Pemanfaatan media pembelajaran audio visual pada program Kampus Mengajar di sekolah dasar
Abstract
Berdasarkan hasil observasi hasil belajar siswa di SD N 2 Tanjung, ditemukan data bahwa 55% siswa kelas V tidak memenuhi kriteria ketuntasan minimum belajar. Sehingga dibutuhkan cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa, salah satunya ialah dengan memanfaatkan media pembelajaran audio visual. Pada penelitian ini peneliti ingin menganalisis pemanfaatan media pembelajaran audio visual pada program kampus mengajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa khususnya kelas V. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa selama mengikuti kegiatan kampus mengajar. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 2 Tanjung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuisioner dan wawancara. Analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, verifikasi/menarik kesimpulan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil belajar siswa pada saat mengikuti kegiatan kampus mengajar mengalami peningkatan hasil belajar yang signifikan yakni sebesar 81,89 %. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti merekomendasikan pemanfaatan media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adnan, Mf., Sonang Siregar, P., & Rokania, S. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar (Vol. 4, Issue 2). https://jbasic.org/index.php/basicedu.
Bahri Arifin, M., Yulinda Ari Wardani, dan, Mulawarman, U., & Kalimantan Timur, S. (2020). Pengembangan Media Audio Visual Menggunakan Contextual Teaching And Learning (Ctl) Dalam Pembelajaran Menulis Paragraf Narasi Pada Siswa Kelas Vii Smp The Development of Audio-Visual Media Using Contextual Teaching and Learning (CTL) in the Learning of Writing Narrative Paragraph for Class VII Students of Junior High School. 3, 373–384. http://diglosiaunmul.com/index.php/diglosia/article/view/146.
Fatimah, W., Iskandar, A. M., Abustang, P. B., & Rosarti, M. S. (2022). Media Pembelajaran Audio Visual Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar IPS Masa Pandemi. Jurnal Basicedu, 6(6), 9324–9332. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.3287.
Fauziah, M. P., & Ninawati, M. (2022). Pengembangan Media Audio Visual (Video) Animasi Berbasis Doratoon Materi Hak dan Kewajiban Penggunaan Sumber Energi Mata Pelajaran PPKn di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6505–6513. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3257.
Fitriana, T. R., & Verrysaputro, E. A. (2021). Nilai Pendidikan Karakter Tokoh Prabu Kresna dalam Serat Pedhalangan Lampahan Tunggul Wulung Pathet Nem untuk Siswa Sekolah Dasar. Piwulang : Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa, 9(1), 43–52. https://doi.org/10.15294/piwulang.v9i1.43443
.
Lestari, P. I., & Suastika, N. (2021). Indonesian Journal of Learning Education and Counseling Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual PPKn Muatan Persatuan dalam Keberagaman Artikel info. 4(1), 34–42. https://doi.org/10.31960/ijolec.
Mayoli, E., & Tamrin, M. I. (2024). Efektivitas Pembelajaran Dengan Menggunakan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran Pai Di Sdn 27 Ladang Hutan. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 2(1), 100–105.
MR, M. I. F. (2017). Manajemen Pondok Pesantren Dalam Menjawab Tantangan Modernitas: Studi Multisitus di Pondok Pesantren Lirboyo dan Pondok Pesantren Al-Falah Kediri. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 17(1), Article 1. https://doi.org/10.21274/dinamika.2017.17.1.67-88
MR, M. I. F. (2019). Learning Patterns of Deaf Students in Islamic Religious Studies. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v6i1.3821
MR, M. I. F., Anam, A. M., Agustinova, D. A., Prasastiawati, D., Awalin, F. R. N., & Yaacob, N. H. (2024). Community-based Islamic education: Democratizing learning through local wisdom. Jurnal Ilmiah WUNY, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.21831/jwuny.v6i2.76362
MR, M. I. F., & Widiastuti, A. (2024). Pendidikan Sociopreneur Komunitas Muslim: Integrasi Nilai Islam dan Kewirausahaan Sosial. UNY Press. https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=qs3egR0AAAAJ&sortby=pubdate&authuser=1&citation_for_view=qs3egR0AAAAJ:eQOLeE2rZwMC
MR, M. I. F., Widiastuti, A., & Widodo, S. F. A. (2024). Sekolah Yang-Eyang Modeling For Grandchild Caregiving: A Lesson From East Java, Indonesia. https://iceri.uny.ac.id/sites/iceri.uny.ac.id/files/download-file/Prosiding%20ICERI%202024.pdf
Mubarok, H., Aliansyah, M. U., Maimunah, S., & Hamdiah, D. M. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Terhadap Minat Belajar Siswa Di Pesantren Ainul Hasan (Vol. 1, Issue 7).
Nomleni, F. T., Sarlotha, T., & Manu, N. (2021). Pengembangan Media Audio Visual dan Alat Peraga dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah.
Nopitri, R., Irdayani, S., & Agama Kristen Negeri Palangka Raya, I. (2023). Problematika Guru Dalam Media Pembelajaran Audio-Visual Di Sma Negeri 4 Palangka Raya. Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan, 1(3), 1–13. https://ejournal.lpipb.com/index.php/inovasi.
Safitri, R. L., & Kasriman, K. (2022). Pengaruh Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Materi Siklus Air pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8746–8753. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3939.
Sapriyah. (2019). Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. 2(1), 470–477.
Verrysaputro, A., Sholikhati, N. I., & Wijayanti, L. T. (2022). 13(2), 153–157. https://doi.org/10.31764.
Verrysaputro, E. A., & Fitriana, T. R. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Kontekstual untuk Perkembangan Anak Usia 15 Bulan. Hadlonah : Jurnal Pendidikan Dan Pengasuhan Anak, 3(2), 142–149.
Verrysaputro, E.A., Subekti, P.A., (2023). Kontribusi Mata Pelajaran Muatan Lokal Bahasa Jawa Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka. In Jurnal Pengembangan Bahasa dan Sastra Daerah (Vol. 1). https://afeksi.id/journal3/index.php/jpbd/.
Widhayanti, A., & Abduh, M. (2021). Penggunaan Media Audiovisual Berbantu Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1652–1657. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.975.
DOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v7i1.72894
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmiah WUNY

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Supported by: