945.

Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Analisis implementasi kurikulum merdeka di sekolah penggerak sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248-8258.

Supandi, E. D. (2020, February). Pengaruh Remunerasi dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan Menggunakan Structural Equation Modelling. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 3, pp. 84-94).

Suryaman, M. (2020, October). Orientasi pengembangan kurikulum merdeka belajar. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra (pp. 13-28).

Suryana, C., & Iskandar, S. (2022). Kepemimpinan kepala sekolah dalam menerapkan konsep merdeka belajar di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7317-7326.

Sutisna, S. (2022). Peranan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dalam Evaluasi Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Umum dan Islam di Provinsi Banten Tahun 2019-2021 (Doctoral dissertation, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten).

Sutrisno 2021, https://vokasi.kemdikbud.go.id/read/b/yuk-mengenal-smk-pk, diakses 30 Januari 2023

Suwatno, P. (2019). Kepemimpinan dalam oraganisasi public dan bisnis. Jakarta: Bumi Aksara.

Suzannaa, D., & Rizky, F. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMA di Kabupaten Sintang. In Proceeding Seminar Nasional Bisnis, Seri VI (pp. 257-268).

Syafi’i, F. F. (2022, January). Merdeka belajar: sekolah penggerak. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.

Utarayana, I. G., & Adnyani, I. G. A. D. (2020). Pengaruh Budaya Organisasi, Motivasi Kerja, Dan Kepemimpinan Transformasional Terhadap Komitmen Organisasional (Doctoral dissertation, Udayana University).

Wibowo. (2016). Manajemen Kinerja, Edisi Kelima. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Windasari, W., Roesminingsih, E., & Trihantoyo, S. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Perubahan Organisasi Sekolah Dasar. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(1), 99-110.

Yasin, I. (2022). Guru Profesional, Mutu Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 3(1), 61-66.




DOI: https://doi.org/10.21831/jamp.v11i2.60605

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:



ISSN 2461-0550 (online) || ISSN 2337-7895 (print)

 

RJI Main logo

Creative Commons LicenseJurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats