Metode dan lembar pantauan tugas aktif berbasis pemberdayaan siswa untuk meningkatkan sikap tanggung jawab

Mohamad Deden Mutakin, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Terdapat permasalahan berupa rendahnya tanggung jawab siswa dalam mengumpulkan tugas. Metode Tugas Aktif dan Lembar Pantauan Tugas Aktif Berbasis Pemberdayaan Siswa merupakan salah satu metode dalam upaya meningkatkan tanggung jawab pengumpulan tugas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan tanggung jawab siswa dalam mengumpulkan tugas rumah (PR) yang berbasis pemberdayaan siswa. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Peneliti menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari tahapan; (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Subjek penelitian utama dalam penelitian ini adalah siswa kelas 4IIS 1 (kelas X IPS 1) sebanyak 32 siswa, kelas ini dipilih karena merupakan kelas yang sangat rendah dalam tanggung jawab pengumpulan tugas dari semua mata pelajaran. Kemudian subjek penelitian pelengkap yaitu; semua guru pengampu mata pelajaran kelas 4IIS 1 yang berjumlah 25 guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode dan lembar pantauan tugas aktif berbasis pemberdayaan siswa untuk meningkatkan tanggung jawab pengumpulan tugas dapat dilakukan siswa dengan baik dan mudah dalam pengaplikasian. Siswa menjalankan alur metode dengan baik dan masing-masing siswa melaksanakan tupoksi sesuai dengan sintaksis metode. Setelah penerapan metode dan lembar pantauan tugas aktif, siswa saling membantu dalam mencapai tujuan yang sama yaitu upaya tertib dalam pengumpulan tugas.

Keywords


pemberdayan siswa, metode tugas aktif, lembar pantauan

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Ahmadi & Supriyono, Widodo. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Asmika Y. (2015). Identifikasi Faktor Eksternal Penyebab Siswa Tidak Mengerjakan Pekerjaan Rumah Di SMP Negeri 25 Kota Jambi. Program Studi Bimbingan Dan Konseling Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi.

Astiara, et al, (2017) Faktor Yang Menyebabkan Siswa Tidak Menyelesaikan Tugas Di Kelas III SD Negeri 02 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah. 2(3): 58- 57.

Bogdan and Biklen (1982). Qualitative Data Analysis : A Sourcebook of New Methods. California: Sage.

Christenson, J. A. and Robinson, J. W. (1989). Community Development in Perspective. Iowa State University Press.

Dalyono, M. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Febriani, E. (2019). Peningkatan Kedisiplinan Dalam Mengerjakan Tugas Melalui Layanan Penguasaan Konten Teknik Self Management Pada Kelas X IIS 1 SMA Negeri 1 Pecangaan Jepara. Skripsi. Program Studi Bimbingan Dan Konseling Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus.

Harahap, B. J. (2018). Meningkatkan Karakter Tanggung Jawab Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Dengan Model Kooperatif Tipe TAI Di MTs Aisyiyah Sumatera Utara T.P 2017/2018. Skripsi. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan.

Husna, N. (2020). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa melalui Penerapan Metode Cooperative Script pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SDN 004 Kalotok Kecamatan Sabbang Selatan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Cokroaminoto

Kementerian Pendidikan Nasional (2010). Panduan Peningkatan Kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Nonformal dalam Rangka Pendidikan Untuk Pembangunan Berkelanjutan (Education for Sustainable Development) Melalui Pusat Pengembangan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK). Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Kusumah, W. dan Dwitagama, D.. (2009). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Idenks.

Ismini, L. (2022). Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Jarak Jauh (Distance Learning) Berbantuan Moda Kombinasi Pada Materi Interaksi Sosial Di Kelas VII D SMPN 1 Labuhan Haji Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021. Journal Ilmiah Rinjani (JIR). Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani. 10(1): 118-129.

Latun, U. (2021). Modifikasi Pekerjaan Rumah (PP) Sebagai Wahana Penguatan Pendidikan Karakter. Jurnal WUNY. 3(1): 62-72. http://dx.doi.org/10.21831/jwuny.v3i1.40707

Mariana D. (2016). Analisis Faktor Penyebab Siswa Mengalami Kesulitan Belajar Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP LKIA Pontianak. Program Studi Bimbingan Dan Konseling Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura Pontianak.

Miles, M.B & Huberman A.M. (1992). Analisis Data Kualitatif. Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

MR, M. I. F. (2017). Manajemen Pondok Pesantren Dalam Menjawab Tantangan Modernitas: Studi Multisitus di Pondok Pesantren Lirboyo dan Pondok Pesantren Al-Falah Kediri. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 17(1), Article 1. https://doi.org/10.21274/dinamika.2017.17.1.67-88

MR, M. I. F. (2019). Learning Patterns of Deaf Students in Islamic Religious Studies. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v6i1.3821

MR, M. I. F., Anam, A. M., Agustinova, D. A., Prasastiawati, D., Awalin, F. R. N., & Yaacob, N. H. (2024). Community-based Islamic education: Democratizing learning through local wisdom. Jurnal Ilmiah WUNY, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.21831/jwuny.v6i2.76362

MR, M. I. F., & Widiastuti, A. (2024). ‪Pendidikan Sociopreneur Komunitas Muslim: Integrasi Nilai Islam dan Kewirausahaan Sosial. UNY Press. https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=qs3egR0AAAAJ&sortby=pubdate&authuser=1&citation_for_view=qs3egR0AAAAJ:eQOLeE2rZwMC‬

MR, M. I. F., Widiastuti, A., & Widodo, S. F. A. (2024). ‪Sekolah Yang-Eyang Modeling For Grandchild Caregiving: A Lesson From East Java, Indonesia. https://iceri.uny.ac.id/sites/iceri.uny.ac.id/files/download-file/Prosiding%20ICERI%202024.pdf‬

Mutakin, M. D. (2022a). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS Menggunakan Aplikasi Google Form di Kelas 1G Madrasah Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta. Jurnal Kiprah, 10(1), 12–22. https://doi.org/10.31629/kiprah.v10i1.4179

Mutakin, M. D. (2022b). Peningkatan Capaian Pengumpulan Tugas Aktif Dan Hasil Belajar Ips Dengan Menggunakan Aplikasi Google Form. Jurnal WUNY. 4(1): 79-92. http://dx.doi.org/10.21831/jwuny.v4i1.45351

Mutakin, M. D. (2024). Metode Tugas Aktif Dan Lembar Pantauan Tugas Aktif Berbasis Pemberdayaan Siswa. Nomor dan tanggal permohonan: EC002024209432, 21 Oktober 2024. Nomor pencatatan: 000781864. Surat Pencatatan Ciptaan. Kementerian Hukum dan Ham Republik Indonesia.

Ni’mah, F. (2017). Penerapan Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing Disertai Media Video Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Ipa Siswa Kelas VII. Jurnal Profesi Keguruan (JPK), 3(1): 43-59.

Nurwati, N. dan Purwanti, H. (2021). Pemanfaatan Video Tutorial (Demonstrasi) Pada Pembelajaran PCKI Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal WUNY, 3(2): 1-17. 10.21831/jwuny.v3i2.42426

Rahman, L. A. (2020). Meningkatkan Sikap Tanggung Jawab Siswa Pada Tema Indahnya Kebersamaan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Pada Siswa Kelas IV SD Inpres Pa’baeng-Baeng 1 Makassar. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makassar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Gurusekolah Dasar.

Resita, M. (2020). Peningkatan Sikap Tanggung Jawab Dan Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN Demangan Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Cacah Menggunakan Model PBL. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Sa’adah, S. (2015). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran PKn Melalui Penerapan Metode Kerja Kelompok di Kelas V SDN Pisangan 03. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Setiawan, N. F. (2013). Peningkatan Tanggung Jawab Dan Hasil Belajar Dengan Strategi Pembelajaran Quiz Team (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII F Semester Genap SMP Negeri 3 Colomadu Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sulistyaningrum, E. H. & Paksi, H.P. (2019). Pengembangan Buku Tugas Harian Dalam Rangka Memperkuat Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(6). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/30091

Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di SMK Negeri 1 Saptosari. Jurnal Electronics, Informatics, and Vocational Education (ELINVO), 1(2): 128-139.

Widiastuti, A. (2020). Data, Teknik Pengumpulan Data, dan Instrumen Penelitian. Yogyakarta Country University, Yogyakarta, Ind.

Widiastuti, A. & MR, M.I.F. (2024). Meningkatkan Sikap Sociopreneur Peserta Didik Melalui Social Action Project dan Project Based Learning. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 14(2), 107–118. https://doi.org/10.24246/j.js.2024.v14.i2.p107-118

Widiastuti, A. & Wulandari, T. (2024). Social Action Project to Enhance Entrepreneurial Competencies. Jurnal Pendidikan Indonesia, 13(3), 483-491. https://doi.org/10.23887/jpiundiksha.v13i3.69631

Widiastuti, A., MR, M.I.F., Widodo, S.A.F., Ahmed, T., & Shahzeb. (2024). Integration of Pancasila and Islamic values in Indonesia’s futuristic education transformation: Multicultural analysis. Journal of Social Studies (JSS), 20(2), 133-144 doi: 10.21831/jss.v20i2.76379.133-144

Widiastuti, A., Supriatna, N., Disman, D., & Nurbayani, S. (2023). The urgency of social-creativepreneurship competency in social studies learning during the Covid-19 pandemic: Teachers' perception. Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 42(2), 470-482. DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v42i2.45754

Widiastuti, A., Supriatna, N., Disman, D., & Nurbayani, S. (2023). Development of learning models to increase entrepreneurship competency. Malaysian Online Journal of Educational Management (MOJEM), 11(2), 1 - 17. https://ejournal.um.edu.my/index.php/MOJEM/article/view/43059

Zaeni, J. A., & Hidayah, F. F. (n.d). Analisis Keaktifan Siswa Melalui Penerapan Model Teams Gamestournaments (TGT) Pada Materi Termokimia Kelas XI IPA 5 Di SMA N 15 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Sains dan Teknologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Muhammadiyah Semarang. ISBN : 978-662-61599-6-0.

Zubaedi, (2013). Pengembangan Masyarakat. Wacana dan Praktik. Kencana Prenada Media Group Press. Jakarta.

Zubaidah, S. (2018). “Mengenal 4C: Learning and Innovation Skills Untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0." Proceedings 2nd Science Education National Conference, 1-18. DOI: https://doi.org/10.59052/edufisika.v8i2.25702.




DOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v7i1.82158

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmiah WUNY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Supported by:

RJI Main logo 

Flag Counter

 View My Stats