Pengembangan angket respon mahasiswa terhadap penggunaan media video pada pembelajaran IPA materi zat aditif pada makanan

Anggun Dwi Cahyani, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Alisa Ufi Fadmarani, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Asni Zuhriyanti, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Najma Nurlaila Arifianto, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Risma Permata Hati, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap penggunaan media video dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan fokus pada materi Zat Aditif pada Makanan. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Respon mahasiswa diambil sebanyak 24 orang mahasiswa Pendidikan IPA Semester 5 kelas F yang berasal dari Universitas Negeri Yogyakarta yang ada di wilayah Sleman Yogyakarta menggunakan angket respon dengan google form. Angket dirancang untuk mengukur persepsi, penerimaan, dan efektivitas penggunaan media video dalam konteks pembelajaran IPA. Angket respon terdiri atas 10 indikator yaitu kualitas audio, kejelasan caption, pengambilan dan fokus, sudut gambar, keterkaitan materi, hubungan narasi dan musik latar, penjelasan materi, kualitas property, keefektifan, dan kejelasan konsep. Hasil respon mahasiswa terhadap penggunaan media video ditemukan rata-rata pada persentase untuk responden yang menilai sangat baik sebanyak 50%, persentase untuk responden yang menilai baik sebanyak 35,42%, persentase untuk responden yang menilai cukup baik sebanyak 14,58%.

Kata Kunci: Respon Mahasiswa, Media Video, Zat Aditif.



Keywords


Respon Mahasiswa, Media Video, Zat Aditif

Full Text:

PDF

References


Arief, M., M. 2021. Media Pembelajaran IPA di SD/MI (Tujuan Penggunaan, Fungsi, Prinsip Pemilihan, Penggunaan, dan Jenis Media Pembelajaran). Jurnal Tarbiyah Darussalam, Vol. 5, No. 8, hal. 13.

Bambang, Warsita. 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Khotimah, H., dkk. 2015. Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan teknik mind mapping terhadap motivasi dan hasil belajar siswa SMP kelas VIII / Hosnul Khotimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

MR, M. I. F. (2017). Manajemen Pondok Pesantren Dalam Menjawab Tantangan Modernitas: Studi Multisitus di Pondok Pesantren Lirboyo dan Pondok Pesantren Al-Falah Kediri. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 17(1), Article 1. https://doi.org/10.21274/dinamika.2017.17.1.67-88

MR, M. I. F. (2019). Learning Patterns of Deaf Students in Islamic Religious Studies. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v6i1.3821

MR, M. I. F., Anam, A. M., Agustinova, D. A., Prasastiawati, D., Awalin, F. R. N., & Yaacob, N. H. (2024). Community-based Islamic education: Democratizing learning through local wisdom. Jurnal Ilmiah WUNY, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.21831/jwuny.v6i2.76362

MR, M. I. F., & Widiastuti, A. (2024). ‪Pendidikan Sociopreneur Komunitas Muslim: Integrasi Nilai Islam dan Kewirausahaan Sosial. UNY Press. https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=qs3egR0AAAAJ&sortby=pubdate&authuser=1&citation_for_view=qs3egR0AAAAJ:eQOLeE2rZwMC‬

MR, M. I. F., Widiastuti, A., & Widodo, S. F. A. (2024). ‪Sekolah Yang-Eyang Modeling For Grandchild Caregiving: A Lesson From East Java, Indonesia. https://iceri.uny.ac.id/sites/iceri.uny.ac.id/files/download-file/Prosiding%20ICERI%202024.pdf‬

Widiastuti, A., & MR, M. I. F. (2024). Meningkatkan Sikap Peserta Didik Melalui Social Action Project dan Project Based Learning. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 14(2), Article 2. https://doi.org/10.24246/j.js.2024.v14.i2.p107-118

Sadiman, Arief S. dkk. 2002. Media Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada. Simangunsong, T., Mukhtar. 2015. Penembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia

Pada Mata Pelajaran IPA di SMP. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan, Vol. 2, No. 1, hal. 123.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu : Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Widiastuti, A., MR, M. I. F., Widodo, S. F. A., Ahmed, T., & Shahzeb, S. (2024). Integration of Pancasila and Islamic values in Indonesia’s futuristic education transformation: Multicultural analysis. Journal of Social Studies (JSS), 20(2), Article 2. https://doi.org/10.21831/jss.v20i2.76379

Widodo, S. F. A., MR, M. I. F., Widiastuti, A., Ahmed, T., & Shahzeb, S. (2024). Implementasi dan dampak pendidikan holistik berbasis lingkungan pada siswa: Studi kasus di sekolah alam. Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 24(2), Article 2. https://doi.org/10.21831/hum.v24i2.76954




DOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v7i1.69787

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmiah WUNY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Supported by:

RJI Main logo 

Flag Counter

 View My Stats