Peningkatan keterampilan kolaborasi dalam pembelajaran matematika melalui problem based learning pada siswa SMA
Abstract
Keterampilan kolaborasi merupakan suatu proses bekerja sama, berkoordinasi, berkelompok hingga saling membantu, dan memahami satu sama lain dalam kelompok. Indikator keterampilan kolaborasi yaitu ikut serta dengan proaktif, melakukan kerja dengan kompromi, fleksibilitas, tanggung jawab, serta produktif serta saling menghargai satu dengan lainnya. Contoh metode belajar yang bisa dimanfaatkan guna mengoptimalkan keterampilan kolaborasi siswa yakni dengan menggunakan model problem based learning (PBL). Problem Based Learning (PBL) adalah suatu pendekatan belajar yang berbasis masalah nyata guna mengembangkan keterampilan pemecahan masalah dan membangun pengetahuan baru. Sintaks Problem Based Learning (PBL) yaitu mengorientasikan permasalahan, mengatur siswa, menuntun penelitian, mengembangkan serta melaporkan data dan menganalisa tahap memecahkan permasalahan serta menarik simpulan. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan peningkatan keterampilan kolaborasi pada subjek matematika lewat Problem Based Learning (PBL) di murid. Studi ini adalah studi tindakan kelas melalu pemanfaatan 2 siklus. Subjek pada studi ini yakni murid di salah satu SMA swasta di Surakarta sebanyak 38 pelajar. Metode perolehan data penelitian ini adalah pengamatan, wawancara, serta pengambilan gambar maupun rekam suara. Analisa informasi menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil studi menunjukkan bahwasanya pada pra siklus memperoleh persentase rerata sebanyak 37,11%, siklus 1 memperoleh persentase rata-rata sebesar 56,05%, dan siklus 2 mendapatkan persentase rerata senilai 79,47%. Dengan hasil tersebut, memperlihatkan keberadaan optimalisasi keterampilan berkolaborasi terlihat dari pra siklus, siklus 1, dan siklus 2.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ambarwati, M. C., & Widodo, R. (2023). Peningkatan Kolaborasi Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Problem-Based Learning. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 0066, 9–16. Https://Ejournal.Umm.Ac.Id/Index.Php/Jppg/Article/View/25484
Anggraini, K. N., Octaria, D., & Sumarno, E. (2023). Implementasi Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi Model Pembelajaran Problem Based Learninguntuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas X SMAN 2 Palembang. Sinar Edukasi, 04(03), 31–48. Https://Iitss.Or.Id/Ojs/Index.Php/Jse/Article/View/71/56
Aprilyada, G., Akbar Zidan, M., Adypon Ainunisa, R., & Winarti, W. (2023). Peran Kajian Pustaka Dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(2), 165–173.
Ayu Wulandari, C., Rahmaniati, R., & Hikmah Kartini, N. (2021). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Dan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Teams Games Tournament. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 16(1), 1–11. Https://Doi.Org/10.33084/Pedagogik.V16i1.2331
Balqist, A., Jalmo, T., & Yolida, B. (2019). Penggunaan Model Discovery Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Dan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik. Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 2(1), 1–19. Http://Www.Scopus.Com/Inward/Record.Url?Eid=2-S2.0-84865607390&Partnerid=Tzotx3y1%0Ahttp://Books.Google.Com/Books?Hl=En&Amp;Lr=&Amp;Id=2LIMMD9FVXkC&Amp;Oi=Fnd&Amp;Pg=PR5&Amp;Dq=Principles+Of+Digital+Image+Processing+Fundamental+Techniques&Amp;Ots=Hjrheus_
Bedir, H. (2019). Journal Of Language And Linguistic Studies. 15(1), 231–246.
Candra Dewi, I. G. A., Sujana, I. W., & Suniasih, N. W. (2019). Korelasi Antara Sikap Tanggung Jawab Dalam Menyelesaikan Tugas-Tugas Dengan Kompetensi Pengetahuan IPS. International Journal Of Elementary Education, 3(1), 62. Https://Doi.Org/10.23887/Ijee.V3i1.17657
Cheng, F. F., Wu, C. S., & Su, P. C. (2021). The Impact Of Collaborative Learning And Personality On Satisfaction In Innovative Teaching Context. Frontiers In Psychology, 12(September), 1–13. Https://Doi.Org/10.3389/Fpsyg.2021.713497
Dhitasarifa, I., Yuliatun, A. D., & Savitri, E. N. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Pada Materi Ekologi Di SMP Negeri 8 Semarang. Seminar Nasional IPA, 684–694. Https://Proceeding.Unnes.Ac.Id/Index.Php/Snipa/Article/View/2358%0Ahttps://Proceeding.Unnes.Ac.Id/Index.Php/Snipa/Article/Download/2358/1842
Fahmi, A. N., Pendidikan, P. T., Negeri, U., Maret, S., Videoscribe, S., Info, A., & Videoscribe, S. (2020). Edagogia Jurnal Ilmu Pendidikan. 2, 17(03), 229–238.
Firman, Syamsiara Nur, & Moh. Aldi SL.Taim. (2023). Analysis Of Student Collaboration Skills In Biology Learning. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 7(1), 82–89. Https://Doi.Org/10.33369/Diklabio.7.1.82-89
Fitriyani, D., Jalmo, T., & Yolida, B. (2019). Penggunaan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Dan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Bioterdidik, 7(2), 103–111.
Garnjost, P., & Brown, S. M. (2018). Undergraduate Business Students’ Perceptions Of Learning Outcomes In Problem Based And Faculty Centered Courses. International Journal Of Management Education, 16(1), 121–130. Https://Doi.Org/10.1016/J.Ijme.2017.12.004
Handayani, A., & Koeswanti, H. D. (2021). Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Basicedu, 5(3), 1349–1355. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i3.924
Hartina, A. W., Wahyudi, & Permana, I. (2022). Dampak Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Dalam Pembelajaran Tematik. Journal Of Education Action Research, 6(3), 341–347. Https://Ejournal.Undiksha.Ac.Id/Index.Php/JEAR/Article/View/49828
Hendriana, H., Johanto, T., & Sumarmo, U. (2018). The Role Of Problem-Based Learning To Improve Students’ Mathematical Problem-Solving Ability And Self Confidence. Journal On Mathematics Education, 9(2), 291–299. Https://Doi.Org/10.22342/Jme.9.2.5394.291-300
Hidayati, N., Zubaidah, S., & Amnah, S. (2023). Effective Learning Model Bases Problem Based Learning And Digital Mind Maps To Improve Student’s Collaboration Skills. International Journal Of Evaluation And Research In Education, 12(3), 1307–1314. Https://Doi.Org/10.11591/Ijere.V12i3.22654
Hidayati, R. M., & Wagiran, W. (2020). Implementation Of Problem-Based Learning To Improve Problem-Solving Skills In Vocational High School. Jurnal Pendidikan Vokasi, 10(2), 177–187. Https://Doi.Org/10.21831/Jpv.V10i2.31210
Hommes, J., Van Den Bossche, P., De Grave, W., Bos, G., Schuwirth, L., & Scherpbier, A. (2014). Understanding The Effects Of Time On Collaborative Learning Processes In Problem Based Learning: A Mixed Methods Study. Advances In Health Sciences Education, 19(4), 541–563. Https://Doi.Org/10.1007/S10459-013-9487-Z
Jeroen, J. (2019). Tinjauan Sistematis Bimbingan Guru Selama Pembelajaran Kolaboratif Di Pendidikan Dasar Dan Menengah. 27, 71–89.
Le, H., Janssen, J., & Wubbels, T. (2018). Collaborative Learning Practices: Teacher And Student Perceived Obstacles To Effective Student Collaboration. Cambridge Journal Of Education, 48(1), 103–122. Https://Doi.Org/10.1080/0305764X.2016.1259389
Lelasari, M., Setyosari, P., & Ulfa, S. (2017). Pemanfaatan Social Learning Network Dalam Mendukung Keterampilan Kolaborasi Siswa. Prosiding TEP & Pds, 3(2), 167–172. Https://Pasca.Um.Ac.Id/Conferences/Index.Php/Sntepnpdas/Article/View/859
Miller, R. J., & Maellaro, R. (2016). Getting To The Root Of The Problem In Experiential Learning: Using Problem Solving And Collective Reflection To Improve Learning Outcomes. Journal Of Management Education, 40(2), 170–193. Https://Doi.Org/10.1177/1052562915623822
MR, M. I. F. (2017). Manajemen Pondok Pesantren Dalam Menjawab Tantangan Modernitas: Studi Multisitus di Pondok Pesantren Lirboyo dan Pondok Pesantren Al-Falah Kediri. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 17(1), Article 1. https://doi.org/10.21274/dinamika.2017.17.1.67-88
MR, M. I. F. (2019). Learning Patterns of Deaf Students in Islamic Religious Studies. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v6i1.3821
MR, M. I. F., Anam, A. M., Agustinova, D. A., Prasastiawati, D., Awalin, F. R. N., & Yaacob, N. H. (2024). Community-based Islamic education: Democratizing learning through local wisdom. Jurnal Ilmiah WUNY, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.21831/jwuny.v6i2.76362
MR, M. I. F., & Widiastuti, A. (2024). Pendidikan Sociopreneur Komunitas Muslim: Integrasi Nilai Islam dan Kewirausahaan Sosial. UNY Press. https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=qs3egR0AAAAJ&sortby=pubdate&authuser=1&citation_for_view=qs3egR0AAAAJ:eQOLeE2rZwMC
MR, M. I. F., Widiastuti, A., & Widodo, S. F. A. (2024). Sekolah Yang-Eyang Modeling For Grandchild Caregiving: A Lesson From East Java, Indonesia. https://iceri.uny.ac.id/sites/iceri.uny.ac.id/files/download-file/Prosiding%20ICERI%202024.pdf
Mufidah, L. (2021). Urgensi Penelitian Tindakan Kelas Dalam Memperbaiki Praksis Pembelajaran. At-Tajdid : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 4(02), 168. Https://Doi.Org/10.24127/Att.V4i02.1426
Nasution, A. A., Siregar, R. W., Usnur, U. H., Islam, U., & Sumatera, N. (2021). 35-Article Text-107-1-10-20210824. 1(2), 78–89.
Nurunnada, H., Rati, A. K., Inwanti, S. N., Faturrohman, H., Murtini, T., & Kondang, E. V. (2023). Implementasi Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas V SD Pancasila. Jurnal Ilmiah Multidisipline, 1(11), 100–105.
Palupi, I. D. R., Ermawati, Prayitno, I. M., & Hartatik, R. N. (2023). Improving Collaboration Skills Through Problem Based Learning In Elementary School Mathematics. Proceedings Of International Conference On Teacher Profession Education Yogyakarta, July, 772–782.
Perusso, A., & Baaken, T. (2020). Assessing The Authenticity Of Cases, Internships And Problem-Based Learning As Managerial Learning Experiences: Concepts, Methods And Lessons For Practice. International Journal Of Management Education, 18(3), 100425. Https://Doi.Org/10.1016/J.Ijme.2020.100425
Puspitasari, N. (2018). Peningkatan Collaboration Skill Siswa Sebagai Kecakapan Abad 21 Melalui Pembelajaran Model Cooperative Learning Tipe Team Accelerated Instruction (Tai) Mata Pelajaran Ipa Di Sd Negeri Kotagede 1. Basic Education, 7(38), 3-767-3.780. Https://Journal.Student.Uny.Ac.Id/Index.Php/Pgsd/Article/View/14023
Rahim, M. M. P. (2018). Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling. Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 4(2), 77–87. Http://Download.Garuda.Kemdikbud.Go.Id/Article.Php?Article=933094&Val=7686&Title=Pengembangan Panduan Bimbingan Dan Konseling Untuk Mengembangkan Kecerdasan Sosial Siswa
Riak, S., & Hananto. (2023). 1942-Article Text-8733-1-10-20230813. 14(2), 890–905.
Riduwan. (2019). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan Dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Riskayanti, Y. (2021). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis, Komunikasi, Kolaborasi Dan Kreativitas Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Di Sma Negeri 1 Seteluk. SECONDARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 1(2), 19–26. Https://Doi.Org/10.51878/Secondary.V1i2.117
Rismayani, R., Dantes, N., & Yudiana, K. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERORIENTASI TRI HITA KARANA TERHADAP HASIL BELAJAR Pkn. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 3(1), 32–41. Https://Doi.Org/10.23887/Pips.V3i1.2879
Rosnaeni, R. (2021). Karakteristik Dan Asesmen Pembelajaran Abad 21. Jurnal Basicedu, 5(5), 4341–4350. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i5.1548
Rozikin, S., Amir, H., & Rohiat, S. (2018). Hubungan Minat Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kimia Di Sma Negeri 1 Tebat Karai Dan Sma Negeri 1 Kabupaten Kepahiang. Alotrop, 2(1), 78–81. Https://Doi.Org/10.33369/Atp.V2i1.4740
Safitri, N. L. (2019). ANALISIS PENINGKATAN PARTISIPASI AKTIF MAHASISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE KANCING WARNA PADA MATA KULIAH STRATEGI BELAJAR MENGAJAR. September 2019, 1–6.
Sajidan, Suranto, Atmojo, I. R. W., Saputri, D. Y., & Etviana, R. (2022). Problem-Based Learning-Collaboration (Pbl-C) Model In Elementary School Science Learning In The Industrial Revolution Era 4.0 And Indonesia Society 5.0. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 11(3), 477–488. Https://Doi.Org/10.15294/Jpii.V11i3.30631
Samosir, C. M., Muhammad, I., Marchy, F., & Elmawati, E. (2023). Research Trends In Problem Based Learning In Middle School (1998-2023): A Bibliometric Review. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 6(1), 46–58. Https://Doi.Org/10.32923/Kjmp.V6i1.3237
Samrose, S., Zhao, R., White, J., Li, V., Nova, L., Lu, Y., Ali, M. R., & Hoque, M. E. (2018). Coco. Proceedings Of The ACM On Interactive, Mobile, Wearable And Ubiquitous Technologies, 1(4), 1–24. Https://Doi.Org/10.1145/3161186
Tarihoran, E. (2019). Guru Dalam Pengajaran Abad 21. SAPA - Jurnal Kateketik Dan Pastoral, 4(1), 46–58. Https://Doi.Org/10.53544/Sapa.V4i1.68
Thorndahl, K. L., & Stentoft, D. (2020). Thinking Critically About Critical Thinking And Prob-Lem-Based Learning In Higher Education: A Scoping Review. Interdisciplinary Journal Of Problem-Based Learning, 14(1), 1–21. Https://Doi.Org/10.14434/Ijpbl.V14i1.28773
Ulhusna, M., Putri, S. D., & Zakirman, Z. (2020). Permainan Ludo Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. International Journal Of Elementary Education, 4(2), 130. Https://Doi.Org/10.23887/Ijee.V4i2.23050
Umami, F., Putri Rahayu, A., Ibnu Rusyd Tanah Grogot, S., Timur-Indonesia, K., Ma, S., & Magetan, Arif. (2023). The Application Of The Team Game Tournament (Tgt) Learning Model In Increasing Student Interest In Learning. Society And Humanity, 01(01), 2023.
Zulfa, T., Tursinawati, T., & Darnius, S. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(4), 2111–2120. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V7i4.5451
DOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v7i1.72856
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmiah WUNY

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Supported by: